Kembali

Tentang Menstruasi

Charm Girls, Inilah 9 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Haid!

Charm Girls, Inilah 9 Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Haid!


Menstruasi alias haid merupakan siklus normal yang terjadi pada perempuan. Haid ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Kondisi ini bisa berlangsung selama 3–7 hari dengan siklus menstruasi antara 21–35 hari sekali.

Dalam Islam, perempuan haid berarti sedang berada dalam keadaan yang “tidak suci”. Keluarnya darah haid menjadi penghalang bagi para perempuan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga mereka harus menunggu haid berhenti untuk kembali melakukan ibadah.

Namun, jangan khawatir. Walaupun perempuan yang sedang haid dilarang beribadah, ada berbagai amalan yang bisa dilakukan saat haid. Dengan begitu, kamu masih bisa mendapatkan pahala tanpa melanggar perintah-Nya.

Apa itu amalan?

Amalan adalah semua perilaku baik yang dilakukan oleh umat manusia dengan pahala sebagai ganjarannya. Amalan bisa dilakukan secara sadar maupun nggak sadar dalam kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan ibadah yang bersifat wajib, amalan memiliki sifat sunah (nggak wajib, tapi dianjurkan karena membawa pahala dan kebaikan) serta bisa dilakukan kapan pun.

Perempuan yang sedang berada dalam siklus haid memang nggak diperbolehkan untuk menunaikan salat, berpuasa, berhaji, dan membaca kitab suci Al-Quran. Namun, masih ada amalan lainnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Lalu, apa saja amalan yang bisa dilakukan saat menstruasi tersebut? Yuk, simak!

Amalan yang bisa dilakukan saat haid

Salah satu larangan saat haid bagi seorang muslim adalah solat. Walaupun sedang haid, kamu bisa melakukan amalan-amalan berikut untuk tetap mendekatkan diri kepada Tuhan:

1. Bersolawat

Amalan ini merupakan cara paling mudah untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT sekalipun kamu nggak diperbolehkan beribadah. Berselawat juga menjadi tanda bahwa kamu mencintai Allah SWT dan rasulnya.

Berselawat diperbolehkan saat haid dan bisa kamu lakukan kapan pun. Adapun bacaan selawat untuk Nabi Muhammad SAW, yaitu "allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad." Selain mendapatkan pahala sebagai ganjarannya, berselawat juga bisa menenangkan hati dan menghilangkan sedih.

2. Berzikir

Zikir biasanya dilakukan usai salat wajib. Namun, nggak ada larangan bagi perempuan yang sedang haid untuk melakukan amalan ini. Berzikir memiliki banyak keutamaan, terutama mendapatkan pahala dan ampunan serta keberkahan dari Allah SWT.

Sama seperti berselawat, berzikir juga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kalimat-kalimat zikir juga mudah untuk diucapkan, bahkan untuk orang-orang yang belum terbiasa melakukan amalan ini saat menstruasi.

Kamu bisa membaca berbagai tayibah (baik) seperti tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Kalau belum terbiasa, kamu juga dapat berzikir dengan mengucap “Alhamdulillah”, “Subhanallah”, dan “Allahuakbar”, masing-masing sebanyak 33 kali.

3. Mengamalkan doa

Walaupun sedang haid, perempuan tetap diperbolehkan mengamalkan doa-doa dalam kesehariannya. Berdoa merupakan amalan untuk ikhtiar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kamu bisa mengamalkan berbagai macam doa dari Al-Matsurat, yaitu kumpulan doa harian yang diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ini adalah salah satu amalan paling sederhana yang bisa dilakukan kapan saja saat haid.

4. Berbuat kebaikan

Berbuat kebaikan merupakan perbuatan terpuji dan bisa menciptakan hubungan baik terhadap sesama. Berbuat kebaikan nggak hanya dilakukan untuk manusia, tapi juga untuk hewan dan makhluk hidup lainnya.

