Kembali

My Growing Up Body

5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar!
5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar!


Charm Girls, kalian pernah nggak merasa sakit di sekitar punggung setelah duduk di depan komputer atau laptop seharian? Apalagi saat mengalami masa menstruasi, rasanya mau duduk di tempat senyaman apa pun rasanya nggak nyaman bahkan nyeri. Kalau kamu merasa cepat lelah hingga nyeri di sekitar punggung, bisa jadi kamu duduk dengan posisi yang salah loh!

Yep, posisi duduk saat belajar memang sangat mempengaruhi kesehatan kamu, Charm Girls. Pada saat sedang duduk, posisi tubuh memberikan tekanan besar pada otot leher, bahu, punggung, dan tulang belakang. Tekanan tersebut lalu membuat peredaran darah kurang lancar dan beban tubuh jadi nggak merata.

Baca Juga : Perut kembung saat masa menstruasi? ini penyebab dan cara mengatasinya - Charm Girl's Talk

Nah, duduk terlalu lama dengan posisi yang salah menyebabkan beberapa dampak buruk bagi tubuh kamu, seperti kaku di bagian bahu dan leher, nyeri punggung dan pinggul, saraf kejepit, hingga resiko terkena kelainan tulang. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa duduk terlalu lama dan jarang berolahraga bisa meningkatkan risiko depresi, diabetes, hingga penyakit jantung. Duh, bahaya banget ya?

Hayo, siapa yang akhir-akhir ini merasakan kerja dari rumah atau sekolah dari rumah akibat pandemi? Pasti banyak banget di antara kamu yang harus duduk berlama-lama di depan meja belajar dan merasakan pinggang jadi sakit! Bagi perempuan, rasa nyeri di sekitar tulang belakang atau panggul mungkin terjadi lebih sering saat haid.

Hal ini wajar, karena terdapat perbedaan fisik laki-laki dan perempuan yaitu di area panggul. Panggul perempuan memiliki rongga yang berisi rahim yang akan membengkak pada saat haid dan memberi tekanan lebih pada otot-otot di area bokong. Ditambah lagi dengan hormon menstruasi yang mengakibatkan kram perut sehingga bisa memperparah nyeri punggung jika duduk terlalu lama.

Supaya terhindar dari dampak buruk tersebut, yuk mulai membiasakan diri untuk duduk dengan posisi yang benar seperti berikut:

5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar!
Posisi Duduk yang Benar Saat Menstruasi

1.Sesuaikan posisi kursi dan meja
Untuk mendapatkan posisi yang nyaman tapi juga baik untuk tubuh, atur ketinggian kursi dan meja kamu hingga lengan membentuk huruf L dan siku berada di samping tubuh. Dengan melakukan posisi ini, lengan menjadi lurus dan mengurangi resiko cedera lengan. Jangan lupa atur posisi layar komputer atau laptop di atas meja agar nggak terlalu dekat dengan mata. Pastikan layar komputer sejajar dengan pandangan mata, karena layar yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa membebani mata dan juga otot leher.



2. Tegak dengan punggung dan bahu yang lurus
Pada dasarnya tulang punggung manusia memiliki bentuk yang sedikit melengkung ke depan pada bagian pinggang. Cobalah duduk tegak sampai bagian belakang tubuh menyentuh kursi, lalu luruskan punggung dan bahu ke belakang sampai ada lekukan pada tulang belakang. Kamu juga bisa menggunakan bantal kecil untuk mengganjal tulang belakang.

Supaya makin nyaman, kamu bisa menggunakan kursi khusus yang mengikuti bentuk tubuh dan memiliki bantalan di area tertentu untuk menopang tubuh kamu. Kursi seperti ini biasanya sudah didesain secara ergonomis agar nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama.

5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar!
4 Cara Duduk yang Benar

3. Perhatikan posisi kaki
Siapa di sini yang suka menyilangkan kaki saat duduk? Well, walaupun posisi tersebut memang pewe banget, ternyata jika dilakukan terlalu sering bisa berbahaya bagi tubuh! Kaki yang menyilang akan membuat panggul berada dalam posisi miring dan lutut saling menekan. Akibatnya, area punggung hingga leher akan mendapat tekanan ekstra dan berakhir nyeri deh. Jadi, jangan terlalu sering menyilangkan kaki saat duduk ya, Charm Girls!
Selain itu, pastikan posisi lutut setara dengan pinggul dan telapak kaki menapak pada lantai ya! Kamu juga bisa menggunakan pijakan atau bangku kecil di bawah kaki agar tetap nyaman dan santai, sehingga otot menjadi lebih rileks.

5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar!
Posisi Duduk yang Benar di depan Komputer

4. Posisi keyboard dan mouse juga penting!
Selain posisi duduk, ternyata posisi keyboard dan mouse juga penting diperhatikan loh, Charm Girls! Beri jarak sekitar 10-15 cm antara ujung keyboard dan ujung meja sehingga ada ruang untuk pergelangan tanganmu. Sedangkan untuk mouse, jangan meletakkannya terlalu jauh agar tetap mudah dijangkau dan pastikan pergelangan tanganmu tetap lurus saat menggunakannya.

 

5 cara duduk yang benar saat menstruasi, biar gak ganggu belajar!
Take a Break Girls


5. Luangkan waktu istirahat
Kalau kamu sudah bisa duduk dengan posisi yang baik, kamu tetap harus meluangkan waktu untuk beristirahat guna meregangkan otot-otot tubuhmu. Cobalah untuk beristirahat setiap 30 menit dan melakukan peregangan singkat lalu mengubah posisi tubuh agar otot tetap rileks dan melancarkan aliran darah.

Komentar (0)
A