Kembali

My Growing Up Body

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?


Charm Girls, perkembangan fisik laki laki dan perempuan memang menimbulkan banyak banget hal yang terjadi; sampai-sampai aroma tubuhmu bisa ikutan berubah. Kata orang-orang sih aroma bau badan ini disebabkan oleh keringat, namun kenyataannya tidak demikian! 

Pas masa pubertas kadar hormon androgen dalam tubuh bakalan meningkat, akibatnya kelenjar keringat bakal jadi lebih aktif, dan area tubuh seperti ketiak atau kulit kepala mulai menghasilkan keringat yang berlemak. 

Sebenarnya normal saja kok kalau kamu punya bau karena tubuh memang memiliki jutaan kelenjar keringat. Meski memang setiap orang memiliki bau badan yang berbeda-beda. Tapi, kepo nggak sih kenapa ada beberapa perkembangan fisik laki laki dan perempuan yang bikin aroma ketiak jadi ga enak alias bau banget?

Daripada penasaran, mendingan kita bahas, Charm Girls!

Baca Juga : Kenapa sekarang banyak bulu tumbuh di tubuhku?

Harus tahu asal muasal keringat! 
So, keringat tuh dihasilkan oleh kelenjar yang ada di kulit. Ada dua kelenjar keringat yang punya peranan penting; yaitu ekrin dan apokrin. Si kelenjar ekrin ini berada hampir di seluruh tubuh dan berada di daerah terbuka, seperti tangan dan kaki. Ia akan mengeluarkan keringat yang terdiri dari air dan garam ketika suhu tubuh kamu meningkat. Keringat yang dihasilkan akan membasahi permukaan kulit dan menguap. Nah, jadinya kulit nggak akan menjadi kering lagi deh, Charm Girls.

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Kelenjar Keringat pada Remaja

Sementara untuk kelenjar apokrin, berada di daerah yang berambut, seperti di kulit kepala dan ketiak. Untuk kelenjar apokrin sendiri bakal mengeluarkan cairan yang bersifat seperti minyak. Cairan tersebut akan dikeluarkan melalui kelenjar apokrin saat seseorang mengalami stres. Kemudian ketika keringat bercampur dengan bakteri, bau badan pun muncul… Nah, itulah penyebab bau ketiak pada remaja.

Wah, ternyata bakteri adalah penyebab bau ketiak pada remaja 

Keringat berminyak memang bikin bakteri auto nyaman untuk berkembang biak. Kalo sudah begitu, bau keringat kamu bisa jadi nggak enak dan sehingga timbul masalah bau badan yang bikin insecure mulu~
Nggak bisa dihindari, semua yang mengalami perkembangan fisik laki laki dan perempuan pasti berkeringat, termasuk kamu. Coba ingat, di masa sekarang kamu juga pasti punya banyak aktifitas yang seru-seru banget di luar rumah yang bikin keringetan khan! Mulai dari sekolah, ekskul, hang-out dan lainnya.

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Bakteri Penyebab Bau Ketiak

Urusan penyebab bau ketiak pada remaja ini memang sensitif banget, banyak anak perempuan di luar sana yang harus mengalaminya karena kekurangan vitamin, adanya infeksi, obesitas, stress hingga gangguan metabolisme.

Saat mereka mengalami bau ketiak, beberapa dari mereka juga ngerasa digosipin, teman-teman perempuan sebayanya yang mulai menjauh, hingga kemudian sering mendapat sindiran dan olokan dari kawannya yang laki-laki. Kalo kamu merasakan hal gitu, lebih baik ngumpul sini! Ada cara mengatasinya kok!

1. Simpel, Mandi! 
Emang sesimpel itu, Charm Girls. Apalagi, kalo kamu abis melakukan aktivitas fisik atau bermain di luar rumah. Seengganya, cukup dengan mandi dua kali sehari deh, Charm Girls! Pastikan kamu mandi dengan air bersih dan sabun.

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Mandi dengan Air dan Sabun

Jangan lupa, bagian-bagian tubuh yang rawan bau harus banget terkena air! Ketiak, lipatan leher, belakang telinga, selangkangan itu wajib banget dibasuh sampai bersih! Lalu jangan lupa keringkan badan sampai benar-benar kering sebelum ganti baju yang bersih. Kalo nggak kering, badanmu bisa lembab dan jamuran juga. Hiy, mandi niatnya wangi kok malah tambah jamuran. 

Kalo kamu mager banget buat mandi, bisa cobain untuk ajak orang tua membeli sampo atau sabun yang sesuai kesukaanmu. Biar semangat dan nggak mager-mager lagi deh, Charm Girls!

2. Deodoran dan parfum to the rescue
Pas lagi beli deodoran, pilih yang memiliki kandungan anti-perspiran terus pake deh setiap habis mandi, pada kedua ketiak. Deodoran ini punya 2 tipe yang spray dan roll on, kamu bisa pakai yang mana saja sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa juga untuk rutin mencukur bulu ketiak, lalu pakai deodoran dengan anti-perspirant yang mengandung bahan yang dapat menyumbat kelenjar keringat sehingga produksi keringatmu akan berkurang dan tidak menimbulkan bau badan.

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Deodoran untuk Bau Ketiak

3. Pakai baju yang menyerap keringat
Pemilihan pakaian yang sesuai dengan aktivitas yang dijalani. Apalagi Indonesia kan negara tropis yang suhunya cenderung panas dengan matahari yang terik. So, gunakanlah pakaian berwarna terang yang dapat menyerap keringat dengan baik, seperti linen, katun, polyester, Charm Girls! 

Kalo kamu punya keringat yang cukup banyak, cobalah bawa baju atau minimal kaos baru yang bersih di dalam tas kamu. Ribet sih, tapi daripada penyebab bau ketiak datang terus dan ganggu!

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Bahan Baju yang Menyerap Keringat

4.Stop makan pedas, rempah rempah dan kari
Makanan pedas seperti cabe, bawang merah, jinten, atau kari ternyata dapat memicu munculnya bau badan, lho Charm Girls. Sebab, makanan tersebut dapat membuat suhu tubuh meningkat, sehingga lebih mudah berkeringat. Keringetan bikin bau badan makin menjadi-jadi itu!

Semua penyebab bau badan saat purbertas juga berkaitan banget dengan hormon di badan kita, Charm Girls! Jadi saat kamu telah melewatinya kamu juga bisa gak bau badan lagi kok. Tapi kalau bau badanmu benar-benar mengganggu, kamu bisa konsultasi ke dokter atau tanyakan langsung ke orang tuanmu yang lebih berpengalaman ya, Charm Girls...

Perkembangan fisik laki-Laki dan perempuan bikin bau ketiak?
Makanan Memicu Bau Ketiak

 

Komentar (0)
A