Kembali

Girl's Life

Yuk, kenali macam macam gangguan mental

Yuk, kenali macam macam gangguan mental


Penjelasan tentang gangguan mental

Kesehatan mental dan fisik adalah komponen yang sama pentingnya dari kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, depresi meningkatkan risiko berbagai jenis masalah kesehatan fisik, terutama kondisi yang berlangsung lama. Lalu bagaimana ya jika seseorang mengalami gangguan mental? 

Nah Charm Girls, perlu kamu ketahui fakta dan jenis gangguan mental yang nyata terjadi di tengah-tengah kita, bahkan mungkin dialami orang terdekat kita. Hal ini jadi penting untuk mengetahui bagaimana kita bersikap. Namun, ini semakin penting diketahui karena gangguan mental bisa terjadi pada siapa saja, termasuk diri sendiri.

World Health Organization (WHO) menganggap gangguan depresi dan kecemasan sebagai gangguan mental umum. Gangguan mental, neurologis dan penggunaan zat merupakan 10 persen dari beban penyakit global dan 25,1 persen dari beban penyakit non-fatal.

Selain itu, sekitar satu dari tujuh remaja dunia mengalami gangguan jiwa. Gejala cemas berlebihan perlu diperhatikan sebagai kondisi gangguan mental. Kenali perasaan cemas yang Charm Girls alami ya.

Depresi adalah jenis gangguan mental yang umum terjadi loh, maka dari itu kesehatan mental jadi satu hal yang penting dipelajari dan dijaga. 

Secara global, diperkirakan 5 persen orang dewasa menderita depresi dan yang menyedihkan adalah lebih dari 700.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun. 

Bunuh diri menyumbang satu dari 100 kematian secara global dan jadi penyebab kematian keempat pada individu berusia 15-29 tahun.

Sebanyak satu dari sembilan orang di lingkungan yang terkena dampak konflik memiliki gangguan mental sedang atau berat.

Di negara-negara berpenghasilan rendah ada kurang dari satu staf kesehatan mental per 100.000 penduduk, dibandingkan dengan lebih dari 60 di negara-negara berpenghasilan tinggi. Bukan hanya itu orang dengan gangguan mental berat meninggal 10 sampai 20 tahun lebih awal dari populasi umum.

Jelaskan apa saja gangguan mental

Charm Girls, seseorang bisa alami berbagai jenis penyakit atau gangguan mental, dan sering kali dapat terjadi pada saat yang bersamaan. Penyakit mental dapat terjadi dalam waktu singkat atau bersifat episodik. Ini berarti bahwa penyakit mental datang dan pergi dengan awal dan akhir yang berbeda. Penyakit mental juga bisa berlangsung terus-menerus atau bertahan lama. Ada lebih dari 200 jenis penyakit mental.

Namun ada beberapa macam macam  gangguan mental yang bisa jadi awal untuk pahami kondisi kesehatan mental:

1.Gangguan kecemasan

Charm Girls gangguan kecemasan adalah orang dengan gangguan kecemasan merespons objek atau situasi tertentu dengan rasa takut dan takut, serta dengan tanda-tanda fisik kecemasan atau panik, seperti detak jantung yang cepat dan berkeringat.

Perlu diketahui Charm Girls gangguan kecemasan didiagnosis jika respons seseorang tidak sesuai dengan situasinya, jika orang tersebut tidak dapat mengendalikan responnya, atau jika kecemasannya mengganggu fungsi normal. Gangguan kecemasan termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, dan fobia spesifik.

2.Gangguan mood

Gangguan ini Charm Girls, disebut juga dengan gangguan afektif yang melibatkan perasaan sedih yang terus-menerus atau periode perasaan terlalu bahagia, atau fluktuasi dari kebahagiaan ekstrem ke kesedihan ekstrem.  Gangguan mood yang paling umum adalah depresi, gangguan bipolar, dan gangguan siklotimik.

3.Gangguan psikotik

Gangguan psikotik ini melibatkan kesadaran dan pemikiran yang terdistorsi. Dua gejala yang paling umum dari gangguan ini adalah halusinasi atau pengalaman gambar atau suara yang tidak nyata, seperti mendengar suara dan delusi, yang merupakan keyakinan tetap yang salah yang diterima oleh orang yang sakit sebagai benar, meskipun ada bukti untuk itu. Skizofrenia adalah contoh dari gangguan psikotik Charm Girls.

