Kembali

Girl's Life

Pentingnya kenali manfaat kesehatan mental

Pentingnya kenali manfaat kesehatan mental


Jelaskan penting nya kesehatan mental

Charm Girls pasti tidak jarang mendengar kalimat  “mental health” alias “kesehatan mental”. Ya, kalimat itu jadi semakin penting disuarakan untuk kebaikan bersama. Mental yang sehat punya banyak manfaat pada manusia, baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Mengapa kesehatan mental penting untuk kesehatan? Kesehatan mental dan fisik adalah komponen yang sama pentingnya dari kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, depresi meningkatkan risiko berbagai jenis masalah kesehatan fisik, terutama kondisi jangka panjang seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Nah begitu pula dengan adanya kondisi kronis dapat meningkatkan risiko penyakit mental.

Penting untuk dipahami Charm Girls, jika kesehatan mental seseorang dapat berubah seiring waktu, tergantung pada banyak faktor. Ketika tuntutan yang ditempatkan pada seseorang melebihi sumber daya dan kemampuan mengatasi, kesehatan mental mereka dapat terpengaruh loh. Misalnya, jika seseorang bekerja berjam-jam, kewalahan dalam pekerjaan atau kegiatan, atau mengalami kesulitan ekonomi, dan berbagai macam indikasi lainnya. 

Kemudian faktor biologis, seperti gen atau kimia otak, kemudian pengalaman hidup, seperti trauma atau pelecehan dan riwayat keluarga dengan masalah kesehatan mental juga pengaruhi kesehatan mental seseorang.

World Health Organization (WHO) menganggap gangguan depresi dan kecemasan sebagai gangguan mental umum.  Kemudian sekitar satu dari tujuh remaja dunia mengalami gangguan jiwa. Gejala cemas berlebihan perlu diperhatikan sebagai kondisi gangguan mental. Kenali perasaan cemas yang Charm Girls alami ya.

Charm Girls juga perlu pahami bahwa kesehatan mental itu mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial loh. Alhasil cara kita berpikir, merasa, dan bertindak juga terpengaruh. 

Nantinya bakal membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan dalam hidup. 

Sebutkan dan jelaskan manfaat kesehatan mental

Perawatan diri dapat membantu mengelola stres, menurunkan risiko penyakit, dan meningkatkan energi kalian loh Charm Girls. Bahkan tindakan kecil dari dapat memiliki dampak yang besar.

Mungkin perlu mencoba cari tahu hal apa yang paling cocok untuk menjaga mental kalian, hindari pemantiknya dan coba meminimalisir hal-hal yang membuat kesehatan mental terganggu. 

Kesehatan mental yang baik memungkinkan orang untuk menyadari potensi penuh mereka, mengatasi tekanan hidup, bekerja secara produktif dan bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas mereka, hal ini jadi tujuan kesehatan mental.

Jelaskan tips untuk menjaga kesehatan mental

Charm Girls, dalam menjaga kesehatan mental  kamu bisa melakukan beberapa hal loh, berikut rangkumannya,

-Olahraga teratur. 

Hanya  dengan 30 menit berjalan kaki setiap hari dapat membantu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan loh Charm Girls. Cari Olahraga yang dapat bangkitkan mood dan tidak membebani kamu, lakukan bersama-sama jika ingin semakin bersemangat atau lakukan sendiri jika memang lebih ingin tenang, pilih olahraga yang sesuai kemampuan dan kenyamanan kamu ya.

-Makan sehat, makanan teratur dan tetap terhidrasi. Apa yang masuk ke dalam mulut dan dicerna bisa membantu kesehatan mental terjaga. Diet seimbang dan banyak air dapat meningkatkan energi dan fokus kamu sepanjang hari. Yuk coba batasi minuman berkafein seperti minuman ringan atau kopi.

-Tidur sebagai prioritas. 

Kurangi begadang yuk Charm Girls. Mulai patuhi jadwal, dan pastikan tidur cukup. Cahaya dari perangkat dan layar dapat mempersulit kamu untuk tertidur, jadi kurangi paparan cahaya dari ponsel atau komputer sebelum tidur.

-Cobalah aktivitas yang menenangkan. 

