Kembali

Girl's Life

Gimana ya, Cara Menghitung Kebutuhan Cairan?

Gimana ya, Cara Menghitung Kebutuhan Cairan?


Cara menghitung kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk kita ketahui agar bisa memenuhinya, Charm Girls. 

Seperti yang kita ketahui, kita sangat memerlukan cairan untuk berbagai fungsi tubuh. Mulai dari metabolisme, fungsi pencernaan, fungsi sel, pengaturan suhu, pelarutan berbagai reaksi biokimia, pelumas, hingga pengaturan komposisi elektrolit. 

Apalagi, sebagian besar tubuh kita itu sebenarnya terdiri dari air, sehingga gak heran kalau setiap fungsi dalam tubuh sangat bergantung pada keberadaan air. Mulai dari sel, organ, jaringan, dan semuanya sangat membutuhkan air untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil.

Air bahkan juga berfungsi sebagai pelumas untuk tulang belakang, serta melindungi persendian kita, lho. Gak salah kan, kalau orang tua sering mengingatkan kita untuk jangan kurang minum tiap hari? hehehe.

Jika kita sampai kekurangan cairan alias dehidrasi, semua fungsi dalam tubuh kita akan terhambat. Makanya, penting banget untuk tahu seperti apa perhitungan kebutuhan cairan yang benar.

Cara menghitung cairan dalam tubuh

Cara menghitung cairan tubuh yang dibutuhkan setiap orang itu berbeda-beda, Charm Girls. Semuanya bergantung pada berat badan tubuh orang tersebut. Selain itu, kebutuhan cairan orang dewasa dan anak-anak pun berbeda, ya.

1.Cara menghitung kebutuhan cairan tubuh anak

Untuk cara menghitung cairan tubuh yang dibutuhkan anak, harus tergantung pada berat badan anak itu sendiri. Serta kondisi tubuhnya seperti apa, usianya berapa, jenis kelamin, suhu lingkungan, jenis makanan yang dikonsumsi, hingga jenis aktivitas yang dilakukan.

Semakin besar anak, dan semakin aktif kegiatannya, maka semakin banyak pula jumlah air yang harus dikonsumsi setiap harinya. Ini harus diperhatikan banget ya, khususnya buat Charm Girls yang aktif banget kegiatannya di sekolah.

Namun, secara garis besar perhitungan kebutuhan cairan bisa dilakukan seperti ini:

10 kilogram pertama, kebutuhannya 1000 ml atau 1 liter kebutuhan cairan. Lalu untuk setiap kilogram selanjutnya, kebutuhannya adalah 50 ml cairan. Misalnya, berat badan adikmu yang masih kecil adalah 20 kg, begini perhitungannya;

10 kg pertama berat badan = 1 liter kebutuhan air

10 kg kedua berat badan = 

50 ml x 10 kg = 500 ml

Jadi, total kebutuhan cairan anak dengan berat badan 20 kg adalah 1.500 ml atau 1,5 liter.

2. Cara menghitung kebutuhan cairan tubuh orang dewasa

Nah, untuk mengetahui perhitungan kebutuhan cairan orang dewasa tentu saja berbeda lagi. Perhitungannya adalah 10 kg pertama berat badan, tetap butuh 1 liter cairan. Lalu, 10 kg berat badan kedua butuh 500 ml. Baru deh, sisanya membutuhkan 20 ml cairan per kilogram.

Misalnya, jika kamu memiliki berat badan 50 kg;

10 kg pertama berat badan = 1 liter

10 kg kedua berat badan = 500 ml

Sisanya, 50 – 10 – 10 = 30 kg x 20 ml = 600 ml

Jadi, kebutuhan cairan orang dewasa dengan berat badan 50 kg adalah 1000 ml + 500 ml + 600 ml = 2.100 ml atau 2,1 liter per hari.

Kamu harus minum lebih banyak air!

Eits, perhitungan di atas tidaklah pasti dan berlaku untuk semua orang, ya. Itu hanya sekadar rumus dasar saja yang bisa membantu kamu mengetahui jumlah minimal cairan yang harus masuk ke dalam tubuh setiap harinya.

Namun, ada beberapa faktor lain yang memungkinkan Charm Girls untuk mengonsumsi lebih banyak air dari standar. Misalnya, tinggal di cuaca yang panas, melakukan aktivitas fisik berat setiap hari (jadi atlet misalnya), sedang hamil atau menyusui, dan juga kondisi kesehatan tertentu.

Jika kamu sedang sakit demam, muntah, dan diare misalnya, kamu berisiko mengalami dehidrasi karena cairan tubuh terus menerus keluar dalam jumlah banyak. Makanya, salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum lebih banyak air.

Jika sudah begitu, artinya cara menghitung cairan tubuh di atas tidak lagi berlaku ya, Charm Girls.

Eh, satu lagi nih. Kalau kamu lagi mens, menstruasi adalah perdarahan normal dari vagina akibat luruhnya lapisan rahim dan mengalami nyeri haid yang cukup hebat, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya dengan minum air putih hangat, lho.

Yap, minum air hangat biasa sudah cukup efektif untuk mengurangi rasa perut kembung, kram, dan dehidrasi yang jadi masalah utama saat menstruasi.

Air hangat bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengendurkan otot yang tegang, jadinya kram akibat kontraksi di rahim pun bakal lebih ringan, lho.

Berkeringat saat udara panas juga bisa membuat menstruasi jadi gak nyaman. Tapi ada solusinya nih, Charm Girls bisa coba menggunakan pembalut Charm Cooling Fresh! Pembalut dengan sensasi dingin menyegarkan dari ekstrak daun mint yang mengurangi gerah dan lembab pada area miss v.

Pembalut Charm Cooling Fresh juga punya kemampuan serap maksimal dengan pori serap extra, cegah bocor meski sedang banyak-banyaknya. Jangan khawatir, buat cewek-cewek aktif kayak kita, pembalut ini juga tebalnya pas dan tidak mengganjal. Bikin nyaman maksimal!

Tersedia 3 varian berbeda, yakni Charm Cooling Fresh Wing 23 cm, Non-Wing 23 cm, dan Wing 26 cm yang bisa kamu pilih sesuai selera. Tersedia pula varian pembalut malamnya dengan varian Wing 29 cm, Wing 35 cm, dan Wing 42 cm. Gak perlu takut bocor dan kegerahan, baik pagi atau pun malam.

Sudah tahu cara menghitung kebutuhan cairan tubuh per harinya? Sudah tahu cara mengatasi kram perut saat haid? Sudah tahu harus pilih pembalut yang mana? 

Kalau gitu, kamu sudah siap nih, menghadapi menstruasi. Tetap semangat dan sehat ya, Charm Girls!

Baca Juga Disini: 

Jangan Takut Kalau Kamu Belum Juga Haid Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gimana Sih Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat di Sekolah

Kalau Darah Haid Berwarna Coklat dan Berlendir Apa Artinya

cara menghitung cairan tubuh
menghitung kebutuhan cairan
perhitungan kebutuhan cairan
cara menghitung kebutuhan cairan
Komentar (17)
A

Na
Narsih
Oke
22 days ago
Balas
Na
Narsih
Info bagus
22 days ago
Balas
Na
Narsih
Kerem
22 days ago
Balas
floating-icon