Kembali

Girl's Life

Pantangan Makanan untuk Penderita PCOS? Memang Ada??

Pantangan Makanan untuk Penderita PCOS? Memang Ada??


Siklus menstruasi yang normal biasanya akan terjadi setidaknya satu kali dalam sebulan. Tapi, ada saja wanita yang siklus haidnya gak lancar yang menstruasinya terhenti selama beberapa bulan. Apakah Charm Girls salah satunya?

Kalau mengalami hal seperti ini, bisa jadi kamu menderita yang namanya Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). PCOS adalah kondisi saat ovarium memproduksi hormon androgen secara berlebihan. Hormon androgen adalah hormon seks laki-laki yang seharusnya cuma ada sedikit dalam tubuh perempuan.

Keberadaan hormon androgen yang tinggi ini mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong berisi cairan yang kita kenal sebagai kista. Nah, kista inilah yang mengganggu siklus menstruasi karena menghambat peluruhan sel dinding rahim.

Buat Charm Girls yang sudah mengalami berbagai gejala PCOS, ada baiknya menyimak pantangan makanan untuk penderita PCOS berikut ini. Soalnya, menjaga asupan makan sangat bisa meredakan gangguan siklus menstruasi yang dialami penderita PCOS.

Pantangan makanan untuk penderita PCOS

Menjalani diet yang tepat dan meningkatkan aktivitas fisik bisa jadi salah satu cara untuk mencegah PCOS semakin memburuk. Coba deh, hindari makanan yang dilarang untuk PCOS berikut ini.

1.Kadar gula tinggi

Salah satu penyebab PCOS adalah produksi hormon insulin yang berlebihan. Hormon ini berfungsi menurunkan gula darah. Kadar insulin yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan ovarium memproduksi lebih banyak hormon androgen, seperti testosteron.

Makanya, lebih baik kurangi deh, makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi.

2.Karbohidrat tinggi

Makanan dengan karbohidrat tinggi justru bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Alhasil, pankreas harus melepaskan hormon insulin dengan cepat untuk mencegah lonjakan gula darah. Padahal seperti yang kita tahu, kadar insulin tinggi bisa memperparah PCOS, lho. 

Coba hindari makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, roti, pisang, oat, ubi jalar, dan lainnya.

3.Kadar lemak jenuh tinggi

Pantangan makanan untuk penderita PCOS selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Konsumsi lemak jenuh berlebih sangat bisa menggangu sel telur kita.

Selain itu, konsumsi lemak trans juga bisa menyebabkan resistensi insulin yang lebih tinggi dan dapat mengganggu fungsi ovulasi. Contoh makanannya adalah daging merah, susu dan produk susu berlemak tinggi, serta makanan cepat saji.

4.Makanan cepat saji

Yang namanya makanan cepat saji atau junk food ya sebaiknya dihindari. Charm Girls yang menderita PCOS malah wajib banget, nih. Soalnya, junk food yang mengandung lemak jenuh tinggi bisa menganggu kesuburan kita.

Jika dikonsumsi secara berlebihan juga berpotensi menyebabkan obesitas dan penyakit diabetes. Di mana keduanya adalah beberapa penyebab hormon androgen lebih tinggi dalam tubuh, yang adalah penyebab PCOS.

5.Rokok

Rokok emang gak baik buat kesehatan, apalagi buat penderita PCOS, nih. Efek merusaknya lebih besar!

Soalnya, kandungan nikotin dalam rokok bisa menurunkan kadar estrogen dan menghambat aktivitas konversi hormon androgen menjadi estrogen oleh enzim aromatase. Dengan hormon androgen yang udah tinggi jadi makin tinggi, PCOS justru bisa makin parah, lho. 

Makanan untuk penderita PCOS

Memang yang namanya mengurangi dampak PCOS pada tubuh tuh gak boleh setengah-setengah. Selain menghindari makanan yang dilarang untuk PCOS, Charm Girls juga sebaiknya mulai mengubah pola makan dengan banyak mengonsumsi makanan yang sehat.

Sebaiknya, ubah pola makan dengan menjalani diet yang tepat. Semuanya tetap harus diiringi aktivitas fisik yang rutin ya, agar bisa mengatasi dan mencegah PCOS semakin memburuk.

Seperti diketahui, obesitas juga jadi salah satu penyebab gejala PCOS. Makanya, kamu bisa coba untuk menurunkan berat badan hingga ke tahap yang ideal. Jangan lupa untuk mempertahankannya, ya.

Caranya bisa dengan mengatur pola makan menjadi makan besar sebanyak 3 kali dalam sehari. Charm Girls bisa menyelinginya dengan 2-3 makan dengan porsi kecil. 

Untuk jenis makanannya bisa disesuaikan dengan makanan yang dilarang untuk PCOS di atas. Berikut beberapa makanan untuk penderita PCOS yang bisa kamu perbanyak:

  • Makanan alami yang tidak diproses
  • Makanan dengan kandungan serat tinggi
  • Makanan berprotein tinggi, seperti ikan salmon, tahu, dan dada ayam
  • Sayuran hijau misalnya, bayam, kangkung, kale
  • Kacang-kacangan
  • Lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat
  • Cokelat
  • Rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit

Lakukan pola makan di atas secara teratur untuk hasil yang maksimal. Kalau siklus menstruasi kamu udah lancar, jangan lupa untuk selalu sedia pembalut Charm Extra Dry Slim, pembalut yang tipis tapi mampu menyerap cairan kental seketika. Gak perlu khawatir lembab, tetap kering dan nyaman untuk menjalani hari-harimu.

Inovasi baru extra dry sheet beneran bikin aktivitas padat selama menstruasi jadi tetap nyaman. Gumpalan kental yang sering terasa saat haid gak bakalan ada lagi, karena langsung terserap seketika! Bye-bye lembab!

Namun, jika memang gejala PCOS kamu belum mereda sebaiknya bilang ke orang tua dan langsung konsultasi ke dokter. Biar jelas nih, apa masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya. Gak perlu takut, justru wajib dilakukan agar jika ada kondisi lain yang ternyata lebih parah, penanganannya tidak akan terlambat.

Baca Juga Disini : 

Ytta Tips Gerakan yoga Untuk Melancarkan Haid

Malas Stretching Lihat Dulu Contoh Gerakannya Gampang

Keputihan Tapi Tidak Kunjung Haid Kenali Sebelum Datangnya Masalah

 

makanan yang dilarang untuk pcos
makanan untuk penderita pcos
penderita pcos
Komentar (42)
A

An
Anonymous
Y
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
mantap
2 months ago
An
Anonymous
Y
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
mantap
2 months ago
yl
yuvi linggaryanto
ok
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
terimakasih artikel nya bermanfaat
3 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
mantap
2 months ago
floating-icon