Kembali

Edukasi

Berikut Tips Cara Menghilangkan Darah Haid Bau Busuk

Berikut Tips Cara Menghilangkan Darah Haid Bau Busuk


Charm Girls, pernahkah kamu merasa tidak nyaman dengan bau darah haid yang terkadang bisa mirip bau busuk? Kejadian ini cukup lumrah, tapi tetap saja bisa membuat kita merasa kurang percaya diri. Makanya kamu wajib tahu bagaimana cara menghilangkan darah haid bau busuk.

Tapi sebelumnya, kamu harus tahu tentang apa itu darah haid dan apa penyebab vagina bau karena darah menstruasi sendiri bukanlah alasan kenapa darah haid bau busuk, lho.

Darah haid adalah bagian dari siklus bulanan wanita, yang merupakan pembuangan lapisan dalam rahim yang tidak digunakan karena tidak terjadi pembuahan. Menstruasi yang normal tentunya akan membuat area miss V sedikit berbau seperti darah biasa, yakni mirip logam. Bau darah pun tidak terlalu kuat untuk dideteksi orang lain.

Namun, terkadang darah haid bisa memiliki aroma yang kurang menyenangkan yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kebersihan diri yang kurang, hingga infeksi pada organ reproduksi.

Vagina secara alami memiliki bakteri baik dan jahat. Saat menstruasi, darah yang keluar menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri jahat. Bakteri ini memecah darah dan akhirnya menghasilkan senyawa berbau busuk. 

Darah menstruasi juga memiliki pH yang berbeda daripada vagina.  Ketidakseimbangan pH inilah yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri dan menyebabkan bau tak sedap. 

Faktor lain yang jadi penyebab kenapa darah haid bau busuk adalah adanya benda asing yang tertinggal di dalam vagina. Misalnya, tampon yang sudah terlalu lama tidak diganti.

Jika kondisi di atas yang terjadi, kamu tidak perlu khawatir. Namun, kamu wajib waspada karena ada beberapa kondisi medis, seperti bakteri vaginosis (BV) dan infeksi menular seksual (IMS) yang juga dapat menyebabkan bau busuk pada darah haid.

Cara Menghilangkan Bau Haid yang Seperti Bau Busuk

Tak perlu khawatir, Charm Girls, karena ada beberapa cara menghilangkan darah haid bau busuk, kok. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh adalah langkah awal yang sangat penting. Mandilah secara teratur, terutama saat haid, dan pastikan untuk membersihkan area intim dengan lembut. Gunakan sabun yang sesuai dengan pH vagina agar tidak mengganggu keseimbangan alami.

Basuh area kewanitaan dengan air hangat dan sabun non-parfum dua kali sehari. Hindari penggunaan sabun yang keras atau berparfum karena dapat mengganggu keseimbangan pH vagina.

  • Ganti pembalut atau tampon secara rutin

Ganti pembalut atau tampon setiap 3-4 jam sekali, atau lebih sering jika aliran darah haid kamu deras. Jangan biarkan pembalut atau tampon dipakai lebih dari 8 jam karena berisiko terhadap tumpukan bakteri dan iritasi kulit karena lembab.

  • Jangan lakukan douching

Douching adalah proses membersihkan vagina dengan air dan cairan lainnya, apalagi yang mengandung pewangi atau parfum. Hal ini bisa mengganggu keseimbangan pH vagina yang meningkatkan risiko infeksi bakteri dan juga infeksi menular seksual.

  • Gunakan pakaian dalam yang bersih dan katun

Pakaian dalam yang bersih dan berbahan katun dapat membantu menyerap keringat dan menjaga area kewanitaan tetap kering. Hindari penggunaan celana dalam yang ketat karena dapat membuat area kewanitaan lembab, bakteri mudah berkembang biak, dan jadi penyebab vagina bau.

  • Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan yogurt yang kaya akan probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di vagina.

Menggunakan Pembalut Charm Daun Sirih + Herbal

Salah satu cara menghilangkan darah haid bau busuk yang cukup efektif adalah dengan memilih pembalut yang tepat. Di sinilah Charm Daun Sirih + Herbal masuk sebagai solusi. 

Pembalut ini dirancang khusus dengan menggabungkan ekstrak daun sirih dan bahan herbal lainnya seperti manjakani, kunyit, jahe, dan lidah buaya yang telah dikenal sejak lama memiliki sifat antiseptik dan mampu mengurangi bau tidak sedap.

Keunggulan Pembalut Charm Daun Sirih + Herbal

Pembalut Charm Daun Sirih + Herbal tidak hanya sekedar pembalut biasa. Berikut adalah beberapa keunggulannya yang membuatnya berbeda:

  • Antiseptik Alami: Daun sirih dikenal memiliki sifat antiseptik yang kuat. Hal ini sangat membantu dalam mengurangi risiko infeksi dan juga efektif dalam mengurangi bau tidak sedap.
  • Kenyamanan Ekstra: Didesain dengan lapisan kapas lembut untuk memberikan kenyamanan maksimal, sehingga kamu bisa beraktivitas dengan lebih leluasa tanpa khawatir akan bau tidak sedap, bocor, atau iritasi pada kulit.
  • Daya Serap Tinggi: Meskipun alami, daya serap pembalut Charm Daun Sirih + Herbal ini tetap tinggi, memberikan perlindungan ekstra selama periode haid meski kamu banyak bergerak seharian.
  • Tersedia dalam berbagai varian: Pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal tersedia dalam varian Wing 23 cm, Non Wing 23 cm, dan Wing 26 cm. Kamu bisa memilih yang paling nyaman untuk aktivitas sehari-hari!

Darah haid yang berbau busuk memang bisa mengganggu, tapi jangan khawatir! Dengan tips-tips di atas, kamu bisa mengatasi bau tak sedap dan menjaga rasa percaya diri selama menstruasi. 

Dengan menjaga kebersihan area kewanitaan, memilih pembalut yang tepat seperti Charm Daun Sirih + Herbal, serta memperhatikan asupan makan, kamu bisa merasa lebih percaya diri dan nyaman selama periode haid. Yuk, mulai praktikkan tips ini dan rasakan perbedaannya!

Namun ingat ya, jika bau tak sedap pada darah haid tidak kunjung membaik atau disertai dengan gejala lain seperti gatal, perih, atau keputihan yang tidak normal, segera konsultasikan ke dokter.

kenapa darah haid bau busuk
Komentar (1)
A

Avatar Profile Image
Elisabeth Sarah
good
18 days ago
Balas
floating-icon