Kembali

Girl's Life

Ciri ciri nyeri haid yang berbahaya, yuk intip apa saja!

Ciri ciri nyeri haid yang berbahaya, yuk intip apa saja!


Charm Girls, sebagian perempuan mengalami ketidaknyamanan saat haid atau yang biasa disebut sebagai nyeri haid. Bagi beberapa orang, nyeri haid bisa cukup parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari selama beberapa hari setiap bulan. Hal ini perlu jadi perhatian karena ada bahaya nyeri haid berlebihan. Ciri Ciri nyeri haid yang berbahaya seperti apa sih? Yuk simak ya!

Kram menstruasi (dysmenorrhea) adalah nyeri berdenyut atau kram di perut bagian bawah. Banyak perempuan mengalami kram menstruasi sebelum dan selama periode menstruasi mereka.  Kondisi seperti endometriosis atau fibroid rahim dapat menyebabkan kram menstruasi atau nyeri haid.

Mengobati penyebabnya adalah kunci untuk mengurangi rasa sakit. Kram menstruasi yang tidak disebabkan oleh kondisi lain cenderung berkurang seiring bertambahnya usia dan sering membaik setelah melahirkan.

Penyebab dari nyeri haid itu apa sih Charm Girls, nah selama haid, rahim akan berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisannya. Zat mirip hormon (prostaglandin) yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan memicu kontraksi otot rahim. Tingkat prostaglandin yang lebih tinggi dikaitkan dengan kram menstruasi yang lebih parah.

Perlu jadikan catatan ya Charm Girls, nyeri menstruasi dapat disebabkan oleh:

1.Endometriosis

Jaringan yang bertindak mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim, paling sering pada saluran tuba, ovarium atau jaringan yang melapisi panggul kalian Charm Girls..

2.Fibroid rahim.

Pertumbuhan non-kanker di dinding rahim ini dapat menyebabkan rasa sakit.

3.Adenomiosis. 

Jaringan yang melapisi rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim.

5.Penyakit radang panggul. 

Infeksi pada organ reproduksi wanita ini biasanya disebabkan oleh bakteri menular seksual.

Charm Girls, seseorang juga berisiko mengalami nyeri haid jika memiliki kategori seperti ini:

  • Usia lebih muda dari usia 30
  • Memulai pubertas lebih awal, pada usia 11 tahun atau lebih muda
  • Mengalami pendarahan hebat saat menstruasi (menorrhagia)
  • Alami pendarahan menstruasi yang tidak teratur (metrorrhagia)
  • Memiliki riwayat keluarga kram menstruasi (dismenore)
  • Seorang yang merokok

Nyeri haid adalah hal yang umum dan merupakan bagian normal dari siklus menstruasi perempuan. Kebanyakan perempuan mendapatkannya di beberapa titik dalam hidup mereka, namun perlu diperhatikan jika nyeri perut saat haid apakah berbahaya atau tidak.

Biasanya dirasakan sebagai kram otot yang menyakitkan di perut, yang bisa menyebar ke punggung dan paha. Rasa sakit kadang-kadang datang dalam kejang intens, sementara di lain waktu mungkin tumpul tetapi lebih konstan.

Ini juga dapat bervariasi dengan setiap waktu haid tiba dan berlangsung loh Charm Girls. Beberapa haid dapat menyebabkan sedikit atau tidak ada ketidaknyamanan, sementara yang lain mungkin lebih menyakitkan banget. Kadang-kadang kamu mungkin mengalami nyeri panggul bahkan ketika tidak sedang menstruasi.

Sebutkan ciri-ciri nyeri haid yang berbahaya

Lebih jarang, nyeri haid dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Nyeri haid terkait dengan kondisi medis yang mendasari cenderung mempengaruhi wanita yang lebih tua. Perempuan berusia 30 hingga 45 tahun paling sering terkena nyeri haid yang berbahaya.

Seorang perempuan juga mungkin dapat merasakan perubahan dalam pola nyeri normal jika nyeri haid terkait dengan kondisi medis. Misalnya, rasa sakitnya mungkin lebih parah atau mungkin berlangsung lebih lama dari biasanya.

Charm Girls mungkin juga merasa :

  • haid tidak teratur
  • perdarahan di antara periode haid
  • keputihan yang kental atau berbau busuk
  • rasa sakit saat berhubungan seks
  • Temui dokter umum jika memiliki gejala-gejala ini serta nyeri haid.

Nyeri haid biasanya dimulai saat pendarahan dimulai, meskipun beberapa perempuan mengalami nyeri beberapa hari sebelum dimulainya menstruasi. Rasa sakit biasanya berlangsung 48 hingga 72 jam, meskipun bisa lebih lama. Biasanya paling buruk saat pendarahan kamu paling berat.