Setiap perbuatan baik akan mendapat ganjaran pahala kalau dilakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati. Cakupan amalan ini sangatlah luas dan nggak ada larangan untuk melakukannya sekalipun kamu sedang haid.

5. Bersilaturahmi

Contoh amalan yang bisa dilakukan saat haid selanjutnya adalah bersilaturahmi. Kamu bisa mengunjungi orang tua, teman, saudara, panti asuhan, dan sebagainya. Selain jadi amalan yang disukai oleh Allah SWT, silaturahmi juga bisa membuka pintu rezeki bagi siapa pun yang melakukannya.

Di antara amalan-amalan baik lainnya, bersilaturahmi gampang banget buat dilakukan. Kalaupun nggak memungkinkan untuk ke luar rumah karena haid, kamu tetap bisa melakukan silaturahmi lewat media sosial dengan menghubungi kerabat atau teman.

6. Bersedekah

Kalau kamu memiliki rezeki berlebih, coba lakukan amalan baik ini saat menstruasi. Bersedekah memiliki banyak keutamaan, seperti membantu orang yang membutuhkan, menjadi penghapus dosa, serta menghilangkan sifat sombong.

Ada berbagai macam sedekah yang bisa kamu lakukan bahkan ketika sedang haid, seperti sedekah subuh, infak, dan zakat. Pada era ini, kamu bahkan bisa bersedekah secara online kalau nggak memungkinkan untuk ke luar rumah.

7. Mendengarkan bacaan Al-Quran

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu larangan bagi orang haid adalah membaca kitab suci Al-Quran. Meskipun begitu, kamu masih bisa melakukan amalan dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran saat haid. Amalan ini sama baiknya dengan membaca Al-Quran secara langsung.

Kamu bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran sambil melakukan aktivitas lain. Selain untuk mendatangkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah, mendengarkan lantunan ayat Al-Quran juga bisa menentramkan hati.

8. Mendengarkan kajian keagamaan

Perempuan yang sedang haid biasanya sering kelelahan dan membatasi aktivitasnya, termasuk untuk menghadiri kajian keagamaan secara langsung. Namun, kamu tetap bisa melakukan amalan tersebut dengan mendengarkannya dari rumah.

Mendengarkan kajian keagamaan akan menambah wawasanmu tentang agama. Setelah itu, kamu bisa mengamalkan ilmu tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, kamu tetap akan mendapatkan ganjaran pahala sekalipun ibadahmu sedang terhalang karena haid.

9. Memberi makan orang yang berpuasa

Para perempuan yang sedang haid memang nggak diperbolehkan untuk berpuasa, tapi amalan yang satu ini tetap bisa dilakukan saat haid. Dengan memberi makan orang yang berpuasa, kamu bisa mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Haid bukan penghalang bagi perempuan yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencari pahala sebanyak-banyaknya. Ketika haid sekalipun, kamu tetap bisa melakukan berbagai amalan dan perbuatan baik.

Kalau kamu belum terbiasa melakukan semuanya, coba biasakan dulu satu demi satu. Nah, setelahnya, semoga kamu makin terbiasa melakukan amalan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga Disini:

4 Alasan Wanita Haid Tidak Boleh Puasa Apa Charm Girls Tahu

5 Hal Kegiatan yang Bisa Dilakukan Perempuan Menstruasi Saat puasa

4 Ide Resep Buka Puasa Untuk Anak yang Enak

amalan yang bisa dilakukan saat haid
amalan yang dilakukan saat haid
amalan saat menstruasi
amalan yang bisa dilakukan ketika haid
amalan yang dapat dilakukan saat haid
Komentar (52)
A

Avatar Profile Image
Fitri Yuniarti
❤️❤️❤️
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Serli Nurbaiti
Bener banget, kadang suka bingung kalo haid, ibadahnya gimana ya? Tapi skrng udh tau nih, terima kasih
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Nova Susilawati
Ok
7 months ago
Balas
floating-icon