Kembali

Girl's Life

Perubahan Apa yang Terjadi Pada Masa Pubertas, Ya?

Perubahan Apa yang Terjadi Pada Masa Pubertas, Ya?


Masa pubertas mungkin jadi salah satu masa-masa yang paling kamu nantikan sekaligus kamu takuti, Charm Girls.

Di satu sisi, itu artinya kamu sudah satu langkah lebih dewasa. Namun, di sisi lain ada banyak perubahan besar yang menanti.

Gak masalah untuk merasa takut, karena pubertas memang adalah hal yang besar. Kamu tidak hanya akan merasakan perubahan secara fisik tapi juga emosional, lho.

Penasaran Apa itu Pubertas dan perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Saja Ciri-ciri Perubahan saat Pubertas?

Pubertas bagi anak perempuan biasanya terjadi di rentang usia 10-14 tahun. Namun gak jarang, ada anak-anak yang mengalami pubertas dini dan mengalaminya jauh lebih cepat dari yang lain, kadang kala sejak berusia 8-13 tahun. Biasanya, masa pubertas berakhir pada usia 15-17 tahun.

Pubertas adalah salah satu tahap perkembangan bagi seorang anak untuk menjadi dewasa secara seksual. Fase ini harus dilalui oleh setiap naka agar menjadi dewasa. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang terjadi di masa pubertas? Banyak!

1. Tumbuhnya payudara

Salah satu perubahan pada masa pubertas yang paling terlihat adalah tumbuhnya bagian payudara. Biasanya diawali dari area sekitar puting yang membentuk seperti gunung kecil.

Bentuk payudara yang berubah pun mungkin bisa saja berbeda antara yang kanan dan kiri. Tergantung sisi mana yang lebih dulu tumbuh. Jadi, gak usah panik kalau payudara terlihat besar sebelah, ya.

Oh ya, di tahap ini payudara juga mungkin akan terasa sakit atau nyeri terutama ketika dipegang. Tenang aja, rasa sakit itu akan hilang lama kelamaan, kok.

2. Tumbuhnya rambut di kemaluan dan ketiak

Selain payudara yang mulai bertumbuh, tubuh kita juga bakal mulai dipenuhi bulu nih. Kamu mungkin akan menyadari adanya rambut yang tumbuh di sekitar kemaluan dan juga ketiak. Gak perlu malu ketika hal ini terjadi, karena ini sangat normal.

3. Menstruasi

Puncak perubahan fisik perempuan pada masa pubertas adalah menstruasi, di mana ada darah yang keluar dari vagina kita. Biasanya, hal ini akan terjadi ketika Charm Girls menginjak usia 12-13 tahun atau sekitar 2-2,5 tahun setelah payudara tumbuh pertama kali.

Namun, ada juga cewek yang sudah mengalami menstruasi sejak usia 9 tahun, atau bahkan terlambat dan baru menstruasi ketika 16 tahun. Tenang, itu semua normal, kok.

4. Jerawat

Ini adalah salah satu perubahan pada masa pubertas yang paling gak disukai, deh. Biasanya, kita akan mulai jerawatan di bagian wajah karena kelenjar minyak pada kulit lebih aktif menghasilkan sebum. 

5. Emosi

Selain perubahan fisik, ada juga perubahan psikis. Charm Girls mungkin akan merasakan beberapa perubahan emosional dan psikologis seperti perubahan suasana hati alias jadi super sensitif. 

Kamu juga mungkin akan mengalami kesulitan mengontrol emosi, merasa rendah diri, agresif, dan depresi yang tidak bisa selalu kita jelaskan dengan mudah.

Selain itu, kita mungkin akan terdorong memikirkan hal-hal seksual. Gak perlu malu, itu wajar banget buat remaja yang lagi pubertas. Jangan juga merasa canggung dan bingung, kamu bisa selalu bertanya dan minta bantuan pada orang tua, ya.