Coba cari kegiatan yang menyenangkan dan baik untuk kesehatan mental kamu. Jelajahi program atau aplikasi relaksasi atau kesehatan, yang dapat menggabungkan meditasi, relaksasi otot, atau latihan pernapasan. Jadwalkan waktu rutin untuk ini dan aktivitas sehat lainnya yang sukai seperti menulis jurnal, merawat diri seperti creambath, senam, lari pagi dan lainnya.

-Latih rasa syukur. 

Ingatkan diri kamu setiap hari tentang hal-hal yang harus syukuri. Jadilah spesifik. Tuliskan di malam hari, atau putar ulang dalam pikiran. Selalu ingat bahwa diri kamu berharga ya Charm Girls

-Fokus pada hal positif. 

Identifikasi dan tantang pikiran negatif dan tidak membantu.

-Tetap terhubung.

Jangkau teman atau anggota keluarga yang dapat memberikan dukungan emosional dan bantuan praktis. Pilih orang-orang yang dipercaya dan pahami siapa saja orang yang perlu ada di samping kamu, jauhi hal-hal dan orang-orang yang bisa membuat kesehatan mental menjadi semakin buruk dengan cara menghindar yang baik.

Kesehatan mental juga bisa dijaga dengan mendapat bantuan profesional jika membutuhkannya, terhubung dengan orang lain hingga membantu orang lain.

Ciri kesehatan mental terganggu bisa dilihat dari beberapa kondisi atau tanda peringatan dini:

  • Makan atau tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Menarik diri dari orang-orang dan aktivitas biasa
  • Memiliki energi rendah atau tidak ada energi sama sekali
  • Merasa mati rasa atau seperti tidak ada artinya
  • Memiliki rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan
  • Merasa tidak berdaya atau putus asa
  • Merokok, minum, atau menggunakan narkoba lebih dari biasanya
  • Merasa luar biasa bingung, pelupa, gelisah, marah, kesal, khawatir, atau takut
  • Berteriak atau berkelahi dengan keluarga dan teman
  • Mengalami perubahan suasana hati yang parah yang menyebabkan masalah dalam hubungan
  • Memiliki pikiran dan ingatan yang gigih yang tidak bisa hilangkan dari kepala 
  • Mendengar suara atau mempercayai hal-hal yang tidak benar
  • Berpikir untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain
  • Ketidakmampuan untuk melakukan tugas sehari-hari seperti bekerja, sekolah atau mengerjakan pekerjaan.

Charm Girls, itu dia informasi seputar pentingnya manfaat kesehatan mental. Kesehatan mental sangat berpengaruh dalam pertumbuhan maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan mental.

Baca Juga Disini:

Begini yang Dilakukan Wanita Saat Di Rumah Sendiri

Ikuti Cara Ini Untuk Menambha Tinggi Badan Alami

No Drama Tips Diet Aman Untuk Para Pemula

tujuan kesehatan mental
mental yang sehat
sehat secara mental
Komentar (207)
A

YP
Yunita Putri Hanif
Lingkungan dan teman memang komposisi
2 years ago
Balas
YP
Yunita Putri Hanif
Membentuk mental yg bagus
2 years ago
YP
Yunita Putri Hanif
Dgn posistif dan percaya dirii
2 years ago
YP
Yunita Putri Hanif
Saya suka min , update terus yak artikelnya
2 years ago
An
Anonymous
Betul
2 years ago
Avatar Profile Image
dera ludin
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
2 years ago
Avatar Profile Image
barlan
pembahasan bagus ya
2 years ago
Avatar Profile Image
mama axis
mantap
2 years ago
An
Anonymous
Benar
a year ago
An
Anonymous
Saya suka update artikelnya bermanfaat min
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
dera ludin
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
2 years ago
Avatar Profile Image
barlan
pembahasan bagus ya
2 years ago
Avatar Profile Image
mama axis
mantap
2 years ago
An
Anonymous
Good info
2 years ago
Balas
Avatar Profile Image
dera ludin
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
2 years ago
Avatar Profile Image
barlan
pembahasan bagus ya
2 years ago
Avatar Profile Image
mama axis
mantap
2 years ago
floating-icon