Kembali

Girl's Life

Masa Pubertas Berkisar Usia Antara Berapa Sampai Berapa Ya?

Masa Pubertas Berkisar Usia Antara Berapa Sampai Berapa Ya?


Pubertas adalah bagian yang normal dalam kehidupan dari anak-anak menuju dewasa yang sebabkan oleh hormon yang diproduksi dalam tubuh. 

Charm Girls perlu tahu, seseorang yang dalam proses pubertas akan mengalami perubahan yang berbeda dalam tubuh mereka baik laki-laki dan perempuan. Pada anak perempuan Masa pubertas berkisar usia antara pada usia 8 sampai 13 tahun, dengan rata-ratanya terjadi pada usia 10 tahun. Terjadi lebih awal dibandingkan anak lelaki. 

Pada anak laki-laki, pubertas biasanya diawali dengan testis dan penis yang semakin membesar. Kemudian tumbuh rambut di area kemaluan dan ketiak. Otot yang mulai tumbuh, suara semakin dalam, dan rambut wajah berkembang saat pubertas berlanjut.

Charm Girls, pubertas ditandai dengan berbagai macam perubahan baik dari segi fisik-biologis maupun segi psikis. Masa pubertas yang datang lebih awal biasanya sering terjadi ke anak perempuan, dan terjadi karena beberapa hal. Ada yang masa pubertasnya lebih cepat dan lebih lambat. 

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Puber

Masa pubertas pertama

Charm Girls, perlu tahu, masa pubertas perempuan pertama ditandai dengan perubahan fisik yang berujung dengan adanya menstruasi, menstruasi saat pubertas adalah step terakhir usai perubahan fisik dan terjadi dalam rentang usia sekitar 9-14 tahun.

Hal ini dibarengi dengan perubahan fisik lainnya, seperti tumbuhnya payudara, rasa nyeri jika payudara tak sengaja tersentuh dan bentuk tubuh yang mulai berisi atau bertambah tinggi. Pertumbuhan payudara yang mengakibatkan nyeri itu adalah normal ya Charm Girls saat masa pubertas. Hal ini juga ditandai tumbuhnya sejumlah rambut di bagian tubuh yang jarang terlihat seperti alat kelamin dan ketiak. Charm Girls juga perlu tahu loh, ada beberapa hal yang terjadi selama pubertas baik untuk anak laki-laki maupun perempuan, yakni terkena jerawat, juga biasanya memiliki lonjakan pertumbuhan atau peningkatan tinggi badan yang cepat yang berlangsung selama sekitar dua atau tiga tahun.

Masa pubertas kedua

Ketika sudah menstruasi, bukan berarti masa pubertas berakhir, ada yang dinamakan masa pubertas perempuan kedua yang sering dimulai pada usia 20-30an. Pubertas kedua adalah istilah untuk menggambarkan perubahan yang terjadi pada tubuh pada usia yang berbeda. Ini bukan pubertas nyata seperti dalam perkembangan kematangan seksual, melainkan cara untuk menggambarkan berbagai gejala fisik dan emosional yang dapat terjadi seiring bertambahnya usia. 

Di usia 20an akan ada perubahan psikologis dan emosional, perubahan masa otot dan tulang, jerawat, stretch mark hingga berat badan. Kemudian di usia 30an akan ada perubahan di kulit dan rambut, metabolisme. 

Baca Juga: Apakah Keputihan Tanda Menstruasi Pertama

Masa Pubertas ketiga

Masa puber wanita ketiga terjadi ketika memasuki usia 30-40 tahunan dan mengacu pada perimenopause dan menopause. Di masa ini kadar hormon estrogen yang tidak teratur bakal menimbulkan perubahan fisik perimenopause, kesuburan wanita juga akan berkurang apalagi saat masuk usia 35an.

Siklus haid akan Fibroid atau leiomioma dan endometriosis juga lebih sering terjadi pada usia ini. Sedangkan di usia 40an banyak perubahan seperti masa otot, perubahan mood, mengalami menopause, hingga perubahan kebiasaan seksual.

Keadaan ini memang terkadang mempengaruhi kondisi mental seorang perempuan, menopause dilalui dengan banyak perjuangan dan adaptasi serta perubahan mental di diri seseorang. Konsultasikan ke dokter apapun yang dirasakan dalam masa ini, selain menopause banyak hal yang mempengaruhi diri seseorang yakni kekuatan fisik dan faktor kesehatan lainnya.

charm
masa pubertas berkisar usia antara
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Wahhh aku baru tau kalo masa pubertas itu ada tiga. Makasih Cha artikel ini bisa tambah pengetahuan.
5 days ago
Balas