Kembali

Tentang Menstruasi

Benarkah Ketidakseimbangan Hormon Menyebabkan Darah Haid Menggumpal?

Benarkah Ketidakseimbangan Hormon Menyebabkan Darah Haid Menggumpal?


Charm Girls, jika diperhatikan ternyata ada macam-macam darah menstruasi. Perempuan tidak hanya menemukan darah cair saat menstruasi tapi ada juga darah haid menggumpal. Hal ini kadang menjadi perhatian dan menimbulkan kekhawatiran apakah penyebabnya karena penyakit, ketidakseimbangan hormon atau karena sesuatu.

Sebagian perempuan terkadang menemukan darah cair di pembalut, tapi juga kadang ada yang menggumpal. Biasanya darah menggumpal terjadi pada hari-hari pertama menstruasi dan akan hilang.

Namun ada hal lain yang menyebabkan darah haid menggumpal, jika ukurannya kecil dan hanya sesekali muncul itu masih dianggap normal.

Darah haid menggumpal disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau bisa juga disebabkan oleh miom yakni tumor jinak di dinding rahim.

Perlu kamu ketahui juga Charm Girls, darah bisa menggumpal karena adanya Endometriosis terjadi ketika jaringan rahim yang disebut endometrium tumbuh di luar rahim hingga adanya adenomyosis atau lapisan hamim yang tumbuh ke dalam dinding rahim sehingga rahim menebal atau membesar.

Charm Girls perlu tau, darah haid yang menggumpal dan hilang sendiri bukan kondisi yang berbahaya, namun perlu diwaspadai jika darah menggumpal dalam ukuran besar dan banyak serta dibarengi dengan keluhan lain seperti muncul di luar siklus menstruasi, lemas hingga bisa pucat dalam waktu yang lama.

Perempuan punya beberapa hormon menstruasi dan fungsinya juga berbeda-beda, pertama hormon estrogen

Estrogen yang merupakan hormon seks wanita yang berperan menumbuhkan dan mematangkan dinding rahim. Jika kekurangan hormon ini, kemungkinan ada masalah kesehatan wanita, salah satunya mendekati menopause.

Lalu ada Hormon Progesteron juga masuk dalam hormon seks perempuan yang punya fungsi untuk menyeimbangkan efek hormon estrogen atau dikenal sebagai hormon penenang.  Jika kadar progesteron menurun maka kehamilan tidak terjadi.

Kemudian ada Follicel stimulating hormone (FSH) hormon kelenjar pituitari pada otak dan punya tugas menstimulasi folikel di indung telur guna mematangkan sel telur yang diproduksi atau disebut sebagai fase folikuler.

Luteinizing hormone (LH) yang juga diproduksi di kelenjar pituitari, sama seperti FSH. Dengan hormon intim sel telur yang sudah dimatangkan oleh FSH bakal dilepas ke rahim dan akhirnya bisa mengalami pembuahan. Proses pelepasan sel telur yang sudah matang usai fase folikuler ke rahim disebut fase ovulasi. 

Baca Juga: Warna Darah Menstruasi dan Implantasi Apa Bedanya?

Penyebab ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi karena terapi hormon, mengonsumsi pil KB, obat-obatan, pengobatan kanker seperti kemoterapi, tumor, gangguan makan atau bahkan trauma.

Charm Girl, hormon juga bisa jadi tak seimbang saat seseorang tidak banyak bergerak loh Charm Girl, tapi terlalu banyak berkegiatan hingga kurang istirahat juga tidak baik.

Sedangkan apa yang kita makan juga sangat berpengaruh pada hormon, hindari makanan berkalori dan berlemak, apalagi makanan instan.

Usia juga jadi faktor hormon tidak seimbang, hal ini juga jadi salah satu gejala menopause.

Baca Juga: Darah Haid Mengalir Deras, Bikin Takut Bau Menstruasi!

Alasan ketidakseimbangan hormon menyebabkan darah haid menggumpal

Kondisi lapisan rahim tergantung pada keseimbangan dua hormon yaitu esterogen dan progesteron. Dua hormon itu punya pengaruh ke siklus menstruasi yakni membentuk selaput dinding

Nah Charm Girls, jika jumlah dari kedua hormon itu berlebihan atau kurang, maka jumlah darah yang keluar saat menstruasi bisa meningkat atau berlebihan jika terlalu banyak maka terjadinya darah haid menggumpal.

Nah, penebalan yang tidak normal ini bisa membuat darah lebih banyak dari biasanya dan menggumpal seperti daging loh Charm Girls. Jika sudah mengganggu dan dirasa tidak wajar, kamu bisa langsung konsultasikan ke dokter ya!

charm
darah haid mengalir deras
ketidakseimbangan hormon menyebabkan darah haid menggumpal
Komentar (6)
A

Avatar Profile Image
Amelia
Makasih
13 days ago
Balas
Ss
Shela sakina
Nice
10 days ago
Balas
Es
Eka supriatin
Nice info
8 days ago
Balas