4.Gangguan makan

Gangguan mental juga terlihat dari bagaimana seseorang makan. Gangguan makan melibatkan emosi, sikap, dan perilaku ekstrem yang melibatkan berat badan dan makanan. Anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan gangguan makan berlebihan adalah gangguan makan yang paling umum.

5. Kontrol impuls dan gangguan kecanduan

Nah seseorang dengan gangguan kontrol impuls tak dapat menahan dorongan, atau impuls, untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri mereka sendiri atau orang lain. 

Pyromania (memulai kebakaran), kleptomania (mencuri), dan perjudian kompulsif adalah contoh gangguan kontrol impuls. Umumnya kecanduan pada alkohol dan obat-obatan. Kemudian mulai mengabaikan tanggung jawab dan hubungan.

6.Gangguan kepribadian

Selanjutnya adalah rang dengan gangguan kepribadian memiliki ciri kepribadian yang ekstrem dan tidak fleksibel yang menyusahkan orang tersebut dan atau jadi sebab masalah dalam pekerjaan, sekolah, atau hubungan sosial. Pola pikir dan perilaku seseorang secara signifikan berbeda dari harapan masyarakat dan sangat kaku sehingga mengganggu fungsi normal orang itu.

7.Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)

Pasti Charm Girls pernah dengar istilah inikan?  Nah orang dengan OCD diganggu oleh pikiran atau ketakutan terus-menerus yang menyebabkan mereka melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Pikiran yang mengganggu disebut obsesi, dan ritual disebut kompulsi. Contohnya punya ketakutan yang tidak masuk akal terhadap kuman sehingga terus-terusan cuci tangan.

8.Gangguan stres pasca-trauma (PTSD)

Ini adalah suatu kondisi gangguan mental yang bisa berkembang usai adanya pengalaman atau peristiwa traumatis atau menakutkan, seperti serangan seksual atau fisik, kematian tak terduga dari orang yang dicintai, atau bencana alam. Sering ada pikiran dan ingatan yang bertahan lama dan menakutkan tentang peristiwa tersebut dan cenderung mati rasa secara emosional.

Apa yang menyebabkan sakit mental?

Tidak ada penyebab tunggal penyakit mental. Sejumlah faktor dapat berkontribusi pada risiko penyakit mental, seperti:

  • Pengalaman awal kehidupan yang merugikan, seperti trauma atau riwayat pelecehan (misalnya, pelecehan anak, kekerasan seksual, menyaksikan kekerasan, dan lainnya)
  • Pengalaman terkait dengan kondisi medis (kronis) lainnya yang sedang berlangsung, seperti kanker atau diabetes
  • Faktor biologis atau ketidakseimbangan kimia di otak
  • Penggunaan alkohol atau obat-obatan
  • Memiliki perasaan kesepian atau isolasi

Orang sering tidak mendapatkan layanan kesehatan mental yang mereka butuhkan karena mereka tidak tahu harus mulai dari mana. Charm Girls, bicaralah dengan dokter atau profesional kesehatan lain tentang masalah kesehatan mental. Minta mereka untuk menghubungkan kamu atau orang yang alami gangguan mental dengan layanan kesehatan mental yang tepat.

Jika tidak memiliki profesional kesehatan yang dapat membantu Anda, gunakan sumber daya ini untuk mencari bantuan bagi diri Anda sendiri, teman Anda, keluarga Anda, atau siswa Anda. Kemenkes menyediakan fasilitas layanan kesehatan jiwa melalui pusat panggilan atau Call Center 119 bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi. Charm Girls juga bisa hubungi Yayasan Pulih, Pijar Psikologi, Bicarakan.id, Ibunda dan beberapa platform layanan yang dapat membantu menangani masalah kesehatan mental.

Baca Juga Disni :

Cara Menjadi Pribadi yang Tenang Agar Nggak Gampang Stress

Hidup Lebih Bahagia dengan Positid Thinking Apa Artinya

Buat Apa Sih Latihan Otot Panggul

macam gangguan mental
jenis gangguan mental
macam macam sakit mental
Komentar (57)
A

WL
Witri Lestari
Iya
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
An
Anonymous
Iya
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Ka
Katiri
Banyak banget y macam" Gangguan mental
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
floating-icon