Kembali

Girl's Life

Bingung deh, Kapan Tanda Haid Sudah Selesai, ya?

Bingung deh, Kapan Tanda Haid Sudah Selesai, ya?


Salah satu yang paling nyebelin ketika menstruasi gak cuma haid itu sendiri atau bahkan nyeri perut yang sering kita rasakan. Tapi juga cara mengetahui haid sudah selesai atau belum.

Pasti deh, kamu pernah mengalami betapa nyebelinnya ketika kita sudah kembali shalat, tapi tiba-tiba darah haid masih keluar? Bikin capek banget, sih.

Seperti diketahui, rata-rata siklus haid bulanan pada perempuan berlangsung antara 3-7 hari. Namun gak jarang ada perempuan yang mengalami masa menstruasi lebih lama dari itu.

Sementara itu, banyak juga ulama yang berpendapat bahwa masa haid seorang wanita itu maksimal 15 hari. Setelah itu, jika masih ada darah yang keluar, maka tidak lagi dikategorikan sebagai darah haid.

Namun, tentunya kita butuh tahu juga apa saja tanda haid sudah selesai  agar bisa memastikan lagi bahwa masa menstruasi kita benar-benar sudah selesai. 

Cara mengetahui haid sudah selesai

Tenang aja, ada kok cara-cara yang bisa Charm Girls lakukan untuk mengetahui tanda tanda haid selesai, berikut beberapa di antaranya.

1. Berhenti mengeluarkan darah

Tentunya, salah satu ciri ciri haid akan selesai adalah jika rahim sudah berhenti mengeluarkan darah. Cob kamu cek, apakah masih ada cairan yang terlihat keluar dari vagina?

Jika memang sudah tidak ditemukan lagi bercak-bercak merah, cairan darah, atau cairan apa pun pada pembalut atau pantyliners, itu artinya Charm Girls sudah bebas dan bisa segera bersuci, yeay!

2. Kondisi miss v kering

Yap, jika kondisi miss v sudah terasa kering dan tidak lagi mengeluarkan cairan apa pun, itu adalah tanda tanda haid selesai. Agar lebih meyakinkan, kamu bisa coba menepuk-nepuk bagian mulut vagina dengan kapas secara lembut.

Jika memang masih terdapat darah yang keluar atau cairan berwarna keruh kekuningan, itu tandanya masa haid Charm Girls belum berakhir, ya.

3. Keluarnya cairan putih

Namun jika terlihat cairan putih setelah haid, atau bisa juga cairan bening yang keluar dari vagina, itu adalah salah satu ciri ciri haid akan selesai.

Ingat ya, perhatikan betul warna dari cairan yang keluar dari vagina. Jika cairan yang keluar berwarna keruh atau kekuningan, itu artinya masa haid belum berakhir, Charm Girls. Cairan seperti itu masih tergolong dalam masa haid.

Jadi, gak bingung lagi kan kalau keluar cairan kuning setelah haid apakah boleh shalat?

4. Masa haid lebih dari 15 hari

Terakhir, Charm Girls juga bisa menghitung masa haid dengan ukuran 15 hari berdasarkan para ulama. 

Seperti yang tadi disebutkan, masa haid seorang wanita menurut banyak ulama adalah 15 hari. Jadi, coba hitung sejak hari pertama kamu menstruasi, apakah sudah lewat waktu 15 hari atau belum?

Jika memang belum, dan masih ada darah hingga cairan berwarna keruh yang keluar dari vagina, itu artinya memang masa haid kamu belum selesai.

Namun, jika masa haid sudah lewat 15 hari tapi masih ada darah atau cairan yang keluar, itu artinya masa haid sebetulnya sudah selesai, Charm Girls.

Menurut para ulama, darah atau cairan tersebut sudah bukan lagi tergolong sebagai darah haid, tapi termasuk darah istihadhah atau darah penyakit. 

Perbedaannya cukup mencolok, kok. Darah istihadhah cirinya berwarna merah segar atau merah darah yang kontras. Sementara darah haid berwarna merah gelap.

Kekentalannya pun berbeda, darah istihadhah lebih encer daripada darah haid. Darah penyakit juga tidak berbau amis, karena darah tersebut mengalir di pembuluh darah, bukan berasal dari rahim.

Makanya, penting agar kamu memperhatikan ciri-ciri darah yang keluar dari arah vagina, ya. Jika kamu mengeluarkan darah istihadhah, itu berarti masa haid kamu sudah berakhir dan termasuk salah satu tanda haid sudah selesai. Charm Girls bisa kembali bersuci dan beribadah kembali dengan tenang.

 

tanda tanda haid selesai
Tanda tanda selesai haid
ciri ciri haid akan selesai
tanda haid sudah selesai
Komentar (11)
A

Avatar Profile Image
Siti Patimah
So nice
22 days ago
Balas
Pp
Puput permata sari
Nice
13 days ago
Balas
Ks
Kumala sari
Siip
13 days ago
Balas
floating-icon