Kembali

Girl's Life

Periode Menstruasi Tidak Teratur, Apakah Tetap Bisa Hamil?

Periode Menstruasi Tidak Teratur, Apakah Tetap Bisa Hamil?


Periode menstruasi setiap perempuan kadang bisa teratur dan bisa pula berubah-ubah dari waktu ke waktu. Karena periode menstruasi berkaitan sama kesuburan, banyak orang jadi khawatir bakal susah hamil kalau haidnya sering nggak teratur.

Sebetulnya gimana sih, cara menghitung periode haid? Terus kalau periode haid tidak teratur, apakah seseorang tetap bisa hamil?

Cara menghitung periode menstruasi

Menstruasi adalah luruhnya lapisan dinding rahim yang menyebabkan darah keluar dari vagina. Untuk bisa mengalami menstruasi, tubuh kamu bakal melewati serangkaian proses yang panjang. Proses panjang ini kita sebut sebagai siklus menstruasi.

Siklus menstruasi dimulai sejak hari pertama kamu mengalami menstruasi. Rata-rata, siklus menstruasi seseorang adalah 28 hari. Tapi, ada juga yang punya siklus selama 21 sampai 35 hari. Namun kembali lagi, setiap orang memiliki siklus yang berbeda. Baiknya kamu mencatat siklusmu sendiri ya, Charm Girls! Jika siklus bergerak maju atau mundur pada bulan tertentu, itu wajar kok, banyak hal yang memengaruhi seperti hormon, berat badan, dan lainnya. Jadi jangan khawatir dulu ya!

Periode Menstruasi Tidak Teratur, Apakah Tetap Bisa Hamil?
Perhatikan periode menstruasi kamu

Sementara itu, periode menstruasi adalah seberapa lama kamu mengalami menstruasi. Rentangnya juga macam-macam, dari 3 sampai 8 hari. Tapi, haid biasanya berlangsung selama lima hari dan darah paling banyak keluar selama dua hari pertama.

Selama satu siklus ini, kamu bakal melewati fase-fase berikut.

1. Fase menstruasi

Ini merupakan fase ketika lapisan dinding rahim luruh sehingga terjadilah menstruasi. Kalau hari pertama haid kamu jatuh pada tanggal 1 November, artinya ini adalah hari pertama siklus menstruasi kamu.

2. Fase folikuler

Fase ini biasanya berlangsung di hari ke-6 sampai ke-14. Misalnya periode menstruasi kamu lima hari, berarti fase folikuler kamu dimulai pada tanggal 6 November. Selama fase ini, hormon estrogen naik dan dinding rahim menebal buat persiapan kehamilan.

3. Ovulasi

Fase ovulasi kira-kira terjadi pada hari ke-14 (pada siklus haid 28 hari). Jadi, fase ini mungkin jatuh di tanggal 14 November. Saat ovulasi, ovarium bakal melepaskan sel telur. Sel telur lalu bergerak ke tuba falopi dan menunggu untuk dibuahi oleh sperma.

4. Fase luteal

Fase ini juga biasa disebut dengan masa subur, biasa terjadi sekitar 2 minggu sejak hari pertama menstruasi di bulan tersebut. Kalau hari pertama haid kamu adalah tanggal 1 November, fase ini mungkin bakal jatuh di tanggal 15 - 28 November. Kalau sel telur dibuahi, bakal terjadi kehamilan. Tapi kalau nggak, dinding rahim yang tadinya tebal bakal luruh dan terjadilah menstruasi.

Periode Menstruasi Tidak Teratur, Apakah Tetap Bisa Hamil?
Siklus menstruasi

Jika periode haid tidak teratur, apakah bisa hamil?

Periode menstruasi memang berkaitan sama fungsi reproduksi. Tapi, ini bukan penentu apakah seseorang bisa hamil, Charm Girls. Kemampuan untuk hamil itu berkaitan sama proses pelepasan sel telur dari ovarium, alias ovulasi.

Orang-orang yang periode haidnya nggak teratur biasanya tetap mengalami ovulasi, tapi memang jadwalnya aja yang nggak bisa diprediksi. Jadi, Charm Girls nggak perlu panik ya, kalau periode menstruasinya sering berubah.

Mungkin bakal lebih susah buat kamu memprediksi kapan masa ovulasi datang. Karena ini juga, banyak perempuan nggak sadar bahwa dirinya hamil. Tapi, secara umum ini bukan sesuatu yang berbahaya, kok. Charm Girls bisa juga menggunakan alat tes ovulasi untuk memastikan kondisi atau juga konsul langsung ke dokter.

Selama nggak ada gejala yang muncul saat menstruasi, periode yang berubah-ubah itu wajar banget. Tapi, jika saat haid kamu merasa nyeri, mencium bau yang nggak sedap, atau melihat perubahan nggak wajar pada darah haid, ini bisa jadi tanda infeksi bakteri.

Kadang-kadang, infeksi bakteri di area kewanitaan bisa berasal dari pemakaian produk kewanitaan yang nggak terjaga kebersihannya. Charm Girls bisa mencegah ini lewat beberapa cara, misalnya memakai pembalut herbal mengandung antiseptik alami.

Charm Herbal Ansept+ hadir dengan formulasi daun sirih plus herbal pilihan yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, memberikan rasa bersih, serta mengurangi gatal dan masalah bau saat menstruasi. Dengan begitu, area kewanitaan pun sehat dan terawat. Dan hal sederhana tapi sering terlewatkan adalah mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali, jangan lupa ya, Charm Girls!

Jadi Bye Bau, Bye Panic! Yuk, jadi lebih percaya diri bersama Charm sehingga Tak Ada Momen Terlewatkan!

charm
pembalut charm
periode haid
cara menghitung periode haid
periode haid tidak teratur
periode haid tidak teratur apakah bisa hamil
Komentar (30)
A

Sy
Syamzakiah
Waahh artikelnya membantu bgt, jd tau deh knp siklus haid g teratur. Terima kasih infonya
14 days ago
Balas
Ii
Iindut
artikel yang sangat bermanfaat menambah wawasan, terima kasih infonya
14 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Iamguntara
Haaaa artikel ini sangat membantu diriku ini
14 days ago
Balas