Kembali

Love Self, Family and Friends

Jangan Pendam Sendirian. Ini Tempat Terbaik untuk Curhat

Jangan Pendam Sendirian. Ini Tempat Terbaik untuk Curhat


Kesehatan yang perlu dijaga bukan hanya fisik saja. Charm Girls pasti tak asing lagi dengan istilah mental health atau kesehatan mental, di usia remaja berbagai macam pemikiran mulai berkecamuk, mulai dari percintaan, pelajaran sekolah, masalah dengan teman dekat atau  pacar, hubungan dengan orangtua, masalah dengan teman hingga soal cita-cita. Kadang hal ini yang membuat kita mencari-cari di mana ya tempat curhat terbaik.

Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa efek stres pada remaja bisa berupa merasa lelah, mengalami kesulitan tidur, makan berlebihan, sakit kepala, sakit dan nyeri di leher dan bahu, sakit perut. Sedangkan efek pada perasaan adalah perasaan sedih, cemas, khawatir, menjadi mudah marah, mudah kehilangan kesabaran, sulit berkonsentrasi untuk pelajaran sekolah.

Ada cara untuk mengatasi hal yang memperburuk rasa stres, salah satunya dengan curhat, nah Charm Girls, apa sih sebenarnya curhat itu dan fungsinya?

Secara bahasa curhat adalah curahan hati merupakan antonim saat satu orang mencoba untuk menceritakan sesuatu kepada orang lain. Nah orang lain di sini adalah orang yang bisa kamu rasa nyaman dan percaya ya Charm Girls, bisa itu ibu atau ayah, kakak atau adik, kekasih atau sahabat atau bahkan professional yang memang menangani masalah gangguan kesehatan mental seperti psikolog. 

Curhat dengan orang lain bisa memberikan manfaat, mulai dari rasa tenang, tidak sendirian, merasa dapat dukungan orang sekitar, membuat kondisi tak jadi lebih buruk, menemukan bantuan atau perawatan tepat terkait masalah atau pemantik yang membuat stres. 

Saat ini banyak pilihan mendapat tempat curhat terbaik, bisa melalui konsultasi atau pada orang terdekat, tetapi ada juga pilihan lain yakni melalui aplikasi. Di tengah gempuran kemajuan teknologi banyak manfaat yang diberikan untuk memudahkan manusia, salah satunya sebagai tempat curhat.

Rekomendasi aplikasi curhat online

Charm Girls, apakah kamu merasa jika dulu isu kesehatan mental jadi sesuatu yang tabu untuk dibicarakan, namun nyatanya banyak orang yang butuh bantuan untuk didengarkan dan merasa lebih baik dengan menceritakan masalahnya yang membuat stres.

Kini, kamu bisa mengandalkan berbagai aplikasi tempat curhat yang bisa diakses melalui gadget, tak sedikit yang gratis namun ada juga yang memberikan layanan berbayar dengan berbagai macam pilihan fitur.

1.  Riliv

Saat membuka situsnya, Riliv memberikan penawaran solusi terbaik kembalikan senyum bahagia. Jadi ruang aman dan nyaman untuk bercerita, Riliv berikan psikolog profesional yang siap jadi tempat curhat.

Riliv menghadirkan platform curhat lewat teks dengan smartphone dengan bantuan profesional. Kamu bisa memilih jenis layanan dan topik konseling dan kemudian memilih paket ada yang melalui call atau video call dengan biaya yang berbeda-beda juga.

2.  Ibunda.id

Ibunda.id memberikan layanan curhat dengan beberapa pilihan, mulai dari e-counseling, counseling corner atau tatap muka, atau couple counseling. Pertama kamu bisa pilih psikolog, isi informasi awal dan mulai konseling atau curhat. Ingat ya Charm Girls, semua orang berhak sehat mental.

3.  Psikologimu

Psikologimu adalah aplikasi curhat yang bisa didownload dari app store atau google play. Kamu bisa curhat dengan pilihan psikolog yang sudah berpengalaman dibidangnya menangani kesehatan mental.

 4. Bicarakan.id

Tempat curhat untuk kesehatan mental ini bisa diakses melalui website atau mendownload aplikasinya di handphone. Charm Girls bisa curhat dengan menjadwalkan konseling usai memilih psikolog mana yang dirasa cocok dari pilihan yang ada dan  sesuai topik yang ingin diceritakan. Ada pilihan konseling online dengan harga Rp189 ribu per orang atau Rp249 ribu bersama pasangan atau konseling offline di Rumah Bicara, Jakarta Pusat dengan biaya per orang Rp399 ribu per jama dan pasangan Rp 599 ribu per jam.

 Manfaat curhat untuk kesehatan mental

Kesehatan mental jadi sesuatu yang berharga. Curhat bisa membantu Charm Girls untuk meringankan beban pikiran loh. Manusia adalah makhluk sosial yang perlu teman bicara hal ini juga diperlukan untuk membagikan perasaan dan pemikiran apalagi yang sampai membuat mumet tak karuan.

Curhat tak selalu harus dilakukan saat stres loh ternyata, hal ini juga bisa dilakukan justru untuk mencegah datangnya stres Charm Girls, perasaan yang tadinya hampir bete tapi usai cerita jadi lega dan cerita. Beban jadi berkurang dan mencegah kecemasan datang berlebih.

Curhat juga bisa jadi dukungan emosional, seseorang jadi merasa didengar atau diakui keberadaannya. Cerita pada seseorang juga bisa membuat kamu merasa divalidasi perasaannya jadi tidak terisolasi sendiri.

Dari curhat juga kamu bisa mendapat solusi dan bahkan membangun mekanisme bertahan yang baik dari stres, dukungan sosial bisa menolong seseorang untuk bertahan dan menciptakan perubahan dalam hidup. Jadi yuk mulai ceritakan keluh kesahmu, jangan dipendam sendiri ya Charm Girls, ayo terus sayangi diri sendiri dan jangan merasa sendiri!

Baca Juga Disini : 

Mempersiapkan Mental dan Diri Sendiri

Pentingnya Kesehatan Mental Sehak Awal Untuk Remaja

Perubahan Emosi Menjelang Masa Menstruasi Fakta atau Mitos

tempat curhat terbaik
aplikasi tempat curhat
tempat curhat
Komentar (102)
A

Avatar Profile Image
Azhar Eriana Agustin
wah aku baru tahu kalo sekarang ada platform tempat kita urhat gitu, menarik deh. lebih menarik kalo semuanya gratis tuh hihi. kalo gratis boleh dicoba karena kalo curhat ke orang yang salah beuh bisa-bisa ember tuh
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Ada tempat curhatnya.
6 months ago
Balas
NA
Novia Ananda
Thanks
6 months ago
Balas
floating-icon