Kembali

Girl's Life

3 Penyebab Lemas Saat Haid! Bukan Karna Ayang!

3 Penyebab Lemas Saat Haid! Bukan Karna Ayang!


Badan lemas, pegel-pegel, hingga nyeri di bagian perut area bawah memang sering banget dirasakan ketika sedang menstruasi. Namun sebenarnya, apakah ada alasan ilmiah di balik keadaan lemas itu?

Saat akan memasuki siklus menstruasi, kamu mungkin akan merasa ada perubahan yang terjadi pada tubuh dan suasana hati. Diketahui, hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh karena menstruasi loh

Pada beberapa wanita, kadar hormon estrogen dan progesteron yang menurun juga bisa menyebabkan kamu menjadi mudah marah dan tidak merasa seperti diri sendiri. Selain itu, haid juga memberikanmu efek seperti badan pegel-pegel, jerawatan, hingga salah satunya membuat badan kita menjadi tidak bertenaga atau lemas. Tak mengherankan, kalau terkadang kita menjadi malas untuk beraktivitas.

Baca juga: Benarkah Ketidakseimbangan Hormon Menyebabkan Darah Haid Menggumpal?

Lalu, apa sih yang bisa menyebabkan badan kamu lemas saat haid? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab lemas saat haid 

Badan lemas saat haid memang menjadi salah satu gejala PMS yang sering banget dirasakan oleh sebagai perempuan. Namun nyatanya, PMS bukanlah satu-satunya jawaban dari penyebab faktor badan lemas ketika menstruasi. Ada juga faktor-faktor lain yang bisa juga mempengaruhi gejala badan lemas saat sedang menstruasi. Faktor-faktor penyebab tersebut adalah sebagai berikut.

1. Anemia 

Anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh, nyatanya bisa menjadi salah satu penyebab kamu merasa lemas saat menstruasi. Pasalnya, pendarahan haid setiap bulannya dan diperberat juga dengan asupan nutrisi yang kurang untuk pembentukan sel darah merah, bisa menyebabkan kamu mengalami Anemia. Gejala anemia bisa berupa rasa lemas, pucat, nafas pendek, jantung berdebar-debar dan pusing atau sakit kepala.

Wanita yang mengalami menstruasi berisiko tinggi terkena anemia. Hal ini dikarenakan jumlah darah yang hilang saat menstruasi lebih besar daripada kemampuan tubuh untuk mengganti sel darah merah yang hilang.

Hasilnya, jaringan di sekitar tubuh dapat mengalami kegagalan untuk melakukan perbaikan dan mendapat oksigen yang dibutuhkan untuk bekerja. Sehingga bisa menyebabkan badan kamu lemas sampai pingsan.

Biasanya, pada kondisi seperti ini, dirimu akan lebih dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin penambah darah. Hal ini tentunya untuk membantu tubuh dari luar dan dalam dalam memproduksi sel darah merah sehingga kamu tidak merasakan lemas.

2. Hormonal 

Hormon sering menjadi awal mula atau penyebab dari gejala haid. Terdapat dua hormon utama yang berperan dalam produksi haid, yaitu progesteron dan estrogen. 

Estrogen dikenal sebagai hormon yang menstimulasi. Sedangkan progesteron, diketahui sebagai hormon yang menenangkan. Pada dasarnya, progesteron ada untuk menyeimbangkan tingkat kadar estrogen, sehingga kedua hormon tersebut bisa terkoordinasi dengan baik.

Namun, saat beberapa hari sebelum haid datang, hormon estrogen berada dalam kadar yang cukup rendah. Hal ini pun bisa menyebabkan kamu berperasaan kekurangan energi dan badan lemas. Kondisi ini bisa diperparah pada saat kadar hormon progesteron lebih tinggi dibandingkan hormon estrogen.

3. Dehidrasi 

Ketika saat haid, kamu akan mengalami perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Hal ini pun nyatanya bisa mempengaruhi jumlah air di dalam tubuh. 

Ditambah dengan pengeluaran darah haid yang sangat banyak, sehingga kamu pun kemungkinan besar akan kekurangan cairan di dalam tubuh. Karena hal itulah, maka bisa jadi kamu dapat merasakan badan lemas saat datang bulan. 

Lalu, bagaimana sih menanganinya? Jawabannya gampang. Rajin-rajin lah untuk mengkonsumsi air minum agar tubuh tidak dehidrasi.

Baca juga: Nyeri Menstruasi Sakit Hingga ke Pinggang, Kenapa?

Itulah tiga penyebab badan lemas yang sering kamu rasakan saat mengalami menstruasi. Namun, jika badan lemas yang kamu rasakan sangatlah ekstrim, segera periksa ke dokter terdekat ya.

lemas saat haid
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Ooo gitu yaa Cha. Ternyata yg jadi penyebab badan lemes saat haid itu krna bbrp faktor kayak faktor anemia, hormonal, dehidrasi. Okey Cha Makasih atas artikelnya 😁
12 days ago
Balas