Kembali

My Growing Up Body

Lho, Aku kok lebih tinggi daripada anak laki-laki?

Lho, Aku kok lebih tinggi daripada anak laki-laki?


Namanya juga badan, suka nggak kerasa aja tiba-tiba makin tinggi. Pas kamu lagi enak-enak bercermin, tahu-tahunya beberapa baju sudah terasa pendek dan sepatu juga jadi sempit. Nah, tahukah kamu kalo perkembangan fisik laki-laki dan perempuan itu berbeda?

Di masa pergantian dari masa kanak-kanak menuju dewasa, bakal banyak banget yang terjadi pada tubuhmu nih. Dari mulainya periode menstruasi, payudaramu yang berisi, tumbuhnya bulu-bulu dan banyak hal lainnya. Sebenarnya ada hal-hal lainnya yang membuat pubertas merubahmu perlahan namun dengan pasti. Apalagi kalo kamu membandingkannya dengan teman cowokmu!
 

Baca Juga : Faktor genetik alasan perkembangan anak mirip mama papa - Charm Girl's Talk

Kamu sadar nggak sih kenapa kamu bisa lebih tinggi atau lebih besar daripada mereka? Itu karena Anak perempuan pada umumnya memasuki Growth Spurt atau masa pertumbuhan yang signifikan saat masuk di usia 8 hingga 10 tahun dan lebih tumbuh duluan daripada anak laki-laki yang baru dimulai di usia 9 hingga 14 tahun, Charm Girls! Untuk tahu perubahan apa saja yang mungkin terjadi sama tubuh baik pada anak laki-laki dan perempuan, mending kita langsung aja lihat lebih dekat!


1. Ukuran kaki

Lho, Aku kok lebih tinggi daripada anak laki-laki?
Pertumbuhan Ukuran Kaki

Siapa sih nggak suka sama sepatu dan sandal? Fashion item yang satu ini emang nggak boleh sampai ketinggalan. Namun, pas lagi memasuki masa pubertas dan Growth Spurt; ukuran kaki yang cepat berkembang mungkin bakal bikin beberapa sepatumu kekecilan. Apalagi sepatu yang dipakai ke sekolah dan ke luar rumah.

Nah, walaupun pertumbuhan ukuran kakimu sudah dimulai sejak kamu berusia 1-3 tahun, saat pubertas bisa saja terjadi pertambahan hingga kamu mencapai ukuran kaki rata-rata seorang perempuan di angka 37 atau 38 yang berarti 23 cm atau 26 cm, Charm Girls. Tapi, ada kok beberapa perempuan yang ukuran kakinya lebih besar dari itu. Ukuran kaki juga dipengaruhi oleh berat dan tinggi tubuhmu.

Psst, kamu perlu tahu nih. Ukuran kaki itu tidak sama dengan ukuran sepatu. Karena, pada umumnya perbedaan brand, jenis dan bentuknya bisa mempengaruhi ukuran sepatu. So, lebih baik kamu perhatikan saja ukuran kakimu. Ini ada trik yang mempermudah kamu untuk mengukurnya.

1. Ambil selembar kertas polos dengan ukuran yang agak besar, kalian bisa menggunakan kertas A4 ataupun kertas gambar lainnya.
2. Tempatkan kakimu pada kertas tersebut, kemudian cetak bentuk jejak kakimu mengikuti bentuknya menggunakan pensil atau pulpen.
3. Setelah gambar jejak kakimu pada selembar kertas tersebut selesai, langkah selanjutnya adalah proses pengukuran.
4. Pakailah penggaris atau meteran dan tarik lurus mulai dari ujung jari jempol sampai tumitmu. Ukur panjang dan lebar kakimu secara pas untuk menentukan ukurannya.

2. Celana cepat pendek

Lho, Aku kok lebih tinggi daripada anak laki-laki?
Baju Kebesaran

Charm Girls, mungkin banyak orang yang mengira tulang terpanjang pada tubuh manusia adalah tulang belakang. Namun, sebenarnya, tulang belakang terdiri atas beberapa tulang alias bukan tulang tunggal. Karenanya, tulang terpanjang pada tubuh manusia adalah tulang paha atau femur. 

Nah, di masa pubertas ini tulang-tulang kamu akan mengalami pertumbuhan yang drastis; termasuk tulang paha. Ini yang jadi alasan kenapa celana-celana atau rokmu terasa lebih pendek. Selama setahun, tulang paha ini bisa menyumbangkan 5 cm hingga 7 cm, lho, Charm Girls. Hmmm… Mungkin ini juga jadi alasan yang membuat orang tuamu suka membelikan baju yang kebesaran. Setuju nggak, Charm Girls?

 

3. Nafsu makan meningkat

Lho, Aku kok lebih tinggi daripada anak laki-laki?
Lho, Aku kok lebih tinggi daripada anak laki-laki?

Wah, segala pertumbuhan dan perkembangan yang drastis ini menghabiskan banyak energi, lho, Charm Girls. Biasanya sih makan kan adalah kewajiban, eh secara nggak sadar makan bisa jadi hobi. Untuk yang satu ini, biasanya anak perempuan sih bakal lebih jadi doyan ngemil, ya nggak?

Nah, kalo kamu sudah menyadari hal ini, kamu sudah harus mulai menjaga asupan makanan ya. Nggak ada yang salah ketika kamu banyak makan, namun perhatikan juga apa yang kamu makan. 

Jangan sampai tubuhmu yang sedang butuh banyak asupan sehat malah mendapat makanan yang kurang berfaedah. Bisa-bisa nanti malah jadi dirimu yang sakit! Oh, no. Ada baiknya juga kalo banyak makan harus diiringi dengan banyak olahraga juga ya, Charm Girls!



4. Lebih sering tidur


Hayo, siapa yang hobinya rebahan? Rebahan memang aktivitas yang kurang bagus kalo dilakukan terus menerus, walau ternyata pertumbuhan tuh terjadi di saat kamu tidur. Kok bisa ya? Menurut National Sleep Foundation (NSF), hormon pertumbuhan kamu bakalan bekerja secara maksimal di malam hari. Ini berarti menjaga waktu tidur selama 8 hingga 12 jam menjadi sangat penting ya, Charm Girls! Ada baiknya juga kalo kamu punya jam tidur yang konsisten pada malam hari di sekitar jam 21.00-21.30 dengan keadaan kamar yang gelap.

Karena saat malam hari dan gelap, tubuhmu akan menghasilkan hormon Melatonin lebih banyak. Hormon Melatonin untuk membantu kamu tertidur dengan mudah di malam hari, Charm Girls. Sehingga pertumbuhanmu bisa terjaga maksimal.
----
 

Seperti itulah pertumbuhan yang mungkin terjadi. Ada perbedaan fisik laki-laki dan perempuan yang terjadi, namun pada dasarnya tentu ada persamaan. Nah, walaupun kamu sekarang terlihat mengalami perubahan yang lebih cepat dibandingkan anak laki-laki; nantinya pertumbuhan akan berhenti lebih awal juga kok. Sementara tubuhmu sudah mencapai pertumbuhan di usia 20-21 tahun, anak laki-laki akan terus tumbuh bahkan hingga usia 25 tahun! Wah, tubuh emang ajaib ya.

Tak ada yang perlu dikhawatirkan kok, kondisi genetik keluargamu, kesehatan dan lainnya juga akan mempengaruhi pertumbuhanmu. Jadi, pertahankan gaya hidup sehat ya, Charm Girls!

Komentar (0)
A