Kembali

Girl's Life

Takut banget gak sih tidak keputihan dan telat haid?

Takut banget gak sih tidak keputihan dan telat haid?


Penjelasan tentang keputihan?

Kerap kali kita merasa fenomena saat haid ya Charm Girls, bukan hanya nyeri atau merasa mood yang naik turun. Tapi ada juga fenomena saat haid tak kunjung datang tapi.

Perlu kalian ketahui nih, kalau periode menstruasi setiap perempuan kadang bisa teratur dan bisa pula berubah-ubah. Karena periode menstruasi berkaitan sama kesuburan dan beberapa kondisi lainnya, ada yang merasa keputihan tetapi haid lancar ada juga yang tidak keputihan dan telat haid.

Siklus menstruasi itu dimulai sejak hari pertama seseorang mengalami menstruasi. Rata-rata, siklus menstruasi adalah 28 hari, namun ada juga yang punya siklus selama 21 sampai 35 hari. Namun kembali lagi, setiap orang memiliki siklus yang berbeda ya Charm Girls. Haid tidak teratur, siklus yang bergerak maju atau mundur di bulan-bulan tertentu itu hal yang wajar karena tubuh terpengaruh banyak hal. Jadi jangan khawatir dulu ya Charm Girls tetapi tetap perhatikan kondisi kesehatan kalian.

Maka dari itu, penting juga untuk tahu batas telat haid dan kapan harus menemui dokter, apalagi disertai

Biasanya perempuan jadi bertanya-tanya saat keputihan dan telat haid, namun ada juga  kondisi yang terjadi saat tidak keputihan dan juga terlambat haid..

Keputihan adalah proses keluarnya lendir atau cairan dari vagina, yang juga disebut sebagai vaginal discharge. Keputihan itu mekanisme tubuh untuk menjaga kebersihan dan melembabkan area kewanitaan Charm Girls.

Cairan yang dihasilkan keputihan membawa sel mati dan bakteri yang bisa sebabkan infeksi dalam organ reproduksi. Namun Charm Girls, keputihan dapat jadi indikator terjadinya infeksi jamur dan bakteri pada area kewanitaan.
 

Kemudian apakah telat haid menyebabkan tidak muncul keputihan? 

Perlu kalian ketahui Charm Girls, bahwa biasanya haid yang tidak teratur atau terlambat terjadi pada tahun pertama seorang perempuan masuk masa pubertas, yang diakibatkan karena kondisi hormon yang tak seimbang.  

Nah Charm Girls, banyak perempuan merasa lega karena tak mengalami keputihan. Padahal, keputihan adalah satu mekanisme pertahanan tubuh loh. Keputihan yang keluar banyak selama masa subur lalu berhenti dan keluar lagi di masa subur itu dikatakan normal.

Namun jika perempuan sama sekali tidak mengalami keputihan justru jadi tidak normal dan mempengaruhi siklus haid pertama haid dan memiliki gangguan hormon.

Keputihan yang normal itu tidak gatal, berwarna bening dan jumlahnya tak terlalu  banyak. Kemudian cairan keputihan biasanya keluar pada masa subur. 

Namun jika keputihan justru keluar di luar tanggal atau masa subur Charm Girls, maka bisa dikategorikan tidak norma. Hal ini bisa dipicu karena kelelahan, bakteri, jamur atau parasit. Kondisi ini bisa jadi penanda soal telat haid tapi tidak keputihan.

Selain itu Charm Girls, kondisi tidak mengalami keputihan bisa jadi disebabkan oleh gangguan hormon atau gangguan pada siklus menstruasi. Misalnya jika terus-terusan haid selama dua bulan tanpa henti, sehingga tidak ada kesempatan untuk keluarnya keputihan. Penyebab haid yang tidak kunjung berhenti bisa disebabkan oleh mioma, polip, bahkan kanker, ini juga jadi indikasi haid tidak teratur.

Jika Charm Girls merasa telat haid dan tidak ada keputihan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter terkait kondisi ini, jangan lakukan diagnosis dan pengobatan sendiri.

masalahnya tanpa konsultasi dengan dokter.

Siklus menstruasi biasa seperti jarum jam namun bisa juga mengalami perubahan, contohnya adalah saat Charm Girls alami menstruasi pada waktu yang tidak terduga, atau jika punya masa menstruasi lebih dari 45 hari di antara periode.

Sedangkan haid yang tidak teratur perlu memperhatikan siklus menstruasi yang bervariasi. Nah menstruasi dikatakan terlambat setidaknya 30 hari sejak awal periode terakhir, jika sudah enam minggu tidak menstruasi, maka itu menjadi menstruasi yang terlewat ya Charm Girls.

Perlu Charm Girls ketahui juga bila haid yang tidak teratur mengindikasikan kondisi menstruasi yang tidak normal. Ada beberapa jenis yakni

-Amenorrhea adalah tidak adanya menstruasi selama 3 bulan berturut-turut

-Polymenorrhea adalah siklus menstruasi yang berlangsung kurang dari 21 hari

-Oligomenorea, siklus menstruasi lebih lama atau tidak haid lebih dari 35 hari, tetapi kurang dari 90 hari

-Dismenore itu sakit perut yang parah atau kram saat menstruasi

-Pendarahan rahim yang tak normal, yakni kondisi yang meliputi banyaknya perdarahan menstruasi.

Segala kondisi kesehatan organ reproduksi jadi hal penting untuk dijaga. Charm Girls juga perlu ubah gaya hidup supaya merasa lebih sehat dan kelola stres dengan baik, bisa dengan me time, quality time atau belajar hobby baru Charm Girls. Jangan lupa juga lakukan pemeriksaan organ reproduksi secara rutin dan perhatikan perubahan-perubahan diri.

Telat haid dan tidak ada keputihan
telat haid tapi tidak keputihan
Komentar (114)
A

An
Anonymous
Terimakasih informasinya.
4 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
infonya bermanfaat ya
4 months ago
An
Anonymous
thx
4 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
infonya bermanfaat ya
4 months ago
Avatar Profile Image
barjal soa
infonya bermanfaat ya
4 months ago
An
Anonymous
Baru tau kalau flek sesudah masa haid itu jadi pertanda masa subur
4 months ago
Balas
Avatar Profile Image
barjal soa
infonya bermanfaat ya
4 months ago
floating-icon