Kembali

Girl's Life

Cara Mengatasi Nyeri Haid Wajib Charm Girls coba!

Cara Mengatasi Nyeri Haid Wajib Charm Girls coba!


Cewek kalau sudah haid bawaannya sensi karena saat itu lah merasakan nyeri dan pegal. Setuju nggak, Charm Girls? Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri haid?

Nyeri saat haid itu wajar banget kok karena kontraksi dinding rahim lebih kuat dari biasanya. Saat perut merasakan hal itu, tanda bahwa otot pada rahim sedang bekerja. Nyeri saat haid sebenarnya bisa diatasi supaya nggak terlalu ganggu aktivitas. Kebanyakan cara instan diambil dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, padahal secara tidak langsung itu dapat membuat kamu merasa ketergantungan lho, Charm Girls. Dan hal itu bukan jalan yang baik untuk mengatasi nyeri haid.

Daripada minum obat yang mengandung bahan kimia, lebih baik yang alami-alami aja tanpa efek samping. Nih cara mengatasi nyeri saat haid.

Baca juga: Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel

Kegiatan Sebagai Cara Mengatasi Nyeri Haid

1. Olahraga Teratur

Cara pertama adalah dengan berolahraga. Kegiatan ini salah satu cara efektif mengatasi nyeri saat haid karena gerakannya mampu memproduksi hormon beta-endorfin yang merupakan zat opioid internal. Zat ini berfungsi sebagai anti nyeri untuk tubuh.

Olahraga yang bisa dilakukan seperti yoga, bersepeda, jalan santai, dan berenang. Biar manfaatnya lebih terasa, olahraganya jangan hanya saat haid ya, Charm Girls. Lakukanlah secara rutin 1-3 kali seminggu, dijamin masa menstruasi bisa dilewati lebih lancar dan menyenangkan.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Wajib Charm Girls coba!
Olahraga sebagai cara mengatasi nyeri haid

2. Kompres Perut dengan Air Hangat

Atasi nyeri haid dengan mengompres perut dengan air hangat. Caranya, rendam handuk kecil dengan air hangat atau gunakan botol yang sudah diisi dengan air hangat. Tempelkan pada perut yang terasa nyeri agar otot bagian di sekitar abdomen terasa lebih relax.

3. Hindari Celana Ketat

Menghindari pemakaian celana ketat saat nyeri haid juga bisa kamu lakukan.. Sebab, pemakaian celana ketat dapat membuat perut semakin tertekan hingga memperparah nyeri saat haid.

Menggunakan celana yang ketat memang tidak baik untuk kesehatan, untuk itu kurangi menggunakan celana yang ketat mulai dari sekarang ya.

Makanan dan Minuman yang Harus Dikonsumsi

1. Teh Hijau

Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau bisa membuang segala bentuk racun yang ada dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga terbukti menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid sehingga perut jadi lebih tenang. Cukup minum dua sampai tiga cangkir teh hijau selama haid, nyeri dan pegal auto good bye!

Cara Mengatasi Nyeri Haid Wajib Charm Girls coba!
Konsumsi teh hijau sebagai cara mengatasi nyeri haid

2. Cokelat

Siapa Charm Girls yang tidak suka makanan manis satu ini? Cokelat hitam bisa jadi pilihan cara rmengatasi nyeri haid, lho. Kandungan serotonin di dalamnya bermanfaat dalam mengelola suasana hati, termasuk mencegah depresi. 

Dengan kondisi itu, nyeri saat haid tidak terlalu terasa karena suasana hati terjaga dengan baik selama tamu bulanan datang.

3. Salmon

Jika nyeri saat haid, coba deh makan salmon. Kandungan asam lemak Omega 3 di dalamnya, bisa berkontribusi untuk mengendurkan otot-otot dalam tubuh sehingga praktis untuk mengurangi nyeri. Jika bukan pecinta ikan, makanan lain dengan kandungan yang sama adalah biji rami dan kedelai. Kuncinya adalah kandungan asam lemak dan omega 3 sebagai cara mengatasi nyeri haid.

4. Jeruk

Jeruk juga buah yang dapat atasi nyeri saat haid, lho. Kandungan vitamin D di dalamnya dapat mengatasi nyeri dan pegal yang bikin tidak nyaman saat haid.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Wajib Charm Girls coba!
Kandungan jeruk untuk mengatasi nyeri haid

5. Jus Nanas

Saat sedang merasakan nyeri saat haid, kamu bisa mengkonsumsi jus nanas untuk meredakannya. Buah nanas mampu atasi nyeri saat haid karena terdapat kandungan bromelain yaitu enzim yang dapat meredakan peradangan, termasuk ketegangan otot.

By the way, tetap hati-hati ya, jangan konsumsi nanas secara berlebihan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi, mana cara mengatasi nyeri dan pegal saat haid yang kamu suka, Charm Girls? 

Last but not least, hal yang paling terpenting adalah pembalut ya, Charm Girls. Charm hadir dengan berbagai line yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tetap semangat meski tamu bulanan datang ya!

tentang menstruasi
menstruasi
nyeri haid
cara mengatasi nyeri haid
Komentar (4)
A

Gr
Grace
thanks kak solusinya, aku mau coba tipsnya
6 days ago
Balas
SA
Silva Apriliana Manurung
makasih kak sarannya, ngebantu banget
5 days ago
Balas
Af
Aqilla fadia haya
makasih tipsnya kak, sangat mengedukasi kaum wanita muda
5 days ago
Balas