Remaja sering mengalami nyeri haid ketika mereka mulai mengalami haid. Nyeri haid yang tidak memiliki penyebab yang mendasari cenderung membaik seiring bertambahnya usia perempuan. 

Ciri-ciri nyeri haid yang berbahaya

Masalah kesehatan yang parah atau tidak biasa selama suatu periode dapat menunjukkan ketidakseimbangan hormon atau kondisi yang mendasarinya. Ini mungkin memerlukan penyesuaian gaya hidup, perawatan di rumah, atau keperawatan profesional ya Charm Girls.

1.Istilah medis untuk nyeri saat menstruasi adalah dismenore dan kram sering menjadi penyebab nyeri ini. Kram ringan di perut bisa menjadi bagian yang tidak nyaman tetapi diharapkan dari siklus menstruasi. 

Kram yang ekstrem atau tidak biasa bisa menjadi dismenore parah, dan menunjukkan kondisi yang mendasarinya sepert endometriosis, adenomiosis, fibroid.

2.Obat nyeri tidak berfungsi

Jika obat yang dijual bebas tidak cukup untuk membantu Charm Girls melanjutkan dengan hari dan nyeri haid masih terasa artinya kram menstruasi itu tidak normal.

Jangan minum obat nyeri lebih dari dosisnya jika memang nyeri haid tidak kunjung menghilang. Ini bisa sangat berbahaya dan bahkan mematikan.

3.Mengalami nyeri panggul  

Ketidaknyamanan panggul tepat sebelum menstruasi dan selama beberapa hari pertama menstruasi bisa menjadi normal.  Charm Girls mungkin juga mengalami beberapa sensitivitas di sekitar ovulasi. Tetapi jika nda mengalami nyeri panggul di waktu lain selama siklus Anda, itu mungkin menandakan adanya masalah.

4.Kram menstruasi berlangsung terlalu lama

Itu normal untuk pendarahan selama menstruasi berlangsung dari dua hingga tujuh hari. Namun, tidak normal untuk mengalami kram menstruasi yang buruk sepanjang waktu.

5.Kram anda tidak terasa "normal"

Nah Charm Girls jika kamu khawatir kram menstruasi tidak normal, maka harus menganggapnya serius. Jika demam, dokter dapat memastikannya dengan mengukur suhu tubuh. Jika Anda mengalami rasa sakit, dokter harus mengambil kata-kata untuk itu. Hal ini membuat banyak orang tidak mencari bantuan.

6.Gejala Lain

Mungkin Charm Girls benar-benar tidak yakin apakah nyeri haid ini normal atau tidak, tetapi juga mengalami gejala terkait lainnya. 

Gejala mengkhawatirkan lainnya mungkin termasuk:

  • Kram disertai mual atau diare
  • Pendarahan hebat
  • Siklus tidak teratur
  • Nyeri panggul di waktu-waktu selain menstruasi 
  • Bercak diantara siklus

Sebutkan gejala-gejala nyeri haid

Charm Girls, mulai perhatikan kondisi tubuh saat mulai mengalami nyeri haid ya, segera cari pertolongan medis jika nyeri haid semakin mengganggu dan membuat kamu tidak bisa beraktivitas.

Gejala nyeri saat haid meliputi:

  • Nyeri berdenyut atau kram di perut bagian bawah yang bisa jadi intens
  • Nyeri yang dimulai satu hingga tiga hari sebelum menstruasi, memuncak 24 jam setelah awal menstruasi dan mereda dalam 2 hingga 3 hari
  • Nyeri yang menjalar ke punggung bawah dan paha

Beberapa perempuan juga mengalami:

  • Mual
  • Kotoran longgar
  • Sakit kepala
  • Pusing

Kapan harus ke dokter? Temui tenaga kesehatan jika kamu sudah mulai alami ini ya Charm Girls.

  • Kram menstruasi mengganggu setiap bulan
  • Gejala makin memburuk
  • Charm Girls baru saja mulai mengalami nyeri haid yang parah setelah usia 25

Baca Juga Disini:

Normal Atau Tidak Badan Sakit Semua Menjelang Haid

Kenapa Payudara Sakit Setelah 1 Minggu Selesai Haid

5 Cara Duduk Yang Benar Saat Menstruasi Biar Gak Ganggu Belajar

Nyeri haid berlebihan apakah berbahaya
bahaya nyeri haid berlebihan
nyeri perut saat haid apakah berbahaya
Komentar (92)
A

Es
Evi setiani
Makasih info chacha
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Bima Husna
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
a month ago
WY
WILIA YULIANA
Wah 😍
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Bima Husna
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
a month ago
An
Anonymous
Ok
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Bima Husna
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
a month ago
floating-icon