Kembali

Girl's Life

Bestie, Kenali Perubahan Sifat Wanita PMS Itu Seperti Apa

Bestie, Kenali Perubahan Sifat Wanita PMS Itu Seperti Apa


Charm Girls, jangan bingung ya kalau kamu merasa dirimu mengalami berbagai perubahan sifat wanita PMS. Semua itu normal kok, hampir setiap cewek yang lagi PMS mengalaminya.

Buat yang belum tahu PMS itu apa sih? PMS adalah singkatan dari Premenstrual Syndrome, sebuah momen di mana para wanita bakal memasuki masa menstruasi atau haid. PMS biasanya muncul sekitar 1-2 minggu sebelum waktu menstruasi. Di momen inilah wanita banyak mengalami gejala fisik, psikologi, emosi, termasuk juga jadi sensitif banget!

Terus kenapa wanita sensitif saat PMS sih? Alasannya, ada perubahan hormon yang terjadi pada diri kita. Pada siklus menstruasi, ada masa-masa di mana kadar hormon estrogen dan progesteron naik. Hal inilah yang bisa memicu perubahan sifat serta suasana hati wanita.

Nah, biar nggak kaget saat momen PMS datang, kamu bisa simak dulu beberapa perubahan sifat wanita PMS berikut ini. Biar bisa siap-siap!

1. Mood swing

Ini nih yang paling bikin bingung pacar-pacar kita. Perubahan suasana hati pada wanita yang sedang PMS benar-benar nggak bisa diprediksi. Kita bakalan sulit mengontrol perasaan. Bisa aja di satu waktu kita lagi senang, terus beberapa menit kemudian kita jadi sedih dan mellow banget. 

Penyebabnya bisa apa pun, misalnya pembicaraan yang kurang enak, suhu yang tiba-tiba jadi panas banget, atau bahkan karena sekadar ada tingkah teman yang bikin kesel. Capek deh rasanya!

2. Supersensitif

Dalam keadaan biasa aja cewek sudah jadi makhluk yang sensitif nih Charm Girls. Nah, pas lagi PMS bisa lebih parah lagi. Kita bakal cenderung mudah tersinggung bahkan oleh perkataan yang biasa aja atau sekadar lelucon konyol biasa.

3. Mudah emosi

Selain mudah tersinggung dan kecewa, ciri wanita PMS lainnya adalah kita jadi lebih gampang emosian. Rasa marahmu akan lebih mudah terpantik bahkan karena masalah sepele. Hal-hal yang biasanya enggak mengganggu kamu juga bakal terasa annoying banget deh.

Saking gampang emosiannya, banyak yang menganggap kalau cewek PMS jauh lebih galak daripada singa di hutan. Duh, bener nggak tuh?

4. Melankolis

Sebagian cewek mungkin merasa mudah marah dan tersinggung, tapi banyak juga lho yang merasa melankolis. Enggak jarang cewek bakal mudah menangis ketika harus menghadapi situasi atau keadaan yang sebenarnya sih enggak berat-berat amat. 

Rasanya, air mata bakal langsung menetes aja gitu. Tenang aja, bukan tanpa alasan karena hal itu lumrah banget kok buat wanita saat PMS.

5. Sulit berkonsentrasi

Salah satu efek lagi PMS pada beberapa wanita adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Buat kamu yang mengalaminya, mungkin akan sering merasa kelelahan dan berat melakukan berbagai aktivitas.

Saking lelahnya tubuh, enggak jarang cewek yang lagi PMS juga jadi sulit berkonsentrasi dan nggak nyambung saat diajak bicara. Jadi, bukan karena telmi ya Charm Girls!

6. Gampang lupa

Anemia yang dirasakan wanita yang lagi PMS juga kadang menyebabkan kita jadi mudah lupa lho. Waduh, udah memang awalnya pelupa terus jadi lebih gampang lupa gawat juga ya. 

7. Posesif

Sifat wanita PMS lainnya adalah jadi lebih posesif. Buat yang udah punya pasangan kemungkinan bakal merasa kangen terus sama pacar. Bawaannya ingin nempel terus! 

Kalau doi kurang perhatian, ya kita bakal melakukan berbagai cara buat narik perhatian mereka. Kita bakalan berubah jadi sosok cewek yang super manja deh!

8. Ingin menang sendiri

Menghadapi wanita PMS jadi sulit banget kalau salah satu perubahan sifat yang dialami adalah ingin menang sendiri. 

Biasanya, wanita akan lebih mengedepankan emosi ketika sedang PMS atau haid. Belum lagi kalau sedang sakit perut. Ketika sedang berdebat dengan orang lain, cewek PMS cenderung enggak mau kalah dan ingin selalu menang sendiri walaupun dirinya salah. Kalau udah begini, mending ngalah aja deh.

9. Nafsu makan berubah

Satu lagi fakta wanita PMS, biasanya sih nafsu makan kita bakal berubah nih. Hal tersebut berbeda tiap orangnya. Ada sebagian yang bakal malas makan karena rasa tidak nyaman pada perut. Tapi ada juga yang justru suka banget makan. 

Nafsu makan meningkat, kita jadi makin rakus. Rasanya ingin makan semuanya deh. Ada yang lebih suka makanan asin, ada juga yang lebih suka makanan manis. Kalau kamu, termasuk yang mana nih Charm Girls?

Nah, itu tadi beberapa perubahan sifat wanita PMS yang mungkin terjadi. Beberapa wanita mungkin hanya mengalami satu sampai dua perubahan sifat saja. Enggak jarang ada juga lho yang enggak mengalami perubahan sifat sama sekali. 

Tapi ada juga Charm Girls yang rutin mengalami hampir semuanya. Jadi, kalau masa-masa PMS kamu sudah mau dekat, siapkan mentalmu ya!

Biar nggak makin bete pas haid datang, Charm Girls jangan lupa siap sedia pembalut Charm Extra Dry Slim ya! Dengan inovasi baru extra dry sheet, dijamin terus lembut dan nyaman, langsung menyerap tanpa lembap seharian. Apalagi dengan varian Long 25 cm, pasti bakal terasa makin pede beraktivitas. Pakai juga varian malamnya untuk tidur nyenyak tanpa perlu ganti pembalut di tengah malam.

Baca Juga Disini: 

Menstruasi Pertama Pada Anak Kenali Gejala PMS dan Cara Mengatasinya

PMS Pramesntruasi Sindrom Itu Apa Sih

Selamat Tinggal PMS Gak Lancar Tips Cara Agar Cepat PMS

sifat wanita pms
sifat wanita saat pms
Komentar (283)
A

Ma
Maeni
Thanks
6 months ago
Balas
He
Hermawan
Bermanfaat
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Desi Novitasari
Bener banget
6 months ago
Balas
floating-icon