Memangnya, apa yang mempengaruhi perubahan tubuh saat pubertas? Hal itu dipicu adanya perubahan sinyal di dalam kelenjar hypothalamus di dalam otak.

Hal itu menyebabkan meningkatnya produksi hormon pertumbuhan, hormon reproduksi, dan hormon androgen yang memengaruhi pesatnya perubahan yang kita alami.

Apa yang harus dilakukan saat mengalami masa pubertas?

Sudah tahu apa yang berubah pada masa pubertas? Sekarang pertanyaannya, apa yang bisa kita lakukan nih, untuk bisa “selamat” melewati fase yang sangat melelahkan ini?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih, Charm Girls. Pertama, kamu bisa coba bicara sama orang dewasa. Memang sih, kalau lagi masa-masa kayak gini kita kayak ogah banget ngobrol sama mereka. Tapi percaya deh, mereka bisa banget bantu kita!

Gak harus ayah atau ibu, kok. Bisa juga ke orang yang kamu percaya seperti ke bibi, kakak, atau bahkan gurumu. Ceritakan apa yang mengganggu, dan minta pertolongan mereka untuk menghadapi apa yang terjadi di masa pubertas ini.

Selain itu, kamu juga bisa berusaha terus berpikir positif terkait perubahan tubuhmu. Kamu mungkin merasa kewalahan dengan segala perubahan itu, dan melihat diri sendiri dengan buruk.

Tapi percaya deh, itu semua normal dan dialami oleh semua remaja cewek. Perubahan yang kamu alami pun gak bikin kamu jelek, bahkan bikin kamu 100% lebih cantik! 

Kalau untuk perubahan fisik lainnya seperti jerawat yang muncul begitu banyak atau bau badan yang mengganggu, kamu bisa mengatasinya dengan menjaga kebersihan diri. Rutin cuci muka dan mandi, serta menjaga pola makan.

Baru tahu tentang perubahan apa yang terjadi pada masa pubertas, tapi Charm Girls sudah harus menghadapi sulitnya menstruasi pertama, nih. Tenang aja, ada satu pembalut yang bisa banget kamu coba, nih. Adalah Charm Slim Protect+, pembalut yang bisa kasih perlindungan maksimal tanpa bikin kamu merasa gak nyaman.

Charm Girls mungkin belum terbiasa menggunakan pembalut, sehingga kalau terlalu tebal bakal terasa ada yang mengganjal. Nah, dengan Charm Slim Protect+ yang hanya punya ketebalan 0,1 cm aja, kamu gak bakal merasa sedang pakai pembalut saking tipisnya. 

Permukaannya juga lembut, lho, kita bisa bergerak dan beraktivitas sebebas yang kita inginkan. Gak bakal ganjal juga, karena bantalannya fleksibel bakal pas di tubuh dan selalu kembali ke bentuk semua.

Tapi tenang aja, tipis bukan berarti gampang bocor. Dengan pori serap extra dan double block line, yang serap kering cairan seketika dan tidak menyebar. Gak perlu khawatir bocor walaupun haid sedang banyak-banyaknya.

Charm Slim Protect+ ini terdiri dari dua varian, yakni Wing 23 cm dan Wing 26 cm yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Gak perlu takut gak nyaman saat menstruasi di sekolah, deh.

Baca Juga Disini:

Pubertas Bikin Jerawatan

Pubertas Proses Menuju Kedewasaan

Mendukung Pasangan Saat Masa Pubertas Anak

apa yang terjadi di masa pubertas
perubahan pada masa pubertas
apa yang berubah pada masa pubertas
apa itu pubertas
Komentar (127)
A

An
Anonymous
thx
4 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice info
4 months ago
Balas
An
Anonymous
bermanfaat bgt yaa
4 months ago
An
Anonymous
Setuju
4 months ago
Ps
Pipin sulpiana
Thanks
4 months ago
Balas
An
Anonymous
sama2
4 months ago
floating-icon