Kembali

Girl's Life

Sebentar Bete, Sebentar Senang. Ini Penyebab Mood Swing

Sebentar Bete, Sebentar Senang. Ini Penyebab Mood Swing


Charm Girls, pernah tidak kamu merasa beberapa saat sangat senang sekali karena foto di instagram dapat satu komen lucu dari gebetan yang bikin girang minta ampun, tapi mendadak sedih karena khawatir apakah ada yang salah dari foto itu baik dari pakaiannya, makeup nya atau captionnya. Penyebab mood swing itu sebenarnya karena apa ya? Kok bisa seseorang mengalami mood swing dengan cepat.

Perubahan suasana hati atau mood swing ini adalah hal yang normal kok Charm Girls, namun, jika sesekali. Kalau suasana hati sering terjadi hingga mengganggu kehidupan sehari-hari maka ini bisa berkaitan dengan kesehatan mental loh Charm Girls.

Nah, mental health ini jadi suatu yang penting dalam berkehidupan loh Charm Girls. Menurut WHO, orang dengan mental yang sehat dapat menghadapi stres dengan baik, produktif dengan caranya sendiri, punya potensi, juga berkontribusi ke masyarakat. Bukan cuma orang yang telah dewasa, ternyata remaja pun bisa mengalami masalah kesehatan mental, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Penyebab mood swing apa saja ya?

Ada berbagai macam penyebab seseorang mengalami mood swing ternyata, hal ini juga memberi pengaruh pada kesehatan mental seseorang, di antaranya adalah:

1. Kondisi hormon

Remaja, wanita hamil, dan wanita menopause itu adalah kelompok yang memiliki kemungkinan besar mengalami mood swing terkait perubahan hormon.

2. Kimia otak tidak seimbang

Ketidakseimbangan zat kimia otak yang mengatur suasana hati bisa membuat mood swing, contoh zat kimia otak adalah serotonin dan dopamin.

3. Gangguan mental

Ada banyak banget masalah yang dapat menyerang kesehatan mental. Berikut adalah beberapa gangguan mental yang paling banyak dialami oleh remaja dan sering kali dikaitkan dengan keluhan mood swing, seperti depresi, gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang, skizofrenia, dan ADHD.

4. Narkoba

Kecanduan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang hingga minuman keras, serta efek samping obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan mood swing.

5. Ada penyakit tertentu

Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan mood swing adalah kerusakan paru-paru, ginjal, atau jantung, penyakit tiroid, dan kelainan pada otak.

6. Menopause

Pada perempuan, mood swing bisa disebabkan karena sudah dekat dengan masa menopause atau perimenopause. Perubahan suasana hati bisa dilihat dari kondisi lainnya seperti skizofrenia, gangguan hiperaktif defisit perhatian, demensia, dan kondisi tiroid.

Mengatasi mood swing

Charm Girls, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara loh, jadi jangan jadikan mood swing sesuatu yang biasa ketika sudah dirasa berlebihan ya. Ini dia caranya:

1. Kurangi ngopi, hindari alkohol dan gula 

Kafein, alkohol dan gula bisa jadi stimulan dan depresan yang dapat mengubah keadaan alami emosi seseorang loh dan berpengaruh pada suasana hati untuk berubah lebih buruk. Kafein dari kopi favorit kamu bisa membuat kamu tetap segar dan merasa tidak terlalu letih, tetapi juga dapat memperburuk kecemasan dan kegugupan. Sedangkan alkohol adalah depresan yang dapat memperburuk suasana hati dan membuat perilaku menjadi tidak rasional. 

2. Olahraga rutin yuk

Aktivitas fisik baik buat mental loh Charm Girls, bisa juha mengubah keadaan atau menghindari perubahan suasana hati. Saat olahraga tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang baik untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

3. Kelola stress

Bukan hanya itu stres dan kecemasan dapat membuat gejala beberapa kondisi, termasuk PMS Charm Girls yang dapat memperburuk suasana hati. Coba belajar mengelola stres untuk menghindari komplikasi, termasuk perubahan suasana hati. Meditasi, pernapasan dalam, dan yoga terbukti membantu mengelola stres.

4. Tidur dengan nyenyak

Kualitas tidur yang baik bisa menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk suasana hati yang membuat cepat marah. Sebaiknya tidur selama tujuh hingga delapan jam per malam, jika kurang bisa tambahkan tiga puluh menit dengan memutar setengah jam lebih awal dari biasanya. Saat berhasil coba tambahkan tiga puluh menit lagi.

Kapan ya Charm Girls harus ke dokter?

Nah, jika kamu khawatir bahwa mungkin mengalami gangguan mood, buatlah janji bertemu dengan dokter atau ahli kesehatan mental sesegera mungkin. Jika Charm Girls atau orang terdekat enggan untuk berobat, bicarakan dengan teman atau orang yang dicintai, pemimpin agama, atau orang lain yang dipercaya.

Bicaralah dengan profesional perawatan kesehatan jika:

  • Merasa seperti emosi Anda mengganggu pekerjaan, hubungan, aktivitas sosial, atau bagian lain dari hidup Anda
  • Memiliki masalah dengan minuman atau obat-obatan
  • Memiliki pikiran atau perilaku untuk bunuh diri, segera cari perawatan darurat

Yuk mulai perhatian dengan kesehatan mental, hal kecil seperti perubahan mood yang mendadak atau mood swing bisa mempengaruhi banyak hal mulai dari diri sendiri hingga hubungan dengan orang lain, yuk sama-sama cintai diri sendiri dengan mulai perhatian dengan hal-hal kecil.

Baca Juga Disini:

Mempersiapkan Mental dan Diri Sendiri

Pentingnya Kesehatan Mental Sehak Awal Untuk Remaja

Perubahan Emosi Menjelang Masa Menstruasi Fakta atau Mitos

Penyebab mood swing
apa arti mood swing
mood swing adalah
Komentar (574)
A

An
Anonymous
Bener bgd mood swing klok lgi haid 😭
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Desi Novitasari
Bener banget apa lagi pas mens kurang tidur dan ank rewel
a month ago
Balas
ps
puspita sari
oo
a month ago
Balas
floating-icon