Kembali

Girl's Life

Manfaat Daun Sage untuk Remaja Perempuan yang Lagi Haid

Manfaat Daun Sage untuk Remaja Perempuan yang Lagi Haid


Makan 4 sehat 5 sempurna saat penting apalagi pada saat haid. Makan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin di dalamnya. Salah satu manfaat makan menu lengkap baik untuk menjaga stamina. Selain itu, saat mengalami gejala haid, orang-orang zaman dulu biasanya memakai bahan-bahan alami untuk meringankannya. Selain daun sirih, jahe, dan kunyit yang udah kita kenal, satu lagi tanaman yang kabarnya punya manfaat sejenis adalah daun sage.

Sage merupakan tanaman asli dari wilayah pantai utara Mediterania. Warnanya hijau keabuan dan cukup tebal. Kamu mungkin tanpa sadar pernah menemukan rempah ini di dapur atau supermarket.

Yuk, kita kenalan lebih jauh dengan daun sage dan manfaatnya!

Apa itu daun sage?

Daun sage adalah salah satu rempah yang dipakai dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Tanaman ini masih satu famili dengan oregano, rosemary, daun timi, dan daun selasih (basil) yang mungkin pernah kamu gunakan untuk memasak pasta atau piza.

Selain mempunyai aroma yang khas, sage dipercaya bisa mengobati berbagai masalah kesehatan fisik sampai mental. Pasalnya, tanaman bernama ilmiah Salvia officinalis ini mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat, terutama antioksidan.

Antioksidan yang banyak ditemukan dalam daun sage adalah asam klorogenat, asam kafeat, asam elagik, dan asam rosmarinat. Semuanya adalah antioksidan yang terbukti baik bagi kesehatan, termasuk berpotensi menurunkan risiko kanker, lho.

Sebuah penelitian di Portugal pada 2009 pun menunjukkan kalau minum teh sage dua kali sehari bisa meningkatkan daya tahan antioksidan dalam tubuh. Antioksidan punya fungsi penting dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat daun sage saat menstruasi

Selain punya aroma dan rasa yang lezat, daun sage ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan, Charm Girls! Salah satu manfaat daun sage yang paling dikenal yaitu untuk meredakan gangguan selama haid, terutama mengurangi nyeri dan kram.

Ketika menstruasi, otot rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisannya yang sempat menebal. Proses ini dibantu oleh zat mirip hormon yang disebut prostaglandin. Namun, prostaglandin ternyata juga memicu peradangan serta nyeri pada perut dan pinggul.

Nah, kandungan dalam daun sage dipercaya mampu meredakan peradangan di dalam tubuh. Dengan meredakan peradangan, keluhan seperti nyeri dan sakit saat menstruasi bisa berkurang sedikit demi sedikit.

Nggak cuma itu, beberapa orang juga percaya kalau penggunaan rempah yang satu ini bisa membantu melancarkan menstruasi pada orang-orang yang mengalami amenorea. Ini merupakan kondisi ketika seseorang nggak mengalami menstruasi.

Nggak ada salahnya untuk menggunakan daun sage, tapi perlu diingat kalau penelitian tentang manfaat daun sage untuk menstruasi memang masih terbatas. Jadi, hati-hati dalam menggunakannya ya, Charm Girls!

Bagaimana cara menggunakan daun sage?

Ada berbagai bentuk daun sage, mulai dari yang masih segar, bubuk, hingga suplemen. Berikut beberapa cara untuk memanfaatkan tanaman rempah ini.

1. Masukkan ke dalam masakan

Sage yang masih segar biasanya punya aroma kuat sehingga cocok ditambahkan ke dalam makanan berat. Rempah ini kadang juga dicacah, lalu dicampurkan ke dalam omelet atau ditaburkan ke dalam sup sebagai hiasan.

Kalau kamu suka bereksperimen dengan masakan, daun sage yang udah dicacah juga bisa dicampurkan ke dalam mentega. Campur rata, lalu simpan di dalam kulkas. Kamu bisa gunakan mentega ini saat memasak nanti.

2. Buat jadi teh

Ada juga sage yang dikeringkan, lalu diseduh menjadi teh sage. Caranya sama seperti membuat teh pada umumnya. Cukup masukkan satu sendok teh daun sage kering, lalu tuangkan air mendidih. Minum dua cangkir per hari untuk mendapatkan manfaatnya.

3. Jadikan minyak pijat

Selain itu, ada juga daun sage dalam bentuk minyak esensial, dan inilah yang biasanya dipakai untuk mengatasi nyeri saat haid. Namun, ingat, jangan langsung mengoleskan minyak esensial ke kulit karena ini bisa membuat kulit iritasi.

Campurkan 10–15 tetes minyak esensial sage dengan 60 ml minyak carrier, misalnya minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian, pijat perut bagian bawah dan pinggulmu dengan minyak ini. Pijat yang lembut hingga nyeri haid berkurang.

Nah, itu dia berbagai manfaat daun sage dan cara menggunakannya. Ingat, selalu ikuti aturan pakainya ya, Charm Girls! Kalau kamu merasakan efek yang mengganggu usai memakai tanaman herbal ini, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter.

Baca Juga Disini:

Aduh 5 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

Baru Selesai Haid Seminggu Kemudian Haid Lagi Normalkah

Yuk Mulai Di Hitung Hitung Kapan Sih Waktu Batas Telat Haid

 

apa itu daun sage
manfaat daun sage
daun sage adalah
daun sage
Komentar (19)
A

An
Anonymous
Makaksi informasinya
21 days ago
Balas
Pp
Puput permata sari
Ok
14 days ago
Balas
Ks
Kumala sari
Its ok
14 days ago
Balas
floating-icon