Kembali

Girl's Life

Menjelang Haid Badan Sakit Semua, Normal Gak Ya?

Menjelang Haid Badan Sakit Semua, Normal Gak Ya?


Duh, kenapa ya setiap menjelang haid badan sakit semua? Setiap wanita pasti merasakan keluhan ini. Ini menjadi tanda tanda menstruasi, termasuk kamu juga kan Charm Girls?

Salah satu gejala menstruasi yang normal dialami wanita adalah pegal-pegal dan sakit badan, Charm Girls. Gak jarang, perut bakal terasa kram, hingga payudara pun terasa sangat nyeri setiap saat.

Tentunya, kamu jadi ingin tahu cara mengatasi sakit perut menjelang haid, dan juga berbagai gejala menstruasi lainnya agar gak mengganggu hari-harimu, kan? Simak penjelasannya di bawah ini, deh.

Apa penyebab badan sakit saat haid?

Di masa pra-menstrual syndrome (PMS), Charm Girls bakal mengalami yang namanya ketidakseimbangan hormon. Ini adalah salah satu penyebab utama badan terasa sakit semua saat haid. Hampir semua wanita rutin mengalaminya, jadi ini normal banget, ya.

Charm Girls bakal merasa gak nyaman, tubuh pun rentan terasa sakit di berbagai bagian. Berbagai keluhan seperti cepat lelah, sakit kepala, kembung, mual, diare atau sembelit, payudara nyeri, sakit otot, sendi, punggung, dan perut bagian bawah pun terasa semua. 

Beberapa wanita juga suka mengeluhkan gejala seperti keputihan, nyeri panggul, susah tidur, hingga nafsu makan yang berubah ketika PMS. Belum lagi jerawat yang suka muncul seenaknya di wajah. Duh, ngeselin banget!

Selain merasa gak enak secara fisik, Charm Girls juga mungkin merasakan perubahan secara emosional, nih. Gak jarang, sakit badan seharian benar-benar bikin bad mood.

Charm Girls mungkin bakal merasa mudah sedih dan menangis, sulit konsentrasi, cemas berlebihan, hingga suasana hati yang gak stabil selama masa PMS.

Ternyata, menurunnya hormon estrogen adalah salah satu penyebab semua itu, Charm Girls. Hormon estrogen seharusnya berfungsi membantu mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa sakit. Namun, karena jumlahnya sedang turun akhirnya menyebabkan semua rasa sakit lebih mudah kita rasakan.

Selain itu, ada penyebab lainnya yakni meningkatnya produksi prostaglandin untuk mendorong darah keluar dari rahim. Peningkatan tersebut bisa memicu kram perut, diare, mual, muntah, dan rasa tidak nyaman lainnya.

Selain berubahnya hormon dalam tubuh, ada lagi beberapa penyebab lain yang bisa membuat badan sakit semua saat haid, lho. Berikut beberapa di antaranya;

-Pola makan tidak sehat.

-Terlalu gemuk atau terlalu kurus.

-Kurang olahraga.

-Kelelahan kronis.

-Penggunaan obat-obatan tertentu.

-Stres dan gangguan kecemasan sejenis.

-Risiko penyakit kelenjar tiroid dan PCOS atau Sindroma Polikistik Ovarium.

Begini cara mengatasinya!

Jangan khawatir jika kamu merasakan gejala badan pegal saat haid. Hal ini sangat wajar dialami wanita. Sekarang, kamu bisa belajar bagaimana cara mengatasinya, biar setidaknya hari-harimu terasa lebih mudah dijalani.

Pertama-tama, Charm Girls sebaiknya coba mengenali siklus menstruasi sendiri. Dengan mengetahui siklus menstruasi sendiri, kamu akan lebih mudah memprediksi kapan kira-kira rasa sakit akan muncul. Dengan begitu, kamu bisa bersiap-siap sebelum tubuh terasa lemas dan mudah sakit.

Selain itu, Charm Girls juga bisa mengonsumsi lebih banyak vitamin dan makanan sehat. Misalnya, karbohidrat kompleks seperti buah, sayur, dan serealia macam gandum. Makanan kaya akan kalsium juga bisa dipertimbangkan.

Charm Girls juga lebih baik makan dalam porsi kecil tapi sering agar perut tidak terasa kembung atau terlalu penuh ketika kram perut menyerang.

Oh iya, olahraga teratur juga penting, lho. Pasalnya, gerakan olahraga bisa memproduksi hormon beta-endorfin yang merupakan zat opioid internal. Nah, zat ini bisa berfungsi sebagai zat anti nyeri untuk tubuh, dengan kata lain mengurangi badan terasa sakit semua saat haid.

Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan untuk meredakan nyeri menstruasi atau pra-menstruasi adalah yoga, bersepeda, jalan santai, dan berenang.

Sebaiknya lakukan olahraga tersebut secara rutin, jangan hanya saat badan terasa sakit menjelang haid. Lakukan olahraga sekitar 3 kali seminggu, dan variasikan jenisnya agar hasilnya maksimal. Gak ada lagi deh, namanya menjelang haid badan sakit semua!

Sudah melakukan hal-hal di atas untuk mengatasi badan sakit semua saat haid? Nah, ada lagi nih solusi buat tetap nyaman saat menstruasi lagi deras-derasnya, tapi kamu mau tetap merasa nyaman dan gak khawatir bocor. Masa sih, selain harus ngurusin badan sakit, kamu harus mengatasi bocor juga?

Solusi terbaik buat Charm Girls nih, ada Charm Sleep Protect+ Panties! Pembalut berbentuk celana yang bisa cegah bocor dengan ngasih perlindungan penuh dari segala sisi di malam hari.

Dengan ukuran all size yang muat untuk ukuran pinggang 85 cm – 105 cm, siapa pun bisa pakai, deh!

Bentuknya yang kayak celana pun bikin praktis dipakai. Persis kayak pakai celana dalam aja. Bahannya lentur banget, mengikuti lekuk tubuh. Bahannya pun selembut kain, gak akan bikin kamu iritasi!

Pembalut Charm Sleep Protect+ Panties ini bisa banget jadi solusi buat Charm Girls yang malas ganti pembalut di tengah malam. Dijamin gak akan bocor, walaupun lagi banyak-banyaknya.

Baca Juga Disini:

Inilah 5 Ciri Ciri Darah Haid Setelah Nifas Selesai

Ytta Tips Gerakan yoga Untuk Melancarkan Haid

Aduh 5 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

tanda tanda menstruasi
badan pegal saat haid
badan terasa sakit semua saat haid
badan sakit semua saat haid
Komentar (125)
A

An
Anonymous
Woww
4 months ago
Balas
An
Anonymous
Nice
4 months ago
Balas
An
Anonymous
Sangat membantu
4 months ago
Balas
floating-icon