Kembali

Girl's Life

Bahaya Gak Ya Akibat Keputihan Berlebihan? Perlu Ke Dokter?

 Bahaya Gak Ya Akibat Keputihan Berlebihan? Perlu Ke Dokter?


Charm Girls, coba deh pikirkan, hal apalagi yang membuat risih selain menstruasi di hari pertama dan saat deras-derasnya, mungkin saja keputihan ya. Cairan lengket yang ada di pakaian dalam itu yang disebut sebagai keputihan. Keputihan atau dalam istilah medis dikenal sebagai fluor albus, leucorrhea, white discharge adalah istilah keluarnya cairan dari vagina selain darah menstruasi.

Keputihan adalah kondisi dimana organ dalam perempuan keluarkan cairan berwarna putih untuk membantu membersihkan dan mengeluarkan kotoran yang ada di dalam. Untuk seorang yang berada dalam masa menstruasi tentu sangat mengetahui hal ini, karena sebelum masa menstruasi biasanya perempuan bakal merasakan sebuah gejala seperti halnya keputihan.

Walau disebutkan sebagai hal yang wajar, namun, untuk keputihan yang tekstur yang lebih encer dari biasanya, warna akan berbeda, dan jumlah yang dikeluarkan juga tidak sedikit disebut sebagai keputihan yang tidak normal loh Charm Girls.

Penyebab keputihan berlebih Charm Girls perlu memahami, bahwa penyebab keputihan tergantung dari jenis keputihan yang terjadi. Keputihan dapat dibedakan menjadi fisiologis (normal) dan patologis (abnormal).

Penyebab keputihan fisiologis (normal) terjadi karena faktor hormonal. Keputihan normal dapat terjadi pada masa subur, masa menjelang dan sesudah menstruasi, juga terjadi melalui rangsangan seksual.

Keputihan yang terjadi umumnya encer dan tak lengket, berwarna bening, tidak gatal dan juga berbau ya Charm Girls.

Sedangkan keputihan patologis (abnormal) mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Salah satu penyebab keputihan abnormal paling sering infeksi pada organ reproduksi perempuan yang disertai gejala keputihan yaitu infeksi bakteri (vaginitis), infeksi jamur (candidiasis) dan infeksi parasit (trikomoniasis). 

Nah hal inilah yang jadi akibat keputihan berlebihan, hal yang perlu diperhatikan adalah keputihan abnormal adalah peningkatan volume atau jumlah lendir atau berlebihan, perubahan warna misalnya warna putih seperti susu atau warna kuning atau hijau dan perubahan kekentalan lendir, disertai rasa gatal dan berbau, sedangkan pada beberapa kasus juga disertai nyeri perut.

Keputihan tidak normal disebabkan oleh kondisi organ intim kewanitaan yang terkena infeksi oleh tubuh, cairan yang dikeluarkan bakal terasa lebih encer dan dalam jumlah banyak. Keputihan abnormal jarang terjadi pada remaja putri  pra pubertas loh Charm Girls.

Keputihan yang berlebihan juga disebabkan karena:

  • Stres
  • Hormon yang tak seimbang karena sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Alergi pada pembersih kewanitaan, pembalut, sabun, tisu toilet, bahkan detergen pakaian
  • Efek samping obat antibiotik atau kontrasepsi seperti IUD dan pil KB
  • Infeksi jamur dan bakteri pada vagina
  • Bahkan bisa karena Infeksi menular seksual

Meskipun kamu mungkin khawatir pakaian dalammu menjadi kotor dan bau, keputihan merupakan sesuatu yang normal, namun harus jadi catatan saat keputihan yang terjadi  jika keputihan berlebihan ini disertai dengan perubahan warna dan konsistensi, bau, gatal atau rasa terbakar, dan nyeri. 

Akibat keputihan berlebihan 

Charm Girls juga perlu paham bahwa akibat keputihan berlebihan salah satunya adalah Kanker payudara dan kanker leher rahim. Keputihan yang tidak normal biasanya terjadi karena organ kewanitaan tidak dirawat sedemikian rupa sehingga bisa jadi akan banyak banyak virus yang dapat memicu terjadinya kanker leher pada rahim dan juga kanker payudara.

Kemudian, vaginitis merupakan infeksi atau inflamasi yang terjadi pada vagina akibat dari keputihan yang berlebih loh Charm Girls. Keputihan berlebih juga bisa menandai adanya gangguan reproduksi seperti infeksi jamur atau bakteri, seperti penyakit vaginosis bakterialis, gonore, dan chlamydia, infeksi parasit, seperti penyakit trikomoniasis, radang panggul, kencing nanah (gonore). 

Nah Charm Gils setelah mengetahui terkait kondisi, penyebab dan efek dari keputihan yuk mulai jaga kebersihan area kewanitaan agar terhindar dari risiko infeksi dan masalah lainnya. Charm Girls, dapat segera konsultasikan ke dokter jika merasa mulai ada keluhan keputihan yang abnormal dan berlebih. Jenis pengobatan keputihan sangat bergantung dari penyebab keputihan yang terjadi. Jangan malu untuk jelaskan kondisi detail gejala keputihan yang dialami pada dokter, tujuannya adalah untuk bisa mendiagnosis secara akurat dan memastikan apakah ada infeksi dan penyakit pada organ genitalia.

Charm Girls juga bisa hindari keputihan dengan hindari stres, jaga kesehatan di area kewanitaan dengan membersihkan vagina secara teratur dan tepat, yakni bersihkan dari arah depan ke belakang guna cegah bakteri masuk ke vagina, selain itu gunakan pakaian dalam yang lembut seperti berbahan katun. Juga ganti pembalut kalian secara rutin juga ya Charm Girls.

Kamu juga bisa gunakan deterjen tanpa pewangi untuk cuci pakaian dalam dan membilasnya hingga benar-benar dan dipastikan bersih.

Nah Charm Girls, terus peka pada kondisi tubuh ya, karena kepedulian awal menentukan kesehatan kedepannya. 

Baca Juga Disini : 

Inilah 7 Macam Macam Keputihan yang Charm Girls Harus Ingat

Keputiham Tapi Tidak Kunjung Haid Kenali Sebelum Datangnya Masalah

Benarkah Daun Sirih Berguna untuk Redam Keputihan

akibat keputihan berlebihan
Komentar (42)
A

Avatar Profile Image
husna alma
sangat bermanfaat sekali artikel nya bagus
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Okk..
2 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Mutia Oktaviani
Ta
2 months ago
Balas
floating-icon