Kembali

Tentang Menstruasi

Tenang, 7 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan, YGY!

Tenang, 7 Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan, YGY!


Terlambat mendapatkan menstruasi memang kadang membuat dirimu pusing tujuh keliling. Kamu pun pasti mau enggak mau menjadi overthinking karena keterlambatan menstruasimu itu. Belum lagi, jika kamu mengalami terlambat menstruasi hingga dua bulan lamanya, membuatmu menjadi semakin stres.

Meskipun begitu, sebenarnya keterlambatan menstruasi yang kamu alami cukup umum terjadi dan dirasakan oleh sebagian wanita loh. Keterlambatan menstruasi sendiri dikenal dengan istilah amenorrhea. Ada dua jenis amenorrhea yang bisa kamu alami, yaitu amenorrhea primer dan sekunder.

Amenorrhea primer lebih diperuntukkan untuk situasi ketika seorang remaja telah mencapai atau melewati usia 16 tahun, dan masih belum mendapatkan menstruasi pertamanya. Nah, kondisi ini pun termasuk sebagai telat menstruasi, karena pada umumnya perempuan sudah mulai mendapatkan siklus haid di antara usia 9 sampai 18 tahun.

Sementara itu, amenorrhea sekunder diperuntukkan untuk situasi di mana seseorang berhenti mendapatkan menstruasi setidaknya selama tiga hingga enam bulan. Kondisi ini adalah bentuk keterlambatan menstruasi yang sangat umum terjadi. Kamu pun bisa jadi salah satu yang mengalaminya.

Walaupun keterlambatan menstruasi cukup membuatmu overthinking, namun nyatanya kondisi ini bisa kamu atasi loh. Yups, ada berbagai cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan.

Cara Melancarkan Menstruasi yang Telat hingga 2 Bulan

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar siklus menstruasimu tetap teratur. Cara-cara ini pun bisa kamu lakukan sendiri di rumah ya. Ada pun caranya adalah sebagai berikut.

1. Kurangi stres

Stres bukan hanya bisa membuat kesehatanmu menurun loh. Namun, stres nyatanya bisa berperan penting terhadap situasi datang bulan telat yang kamu alami.

Dilansir dari laman Orami, ilmuwan telah menemukan bahwa kelenjar adrenal mengeluarkan kortisol dan progesteron sebagai respon terhadap stres untuk mengurangi ketegangan. Sayangnya, hal tersebut dapat menganggu siklus menstruasi kamu nih.

Maka dari itu, kamu harus mengurangi kadar stres kamu. Cobalah dengan melakukan meditasi, pernapasan dalam, dan metode lain agar kamu tetap relaks.

2. Olahraga secara teratur

Aktivitas yang satu ini memang sudah terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun siapa sangka jika olahraga teratur juga bisa membuat siklus menstruasimu lancar tanpa perlu takut telat datang bulan.

Kamu bisa melakukan latihan aerobik, jogging, dan lain-lain untuk melancarkan siklus menstruasimu.

3. Berlatih yoga

Sebuah studi pada tahun 2013 melakukan penelitian dengan 126 peserta mengenai kaitan latihan yoga dengan siklus menstruasi. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa, berlatih yoga selama 35 sampai 40 menit, 5 hari seminggu selama 6 bulan dapat menurunkan kadar hormon terkait dengan siklus menstruasi tidak teratur.

4. Pertahankan berat badan yang ideal

Berat badan nyatanya juga punya peran penting terhadap siklus menstruasimu yang tidak lancar. Maka dari itu, sangat penting untuk mempertahankan berat badan ideal kamu. Dirimu pun tidak dianjurkan untuk mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang ekstrim karena dapat mengganggu siklus menstruasi milikmu.

5. Konsumsi vitamin harian

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2015 lalu mengaitkan kadar vitamin D rendah dengan siklus menstruasi tidak lancar. Hasilnya, penelitian tersebut menyarankan bahwa mengkonsumsi vitamin D dapat membantu kembali melancarkan siklus menstruasimu yang terlambat.

Tak hanya itu, studi lain juga menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin harian akan efektif dalam mengobati siklus menstruasi tidak lancar.

6. Dapatkan tidur yang cukup di malam hari

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan kamu kekurangan tidur. Salah satunya adalah pikiran mengenai siklus menstruasimu yang tidak lancar. Padahal, kekurangan tidur yang cukup bisa membuatmu telat datang bulan loh.

Maka dari itu, kamu lebih baik mulai mengatur jam tidurmu agar bisa mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari.

7. Akupuntur

Satu cara lagi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba akupuntur. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, akupuntur dapat menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh. Sehingga, kamu pun bisa mengatasi siklus menstruasimu yang tidak teratur.

Kalau kamu sudah mengetahui cara untuk mengatasi siklus menstruasi yang telat, dirimu sekarang tinggal mengetahui tips untuk menjalani hari-hari tetap nyaman selama haid.

Cara Menjalani Hari-hari Tetap Nyaman selama Menstruasi dengan Charm Body Fit Extra Maxi

Meskipun sedang menstruasi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari kamu ya. Lantas, apa saja sih yang bisa kamu lakukan agar tetap nyaman saat beraktivitas?

  • Gunakan pakaian yang menurutmu nyaman saat beraktivitas.
  • Gunakan kompres jika mengalami kram atau nyeri di bagian perut bawah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang timbul ketika menstruasi.
  • Gunakan pembalut yang nyaman untuk beraktivitas, seperti Charm Body Fit Extra Maxi Wing atau Non-Wing. Pembalut ini memang diketahui memiliki teknologi bantalan elastis yang bisa kembali ke bentuk semula dan juga anti bocor. Sehingga, kamu pun nyaman ketika beraktivitas.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika kamu khawatir dengan siklus menstruasimu yang terus-terusan telat, tak ada salahnya untuk langsung berkonsultasi ke dokter ya.

Baca Juga Disini:

Cara Cepat Haid

Ini Penyebab Nyeri Haid Tidak Tertahankan

Macam Macam Darah Haid Vs Pola Hidup Sehat

 

 

 

melancarkan haid yang telat
agar haid tidak telat
Komentar (454)
A

An
Anonymous
Ee
7 months ago
Balas
de
deefi
brr
7 months ago
Balas
de
deefi
bagosss
7 months ago
Balas
floating-icon