Kembali

Girl's Life

Makanan Penyebab Penebalan Dinding Rahim, Apa Aja ya?

Makanan Penyebab Penebalan Dinding Rahim, Apa Aja ya?


Penebalan dinding rahim sebenarnya adalah hal normal yang bakal dialami setiap perempuan. Hal ini menjadi bagian dari siklus menstruasi, di mana lapisan endometrium atau dinding rahim akan menebal.

Ini merupakan cara tubuh mempersiapkan kehamilan. Namun, jika pembuahan tidak terjadi, maka pembuluh darah serta jaringan yang menebal di dinding rahim bakal luruh sebagai menstruasi.

Namun, ada beberapa wanita yang mengalami penebalan dinding rahim yang abnormal. Kondisi ini disebut endometriosis atau endometrium, di mana fungsi jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh di dalam rahim, justru tumbuh di luar rahim.

Nah, kondisi inilah yang berbahaya, Charm Girls. Soalnya, endometriosis bisa menyebabkan nyeri hebat saat menstruasi, juga saat buang air besar, kencing, hingga ketika berhubungan badan.

Makanya, banyak perempuan yang mencari tahu cara mengobati endometriosis, tak hanya melalui obat tapi juga menghindari makanan penyebab penebalan dinding rahim.

Makanan yang harus dihindari untuk kesehatan rahim

Banyak yang bilang, kalau pola makan yang tepat memang bisa jadi salah satu cara mengobati endometriosis. Namun sebenarnya, belum ada penelitian yang menyebutkan makanan khusus yang bisa menyebabkan atau mencegah penebalan dinding rahim abnormal.

Walaupun begitu, memang ada beberapa jenis makanan yang terbukti bisa memicu dan meringankan gejala endometriosis pada wanita. Lantas, apa saja makanan tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

1.Makanan mengandung lemak trans tinggi

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, bagi wanita yang mengonsumsi banyak makanan mengandung lemak trans tinggi, ternyata berisiko lebih tinggi mengalami endometriosis, lho.

Makanan yang mengandung lemak trans tinggi misalnya aneka gorengan, makanan olahan, dan juga makanan cepat saji.

2. Daging merah

Menghindari daging merah sebagai pantangan makanan penebalan dinding rahim mungkin memang cukup sulit. Apalagi buat kamu pecinta daging.

Namun ternyata, daging merah mengandung lemak yang tinggi. Nah, kadar lemak tinggi dalam tubuh ternyata bisa membuat kadar estrogen yang diproduksi oleh tubuh juga semakin tinggi yang justru bisa menyebabkan penebalan dinding rahim yang tidak normal. 

Apalagi, kalau Charm Girls sudah mengalami endometriosis, daging merah justru bisa memperparah kondisi peradangan yang disebabkan oleh penyakit itu. 

3.Makanan mengandung gluten

Makanan yang mengandung gluten adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian seperti roti, kue, dan lain-lain.

Ternyata, menurut studi penelitian mengungkap kalau 75% dari 207 perempuan dengan endometriosis mengaku mengalami penurunan rasa sakit setelah menjalani diet bebas gluten.

4. Minuman beralkohol

Bukan rahasia kalau minuman beralkohol memang sangat berbahaya buat tubuh. Ternyata, alkohol juga termasuk salah satu makanan penyebab penebalan dinding rahim, lho.

Pasalnya, alkohol juga bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh dan juga meningkatkan risiko peradangan yang terkait dengan endometriosis. Jadi, Charm Girls masih mau coba minuman beralkohol?

5. Kafein

Terakhir, adalah kafein. Buat Charm Girls yang sudah kuliah atau bekerja mungkin merasa sulit lepas dari kopi dan teh tinggi kafein, nih. Namun ternyata, kafein juga bisa meningkatkan risiko penebalan dinding rahim abnormal, lho.

Kafein juga meningkatkan produksi hormon estrogen dalam tubuh. Makanya, lebih baik Charm Girls coba mengurangi konsumsi kafein sedikit demi sedikit, ya.

Oh iya, satu yang perlu diingat nih, Charm Girls. Dalam fase menstruasi ada berbagai makanan yang harus dihindari untuk kesehatan rahim di atas memang mungkin bisa meredakan gejala yang terjadi. Namun, tidak serta bisa menyembuhkan endometriosis yang kamu alami, ya.

