Kembali

Girl's Life

Sakit di Bawah Perut Saat Haid, Normal Gak Sih?

Sakit di Bawah Perut Saat Haid, Normal Gak Sih?


Namanya nyeri haid tuh, pastinya nyiksa banget, kan? Apalagi kalau sakit perut saat haid  sudah menyerang, keren deh kalau Charm Girls masih bisa semangat menjalani aktivitas seharian.

Biasanya, Charm Girls akan mengalami sakit dibawah perut saat haid. Rasa sakit juga bisa terasa di bagian pinggang atau bahkan perut secara keseluruhan, dan bakal datang sebelum hingga beberapa hari setelah menstruasi. Apakah sakit perut saat haid itu normal?

Tenang aja, hal itu sangat wajar dialami sama wanita yang lagi mengalami menstruasi. Kira-kira kenapa saat haid sakit perut bagian bawah, ya? 

Penyebabnya adalah otot-otot yang berkontraksi untuk membantu melepaskan pembuluh darah yang menumpuk. Makanya kamu bisa mengalami kram perut, itu artinya otot rahim sedang bekerja keras.

Jenis-jenis nyeri haid

Hmm, kalau gitu kenapa saat haid perut bagian bawah sakit, ya? 

Seperti yang tadi disebutkan, rasa nyeri pada tubuh kita selama menstruasi bisa terasa di mana saja. Salah satunya adalah di bawah perut yang disebabkan otot rahim kita sedang berkontraksi.

Ternyata, kram perut bagian bawah saat haid ini dikenal juga sebagai dismenore. Banyak wanita yang hanya mengalami dismenore ringan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, gak jarang ada juga wanita yang mengalami nyeri haid parah, sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kenali dulu jenis dismenore biar tahu apa yang kamu alami, yuk.

1.Dismenore primer

Dismenore primer adalah rasa sakit pada perut bagian bawah selama menstruasi yang disebabkan kontraksi kuat pada otot rahim. Rasa sakitnya biasanya terasa di perut bagian bawah. Namun kadang menjalar juga sampai ke punggung bawah dan dada.

Charm Girls mungkin akan merasakan sakit sekitar 1-2 hari sebelum datang bulan, bahkan bisa juga muncul selama menstruasi. Selain sakit perut bagian bawah, gejala lain yang mungkin kamu alami adalah mual, muntah, lemah, hingga diare.

2.Dismenore sekunder

Nah, kalau dismenore sekunder bisa jadi disebabkan hal lain yang lebih berbahaya. Nyeri menstruasi jenis ini bisa jadi disebabkan adanya masalah medis pada organ reproduksi kita.

Perbedaannya dengan dismenore primer, nyeri pada dismenore sekunder biasanya dimulai di awal siklus menstruasi. Rasa sakit tersebut lantas bisa terasa lebih lama dari kram menstruasi biasa. Selain itu, gak ada gejala lainnya.

Namun untungnya, nyeri karena dismenore sekunder biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia dan ketika sudah melahirkan anak pertama.

Pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah

Walaupun sudah biasa, tapi bukan berarti kita gak bisa melakukan apa-apa untuk cara mengatasi sakit perut bagian bawah saat haid. Berikut ini beberapa pengobatan alami sebagai cara mengatasi perut sakit saat haid yang bisa kamu lakukan di rumah.

1.Minum banyak air

Minum air lebih banyak dari biasanya untuk meredakan kembung selama menstruasi. Air mineral juga ternyata bisa mengurangi rasa sakit pada perut, loh. Lebih baik lagi kalau kamu minum air hangat agar aliran darahnya lebih lancar.

2.Konsumsi teh herbal

Banyak teh herbal yang dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan senyawa antispasmodik yang bisa mengurangi kejang otot di rahim. Misalnya, teh kamomil, adas, atau jahe.

3.Konsumsi makanan anti-inflamasi

Cobai makan makanan anti-inflamasi deh, selama menstruasi. Misalnya, buah-buahan kayak beri, tomat, nanas, atau rempah-rempah macam kunyit, jahe, bawang putih, atau sayuran hijau, kacang almond, kacang walnut, dan ikan berlemak macam salmon.

Makanan seperti itu katanya sih bisa meningkatkan aliran darah, melemaskan otot rahim, serta membantu mengurangi peradangan.

4.Kelola stres

Sebagai remaja yang kehidupannya penuh dengan drama, tentunya bukan hal mudah mengelola stres. Tapi beneran deh, stres itu bisa memperburuk nyeri haid! Mengatasi masalahnya mungkin sulit, tapi kamu bisa coba mengurangi rasa stresnya.

