Kembali

Girl's Life

Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Usia 13 Tahun? Yuk Cek Selengkapnya!

Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Usia 13 Tahun? Yuk Cek Selengkapnya!


Siklus menstruasi pada wanita kadang-kadang bisa berjalan dengan teratur. Namun kadang, bisa juga mandeg dan datang gak teratur. Tentunya Charm Girls khawatir kan, kalau siklus haid tidak teratur sedang melanda?

Buat remaja-remaja kayak kita sih, sebenarnya hal itu wajar-wajar saja. Apalagi kalau kamu belum terlalu lama mengalami menstruasi pertama.

Salah satu penyebab haid tidak teratur pada usia 13 tahun atau usia remaja lainnya adalah hormon. Seperti yang diketahui, hormon pada remaja masih gak stabil dan bisa berdampak pada keberlangsungan siklus menstruasi.

Siklus menstruasi normalnya berlangsung tiap 28 hari. Tapi ada juga lho, wanita yang mengalami siklus tiap 21 – 35 hari. Itu semua masih normal. Namun jika Charm Girls gak menstruasi lebih dari periode itu, baru siklusnya bisa dianggap gak normal.

Mau tahu kenapa siklus haid tidak teratur bisa terjadi pada remaja? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa penyebabnya?

Seperti yang tadi sudah disebutkan, salah satu penyebab haid tidak teratur pada anak adalah perubahan hormon. Nah, itu berkaitan sama fase pubertas yang dialami anak remaja. Selain itu, masih ada lagi beberapa penyebab haid tidak teratur pada remaja. 

1.Pubertas

Biasanya, fase pubertas pada anak perempuan berlangsung mulai dari usia 8-13 tahun. Selain mengalami perubahan fisik, remaja perempuan juga bakal mengalami yang namanya perubahan hormon.

Di fase ini, ada perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang bisa mengganggu pola normal menstruasi Charm Girls. Itulah sebabnya siklus haid anak remaja jadi tidak teratur.

2.Stres

Lagi banyak tugas sekolah? Aktivitas ekskul numpuk? Ada masalah sama teman atau keluarga? Wah, itu semua kayak resep untuk merasa stres. Charm Girls harus hati-hati ya, karena stres bisa banget jadi penyebab tidak haid 3 bulan pada remaja.

Soalnya, stres bisa menggangu bagian otak tertentu yang bertugas untuk mengontrol hormon pengatur siklus haid perempuan. Solusinya cuma satu, yakni kelola stres dengan baik! Hehehe.

3.Olahraga berlebihan

Buat Charm Girls yang hobi olahraga wajib juga memperhatikan ini. Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh kita. Tapi kalau dilakukan berlebihan, bisa-bisa jadi penyebab haid tidak teratur pada usia 13 tahun, lho.

Menurut penelitian, olahraga yang terlalu berlebihan justru bisa mengganggu hormon yang berperan penting dalam siklus menstruasi. Misalnya, atlet remaja perempuan yang aktif menari balet mengaku sering mengalami amenore, alias siklus haid yang terlewat atau terhenti.

Oh iya, buat kamu si paling aktif berolahraga, jangan lupa pakai pembalut yang ekstra nyaman, tipis, tapi bisa cegah bocor. Ada Charm Extra Maxi Wing yang bisa jadi pilihan, nih.

Pembalut Charm Extra Maxi Wing Bikin Charm Girls serasa lagi gak pakai pembalut. Alhasil, aktivitas olahraga pun tetap nyaman walau harus pakai pakaian ketat. Tenang aja, ada pori serap ekstra yang bisa serap kering seketika dan tidak menyebar, lho. Bebas khawatir bocor meski haid lagi banyak-banyaknya!

4.Kelebihan hormon androgen

Hormon androgen adalah hormon seksual dalam tubuh yang diproduksi baik oleh remaja laki-laki maupun perempuan. Namun jumlahnya memang lebih banyak di anak laki-laki.

Tapi dalam beberapa kasus, gak jarang ada juga anak perempuan yang mengalami kelebihan hormon androgen. Hormon ini biasanya menyebabkan bulu-bulu tumbuh di wajah, kening, dada, hingga perut. Termasuk juga jadi penyebab haid tidak teratur pada usia 14 tahun.

