Kembali

Girl's Life

3 Cara Gaya Hidup Perempuan Biar Kesehatan Makin Terjaga!

3 Cara Gaya Hidup Perempuan Biar Kesehatan Makin Terjaga!


Sebagai perempuan, kesehatan diri kita memang perlu banget untuk dijaga nih. Apalagi ketika kamu saat sedang menstruasi nih. Gaya hidup sebagai seorang perempuan harus diperhatikan.

Kesehatan tubuh manusia yang ideal adalah ketika kondisi tubuh bekerja secara sempurna. Bagaikan sebuah mesin, tubuh kita ini memiliki berbagai macam komponen yang saling terkait, dan jika ada yang sakit satu, maka semua bagian yang lain akan ikut merasakannya.

Jadi sekecil apapun bagian tubuh kita ada yang sakit, pastinya akan membuat organ tubuh lain tidak nyaman. Maka dari itu, kamu harus menjaga kesehatan, dimulai dari gaya hidup kamu sebagai perempuan.

Cara Menjaga Kesehatan Terlebih Saat Menstruasi Melalui Gaya Hidup 

Banyak perempuan yang merasa cepat lelah serta nyeri saat menstruasi berlangsung. Tetapi nyatanya, semua keluhan itu bisa kamu atasi dengan menjaga gaya hidup kamu sebagai perempuan loh

Dilansir dari suara.com, seorang ahli gizi menganjurkan beberapa perubahan gaya hidup serta makanan, untuk mengontrol dan menyeimbangkan hormon saat menstruasi.

1. Olahraga sebagai gaya hidup perempuan yang baik

Meskipun sedang menstruasi, bukan berarti kamu enggak olahraga ya. Pasalnya, olahraga malah membantu kamu meredakan nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi loh. Jadi, olahraga salah satu gaya hidup perempuan yang selain meredakan nyeri, tubuh kamu pun akan sehat.

2. Istirahat yang cukup agar gaya hidup perempuan lebih baik

Pada saat menstruasi, tubuh memang akan lebih terasa pegal-pegal. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk beristirahat ya. Istirahat yang cukup bakal membantu tubuh kamu terasa lebih rileks dan mood-mu pun akan lebih baik.

Baca Juga: Gangguan Mental Pengaruhi Masa Menstruasi? Ini Alasannya!

3. Makan makanan yang bergizi sebagai salah satu cara gaya hidup perempuan yang baik

Makan makanan penuh dengan gizi dan bernutrisi memang diperlukan, apalagi pada saat menstruasi. Pasalnya, akan ada banyak darah yang keluar saat menstruasi terjadi. Untuk menggantikan darah yang keluar tersebut, kamu bisa memakan makanan bergizi, seperti bayam, sayuran berdaun gelap, susu, buah-buahan, dan sebagainya. Kurangi memakan makanan cepat saji juga ya.

Makan makanan yang bergizi sebagai cara gaya hidup perempuan bisa menjaga kesehatan tubuh, selain itu ada banyak manfaat lain yang dapat kamu rasakan dari gaya hidup sehat ini loh.

Manfaat Menjaga Kesehatan Melalui Gaya Hidup Bagi Perempuan

Kira-kira apa aja sih manfaat yang bisa kamu dapat dari menjalani gaya hidup yang lebih sehat? Yuk simak lebih lanjut.

1. Gaya hidup perempuan yang baik sebagai preventif dari berbagai macam penyakit

Manfaat menjaga gaya hidup perempuan yang bisa kamu rasakan dengan segera adalah tubuhmu yang menjadi lebih sehat.

Dengan kamu rutin mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari, badanmu akan dipenuhi oleh banyak nutrisi dan bisa meningkatkan metabolisme serta memperkuat imun kamu. Kemungkinan terkena penyakit yang ringan dan berat pun otomatis akan berkurang.

2. Gaya hidup perempuan yang baik mengashilkan banyak energi

Jika kamu menjalani gaya hidup perempuan sehat, maka metabolisme akan meningkat. Nah, ketika metabolisme bekerja lebih cepat, badan akan memiliki banyak energi alami yang dapat digunakan untuk kamu beraktivitas.

Baca Juga: Macam maca darah haid vs pola hidup sehat!

3. Berat badan terjaga jika memiliki gaya hidup perempuan yang baik

Dengan kamu menjaga makan dan rutin berolahraga dapat memberi manfaat yang biasanya paling pertama terlihat, yaitu berat badan turun atau terjaga di batas normal. Nah, ketika berat badan kamu terjaga, tubuhmu akan terasa lebih ringan dan tidak akan mudah lelah ketika melakukan banyak aktivitas.

4. Bersikap lebih positif

Gaya hidup perempuan akan selaras dengan hormon bahagia. Tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan tenang dan bahagia. Kamu pun otomatis akan merasa lebih positif dalam menjalani hidup. 

5.  Jika gaya hidup perempuan terjaga, kesehatan mental juga terjaga

Dengan kamu melakukan rutinitas yang baik untuk jiwa dan raga, kesehatan mental juga akan terjaga dan cenderung menjadi lebih stabil.

6. Mempercantik kulit

Gabungan antara olahraga rutin dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dapat menghasilkan kulit yang sehat, jauh dari jerawat, dan membuat kamu terlihat glowing secara alami. Gaya hidup perempuan yang terjaga sangat cocok untuk kesehatan luar dan dalam!

7. Dapat menikmati hidup secara optimal

Dengan kamu menjalani gaya hidup sehat, kemungkinan untuk hidup lebih lama dan menikmatinya secara lebih optimal akan meningkat.

Baca Juga: Mimpi Horror! Bukan Ketemu Spirit Doll Tapi Mimpi Menstruasi!

Ini dikarenakan kebiasaan-kebiasaan baik yang ditanamkan membuat kamu bisa terhindar dari penyakit berat. Menjadi lebih produktif dan berpikiran positif, dan juga lebih menghargai proses untuk menjalankan hidup yang seimbang.

Itulah gaya hidup perempuan yang sehat yang bisa kamu lakukan pada saat menstruasi untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Dengan gaya hidup sehat, menstruasimu pun akan terasa lebih ringan.

charm
gaya hidup perempuan
gaya hidup perempuan untuk menjaga kesehatan
cara menjaga kesehatan terlebih saat menstruasi melalui gaya hidup
manfaat menjaga kesehatan melalui gaya hidup bagi perempuan
Komentar (0)
A