Gunakan teknik meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara lainnya yang cocok sama diri kamu untuk menghilangkan rasa stres berlebihan tersebut.

5.Kompres perut

Ini adalah salah satu cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama yang paling mudah. Kamu bisa gunakan handuk kecil yang dicelup ke air hangat atau dengan botol yang diisi air hangat.

Panas bisa membuat pembuluh darah melebar yang mempermudah aliran darah serta suplai oksigen mencapai daerah yang sakit. Rasa nyeri pun bisa berkurang drastis!

4.Kelola stres

Sebagai remaja yang kehidupannya penuh dengan drama, tentunya bukan hal mudah mengelola stres. Tapi beneran deh, stres itu bisa memperburuk nyeri haid! Mengatasi masalahnya mungkin sulit, tapi kamu bisa coba mengurangi rasa stresnya.

Gunakan teknik meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara lainnya yang cocok sama diri kamu untuk menghilangkan rasa stres berlebihan tersebut.

5.Kompres perut

Ini adalah salah satu cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama yang paling mudah. Kamu bisa gunakan handuk kecil yang dicelup ke air hangat atau dengan botol yang diisi air hangat.

Panas bisa membuat pembuluh darah melebar yang mempermudah aliran darah serta suplai oksigen mencapai daerah yang sakit. Rasa nyeri pun bisa berkurang drastis!

6.Aktif bergerak

Kalau haid lama dan nyeri perut bagian bawah, jangan dibawa lemas! Usahakan agar Charm Girls tetap aktif bergerak, seperti melakukan olahraga ringan, karena terbukti bisa mengurangi rasa sakit yang dialami.

7.Terapi pijat

Namanya dipijat, kapan sih gak enak? Hehehe. Apalagi saat sedang menstruasi, pijat seluruh tubuh atau bahkan berfokus pada perut aja bisa sangat mengurangi stres dan meredakan kram menstruasi, lho.

Kalau sakit di bawah perut saat haid sudah reda dan aliran darah menstruasi udah lancar, jangan lupa untuk memilih pembalut yang juga nyaman. Kamu bisa coba Charm Sleep Protect+ yang bisa melindungi kamu dari kebocoran di malam hari.

Namanya cairan lagi banyak-banyaknya, tentunya rasa khawatir akan kebocoran, khususnya pas lagi tidur bakal sangat mengganggu kamu. Nah, dengan Charm Sleep Protect+ yang merupakan pembalut berbentuk celana, bisa mencegah bocor dengan perlindungan penuh dari segala sisi.

Pakainya juga praktis banget, seperti menggunakan celana dalam! Oh iya, ini all size juga, lho. Semua pasti bisa pakai!

Kapan harus ke dokter?

Seperti yang tadi disebutkan, sakit dibawah perut saat haid adalah hal yang benar-benar normal. Namun, kamu wajib waspada kalau rasa sakit yang kamu alami sangat menyakitkan.

Misalnya, Charm Girls sampai susah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari saking sakitnya. Jika kram masih terus terjadi ketika datang bulan sudah selesai dan terjadi semakin sering, kamu juga wajib curiga. Apalagi kalau keluhan disertai juga dengan demam.

Lebih baik kamu langsung bilang ke orang tua dan lakukan konsultasi ke dokter, deh. Soalnya, itu bisa jadi ciri-ciri nyeri haid yang berbahaya. Supaya kalau ada apa-apa, bisa ditangani secara cepat dan tepat. Gak usah takut, ya!

Baca Juga Disini:

ketahui Inilah Dampak Tidak Menstruasi

Tahukah Penyebab Telat Haid 2 Bulan Tetapi Keputihan

Takut Banget Gak Sih Tidak Keputihan dan Telat Haid

kenapa saat haid perut bagian bawah sakit
Kenapa saat haid sakit perut bagian bawah
saat haid sakit perut bagian bawah
Komentar (73)
A

An
Anonymous
Makasih
3 months ago
Balas
An
Anonymous
Oke
3 months ago
An
Anonymous
Makasih
3 months ago
An
Anonymous
Makasih
3 months ago
An
Anonymous
Makasih
3 months ago
Avatar Profile Image
Aina Nurbaiti
Ya
3 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Avatar Profile Image
ujang surahman
mantap
3 months ago
An
Anonymous
Makasih
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Aina Nurbaiti
Ya
3 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Avatar Profile Image
ujang surahman
mantap
3 months ago
An
Anonymous
Makasih
3 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Aina Nurbaiti
Ok
3 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
wah bermanfaaat sekali artikelnya ya
3 months ago
Avatar Profile Image
ujang surahman
mantap
3 months ago
floating-icon