Kamu bakal tetap membutuhkan pengobatan lanjutan, seperti konsumsi obat-obatan, terapi hormon, hingga operasi.

Mending makan makanan kayak gini aja! 

Tenang-tenang, walaupun Charm Girls melakukan larangan makanan endometriosis, bukan berarti kamu gak bisa makan enak lagi. Masih banyak banget pilihan makanan sehat yang bisa membantu mengatasi peradangan dan mengurangi gejala endometriosis.

Berikut ini beberapa makanan untuk endometriosis:

1.  Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat bisa membantu menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Beberapa makanan tinggi serat yang bisa kamu pertimbangkan adalah; sayur-sayuran, buah-buahan, biji gandum utuh, oatmeal, lentil, dan kacang-kacangan.

2.Makanan kaya zat besi

Penebalan dinding rahim abnormal salah satunya bisa menyebabkan pendarahan hebat. Karena itu, Charm Girls mungkin akan mengalami kehilangan banyak zat besi.

Untuk mengganti asupan zat besi yang hilang itu, kamu membutuhkan berbagai makanan kaya akan zat besi nih. Beberapa di antaranya adalah sayuran hijau seperti brokoli, biji-bijian, kacang-kacangan seperti kacang merah, dan juga kacang almond.

3. Makanan kaya asam lemak omega-3

Makanan kaya asam lemak omega-3 memang terkenal punya berjuta manfaat buat tubuh. Salah satunya karena memiliki sifat anti-radang yang bisa meringankan nyeri pada penderita endometriosis.

Beberapa makanan asam lemak omega-3 diantaranya adalah bayam, tiram, salmon, ikan sarden, ikan tuna, walnut, chia seed, flax seed, minyak flax seed, dan minyak ikan.

4. Makanan kaya akan antioksidan

Terakhir, ada makanan kaya akan antioksidan dipercaya bisa melawan peradangan terkait endometriosis. Penting bagi penderita endometriosis untuk meningkatkan antioksidan tubuh dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung selenium serta vitamin A, C, dan E.

Mulai dari ubi, hati ayam, bayam, wortel, blewah, mangga, jeruk, buah beri, buah bit, dark chocolate, almond, hingga biji bunga matahari.

Selain menghindari berbagai pantangan makanan penebalan dinding rahim dan mengonsumsi makanan yang lebih sehat di atas, penting juga buat penderita endometriosis untuk melakukan pola hidup sehat lainnya.

Jangan lupa rutin berolahraga, minum banyak air putih, dan istirahat yang cukup, ya. Pastikan juga Charm Girls sudah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan yang lebih tepat terkait penebalan dinding rahim abnormal yang kamu derita.

Lalu, jika Charm Girls sedang mengalami pendarahan hebat akibat endometriosis ketika menstruasi, bisa juga menggunakan pembalut Charm Extra Comfort Maxi yang memberikan kenyamanan sempurna, bikin kamu selalu percaya diri.

Charm Girls gak perlu lagi takut bocor karena pembalut Charm Extra Comfort Maxi sudah memiliki pori serap extra, double block line yang mencegah bocor belakang, serta ketebalan yang pas agar kamu bisa tetap merasa nyaman sekaligus aman ketika beraktivitas. 

Kamu pun bisa memilih antara varian Wing 23 cm, Non Wing 23 cm, Wing 26 cm, dan Non Wing 26 cm demi kenyamanan maksimal. Gak ada lagi deh, takut bocor selama menstruasi menyerang. 

Baca Juga Disini:

Chagiya ini Rahasia Cara Atasi Sakit Kepala Saat Haid

Saat Menstruasi Kok Lemas Terus Ini Cara Agar Tidak Ngantuk

Apa itu Skizofrenia Yuk Cari Tahu Gejala Penyebab dan Pengobatannya

 

pantangan makanan penebalan dinding rahim
makanan yang harus dihindari untuk kesehatan rahim
makanan penyebab penebalan dinding rahim
Komentar (29)
A

An
Anonymous
Ok
4 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
4 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
4 months ago
Balas
floating-icon