5.Penurunan berat badan ekstrem

Menjaga berat badan agar tetap stabil itu bagus, tapi kalau menurunkannya secara ekstrem dan dalam waktu singkat, itu justru gak bagus, lho. Salah satu akibatnya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Soalnya, tubuh kita jadi kekurangan kalori. Kalau kondisi tubuhnya lagi begitu, produksi hormon yang dibutuhkan untuk proses ovulasi pun terganggu. Kalau sudah ekstrem banget nih, Charm Girls bahkan bisa merasa sering lelah, sakit kepala, bahkan rambut rontok.

5.Obesitas

Terlalu kurus gak bagus, terlalu gemuk juga gak bagus. Soalnya kelebihan berat badan bisa jadi penyebab haid tidak teratur pada usia 18 tahun.

Banyak ahli yang menyimpulkan bahwa obesitas bisa mempengaruhi kadar hormon dan insulin dalam tubuh yang akan mengganggu siklus haid. Bahkan obesitas juga bisa jadi gejala hipotiroidisme dan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Seram banget, kan?

6.Konsumsi obat-obatan

Charm Girls lagi mengonsumsi obat-obatan tertentu? Ternyata, itu bisa jadi salah satu alasan kenapa mens tidak teratur, lho. 

Beberapa obat yang bisa jadi penyebab haid tidak teratur pada usia 13 tahun di antaranya: Terapi penggantian hormon, obat pengencer darah, obat tiroid, obat epilepsi, obat antidepresan, obat kemoterapi, aspirin, atau ibuprofen.

7.Gangguan tiroid

Ini perlu diwaspadai, nih. Soalnya kondisi gangguan pada tiroid seperti hipotiroidisme membutuhkan penanganan khusus dari dokter, lho.

Hipotiroidisme memang diketahui bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi lebih lama, dengan perdarahan yang lebih banyak. Namun selain itu, hipotiroidisme juga bisa membuat siklus haid jadi lebih pendek dan darah menstruasinya lebih sedikit.

Oh ya, ternyata penurunan berat badan secara tiba-tiba dan ekstrem juga termasuk salah satu gejala hipotiroidisme

9.Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan dinding rahim (endometrium) di luar rahim. Usia remaja pun bukan gak mungkin mengalami kondisi ini. Beberapa gejalanya adalah kram menstruasi yang sangat menyakitkan, perdarahan yang banyak, durasi haid yang panjang.

10.broid rahim

Fibroid rahim adalah pertumbuhan nonkanker yang biasa dialami perempuan di usia reproduksi. Jadi, remaja-remaja di atas 13 tahun bisa banget nih, mengalami kondisi ini.

Banyak wanita yang gak bisa mendeteksi kondisi ini karena gejalanya hampir gak ada. Tapi, coba perhatikan kalau kamu mengalami perdarahan yang banyak, menstruasi yang lama, nyeri pada panggul, sering buang air kecil, sembelit, sakit punggung, dan juga kaki.

Nah, kalau kamu mengalami salah satu dari penyebab haid tidak teratur pada anak dan remaja di atas, sebaiknya bilang ke orang tua agar bisa dilakukan penanganan yang tepat ke dokter. Biar kondisinya bisa cepat tertangani, ya.

Baca Juga Disini : 

Konsumsi Asam Jawa Dapat Bermanfaat Untuk Rahim

Kenali Yuk Bentuk Kista yang Keluar Saat Haid

Kalian Ragu darah haid Atau Bukan Ya

siklus haid anak remaja
haid tidak teratur pada anak
kenapa siklus haid tidak teratur
Komentar (35)
A

DA
Dewi Anugrah
Nice info
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
resta restu
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
a month ago
Avatar Profile Image
amma samsuri
terimakasih artikel nya bermanfaat
a month ago
An
Anonymous
okokokokoko
24 days ago
DA
Dewi Anugrah
Nice info
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
resta restu
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
a month ago
Avatar Profile Image
amma samsuri
terimakasih artikel nya bermanfaat
a month ago
An
Anonymous
okokookok
24 days ago
An
Anonymous
Wow👏🏻
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
resta restu
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
a month ago
Avatar Profile Image
amma samsuri
terimakasih artikel nya bermanfaat
a month ago
An
Anonymous
okokokok
24 days ago
floating-icon