Kembali

Tentang Menstruasi

5 hal kegiatan yang bisa dilakukan perempuan menstruasi saat puasa!
5 hal kegiatan yang bisa dilakukan perempuan menstruasi saat puasa!


Wow, waktu emang nggak berasa banget udah berlalu dan kita bakal ketemu lagi dengan bulan puasa! Buat Charm Girls yang menjalaninya, persiapan seperti apa saja yang sudah kamu lakukan? Hayo, ada yang sudah cek kalender untuk periode menstruasi kamu belom?

Nyata sebagai seorang perempuan yang sudah mengalami masa menstruasi, akan hampir mustahil untuk bisa berpuasa penuh 30 hari berturut-turut karena masa menstruasi yang datang sekitar 25-38 hari (rata-rata 28 hari), Charm Girls.

Baca Juga : Memahami masa menstruasi, jumlah darah yang keluar, siklus, dan nyeri menstruasi - Charm Girl's Talk

Mau tidak mau kamu harus menerima dan mengganti puasamu yang bolong di hari lainnya. Tapi kata siapa kamu akan kelewatan segala pahala? Ternyata banyak banget aktivitas baik yang bisa kamu lakukan daripada bete dan bikin suasana nggak asik! Mendingan cek rekomendasi di bawah ini, Charm Girls!

1. Senyum Tulus
Dimulai dari yang paling gampang dulu deh, Charm Girls. Tersenyum merupakan salah satu cara yang gampang banget bikin suasana jadi asyik. Tahukah kamu kalo tersenyum bagus banget buat kamu karena tubuh bisa melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres.

Siapa sangka kalo tersenyum adalah bentuk ibadah juga! Saat kamu tersenyum pada orang lain, mereka akan merasakan kehangatan dan ikut senang. Senyum itu menular, lho! Kamu tidak pernah tahu permasalahan berat apa yang telah dipikul oleh orang yang kamu berikan senyuman. Begitupun pas bulan puasa, ketika orang lain harus menahan hawa nafsu; kamu bisa mendukung mereka dengan senyuman manismu itu, Charm Girls!

5 hal kegiatan yang bisa dilakukan perempuan menstruasi saat puasa!
Senyum adalah Ibadah

2. Bantu Siapkan Menu Berbuka
Momen berbuka puasa itu penting banget, biasanya semua orang punya menu favoritnya masing-masing. Oleh karena itu, biasanya kegiatan masak memasak akan sangat menantang banget, Charm Girls. 

Nah, kamu yang lagi nggak berpuasa karena masa menstruasi yang datang, pasti lebih leluasa untuk mencicipi rasa makanan yang dimasak oleh orang rumah. Jadi, yuk, membantu mama, papa, kakak atau bibi di rumah menyiapkan menu berbuka, Charm Girls!

5 hal kegiatan yang bisa dilakukan perempuan menstruasi saat puasa!
Bantu Mama Siapkan Menu Berbuka

3. Donasi 
Hayo, siapa di sini yang suka belanja? Saat kamu nggak bisa berpuasa, sedekah atau donasi tetap bisa kamu lakukan, kok. Nggak mesti berupa uang, pakaian-pakaian layak pakai, buku-buku yang udah jarang kamu baca bahkan makanan atau minuman bisa didonasikan, lho, Charm Girls. Kamu nggak perlu memaksakan diri untuk berdonasi; cukup dengan yang kamu bisa. 

Dengan berdonasi, kamu bisa mengerti arti berbagi karena sebenarnya banyak orang di sekitar kamu yang sangat membutuhkan pertolongan. Kamu juga akan belajar tentang memberi dengan ikhlas dan tanpa berharap imbalan! Ini juga bagus sebagai cara untuk proses pendewasaanmu.

4. Bikin konten bermanfaat!
Selain itu, ternyata bikin konten yang bermanfaat juga baik untuk dilakukan. Secara tidak langsung, konten-konten bermanfaat juga sama dengan berbagi ilmu. Kalo pintar mix-and-match baju, kamu bisa membuat video tutorial untuk memadukan baju biar OOTD makin keren. Kalo ternyata kamu jago masak, kamu bisa dong bagi-bagi resep di sosial media; tinggal difotoin yang cantik lalu post, deh!

5 hal kegiatan yang bisa dilakukan perempuan menstruasi saat puasa!
Membuat Konten Menarik

Jadi, berbagi ilmu, termasuk mengajari orang lain bisa jadi pahala baik yang akan terus mengalir kepada kamu, meskipun kamu lagi nggak bisa berpuasa gara-gara masa menstruasi. Mengajarnya sekali, pahalanya berkali-kali. So, jangan pelit berbagi ilmu, ya, Charm Girls!

5. Menyebarkan positivisme
Bagikan kebahagiaan bulan puasa ini dengan teman-teman non-Muslim, teman di sekolah, tetangga, dan orang-orang di rumahmu. Sesederhana mengirimkan pesan bernada positif, mengucapkan selamat berbuka atau membangunkan sahur, ataupun membimbing teman yang baru pertama kali berpuasa bisa! Keep it positive, Charm Girls!

Komentar (0)
A