Kembali

Girl's Life

8 Cara Menghilangkan Nyeri Haid di Rumah Aja

8 Cara Menghilangkan Nyeri Haid di Rumah Aja


Rasa nyeri menjadi keluhan yang umum dihadapi wanita. Berbagai cara menghilangkan nyeri haid pasti pernah Charm Girls coba. Setidaknya tiga dari empat wanita mengalami sakit tergolong ringan, sementara 1 dari 10 mengalami gejala yang parah. Rasa sakit setiap datang bulan menambah ketidaknyamanan, membatasi aktivitas, mempengaruhi mood hingga suasana di sekitar. 

Sebagian mungkin memilih meminum obat yang sudah biasa dikonsumsi sebagai penghilang sakit. Namun, ada beragam cara tanpa harus minum obat. 

Baca Juga: 5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat

Di tengah masa pandemi yang membatasi mobilitas atau bagi yang mereka mengambil cuti haid untuk berada di rumah, ada beberapa aktivitas berguna yang bisa dilakukan guna menghadapinya.

Berikut cara menghilangkan nyeri haid di rumah aja:

1. Olahraga 

Olahraga ringan bisa menjadi cara nih Charm Girls. Berolahraga membuat peredaran darah lebih lancar. Olahraga membantu mengendurkan otot serta meningkatkan suplai darah ke pinggul. Saat menggerakkan tubuh, hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu mengurangi efek prostaglandin yang membuat rahim berkontraksi dan menyebabkan kram.

Tidak hanya menghilangkan sakit, olahraga juga membantu memperbaiki suasana hati (mood) yang tak karuan.

Ada banyak pilihan olahraga yang aman dan bisa dilakukan saat haid diantaranya jogging ringan atau senam aerobik. Demi manfaat lebih, berolahragalah secara teratur, dari sebelum dan selama haid.

Tidak perlu olahraga berat, cukup menggerakkan tubuh akan membuat tubuh lebih segar karena bermalas-malasan di tempat tidur selama haid justru bisa membuat segalanya terasa lebih lama!

2. Hindari Makanan dan Minuman Ini !

Jika mengalami nyeri pada periode menstruasi, ada baiknya memilah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Menjelang haid, sebaiknya hindari atau kurangi makanan berlemak, berkadar gula tinggi, terlalu asin, serta minuman soda atau alkohol. 

Garam, gula, lemak, dan alkohol dapat menyebabkan penumpukan air dalam tubuh sehingga perut kembung. Kondisi ini akan memperparah sakit yang dialami.

Kafein dan gula pada kopi, teh, soda, dan cokelat dapat mendorong kram dan nyeri otot perut. Sebaiknya minuman lemon hangat atau jahe yang bagus untuk redakan sakit. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan.

Sayuran dan buah mengandung serat yang tinggi dan memberikan asupan vitamin dan mineral untuk tubuh. Beberapa buah juga dikenal berkhasiat bisa kurangi nyeri.

8 Cara Menghilangkan Nyeri Haid di Rumah Aja
Kurangi kafein & perbanyak air mineral

3. Minum Cukup Air Mineral atau Teh

Air mineral adalah salah satu minuman untuk menghilangkan sakit yang juga baik untuk kondisi kesehatan secara menyeluruh. Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memicu kram otot termasuk di perut.

Dengan minum air mineral, tubuh terhindar dari kram yang menyakitkan. Selain air mineral, juga bisa minum teh. Sebuah penelitian menyebut teh beraroma bunga seperti chamomile bisa membantu mengurangi nyeri menstruasi. Teh chamomile mengandung senyawa yang disebut hippurate yang bagus mengatasi peradangan.

4. Relaksasi

Cara efektif untuk mengatasi nyeri haid adalah menjauhi atau mengusir rasa stres. Caranya bisa apa saja, misal melakukan hobi, menonton film, berjalan-jalan santai, atau melakukan meditasi ringan seperti teknik pernapasan.

Selain itu bisa juga dengan pijat atau massage yang dapat melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang. 

8 Cara Menghilangkan Nyeri Haid di Rumah Aja
Relaksasi untuk menghilangkan nyeri haid

5.  Minum Vitamin untuk Nyeri Haid

Sebuah jurnal penelitian yang dimuat di Gynecological Endocrinology menunjukkan fakta suplemen vitamin D dapat mengurangi nyeri haid.

Hasil penelitian kepada 60 wanita ini menunjukkan berapa prosentase yang mengalami nyeri haid dan kekurangan vitamin D.  Partisipan pun diminta mengonsumsi 50.000 IU vitamin D selama 8 minggu. Hasilnya menunjukkan nyeri haid berkurang cukup drastis setelah 2 bulan pengobatan.

Selain suplemen vitamin D, vitamin E, asam lemak omega 3, vitamin B1, B6, dan magnesium juga bisa mengurangi kram perut. Namun pastikan untuk berkonsultasi ke dokter mengenai produk dan dosis yang dibutuhkan sebelum mengkonsumsi suplemen.

Baca Juga: Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?

6. Kompres Hangat untuk Nyeri Haid

Saat nyeri haid datang mendera, cobalah kompres perut dengan botol berisi air hangat. Suhu hangat-panas akan membantu melemaskan otot rahim sehingga mengurangi rasa sakit.

Cara mengompres cukup sederhana. Isi botol berisi air hangat yang dibalut waslap dan tempelkan ke perut setiap kali terasa nyeri. Cara ini dapat menghilangkan nyeri haid tanpa menimbulkan efek samping apa pun.

Selain mengompres, bisa juga dengan mandi atau berendam air hangat. Mandi air hangat tak hanya mengurangi rasa nyeri, tetapi juga membuat tubuh dan pikiran rileks karena mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

7. Akupunktur 

Akupunktur bisa jadi alternatif yang efektif untuk mengatasi nyeri haid. Pengobatan tradisional yang menggunakan jarum ini dapat meringankan efek kram perut akibat haid.

Jarum-jarum tipis akan ditancapkan di titik-titik tertentu tubuh untuk merangsang saraf di area tersebut. Jika ingin memanggil akupunktur, cari info terapis profesional yang terbukti bereputasi bagus dan terjamin keahliannya.  

8. Hentikan Kebiasaan Buruk Merokok!

Merokok memang merugikan kesehatan. Selain buruk untuk kesehatan paru, rokok juga bisa memperparah nyeri karena membatasi suplai oksigen ke area pinggul. Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk hilangkan nyeri jika Anda selama ini perokok aktif.

Perempuan yang merokok juga dapat berisiko infertil alias tidak subur.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan nyeri haid yang bisa kamu lakukan. Semuanya bisa dilakukan di rumah aja.

charm
nyeri haid
cara menghilangkan nyeri haid
Komentar (9)
A

An
Anonymous
Thnks artkel sngt mmbntu
14 days ago
Balas
DH
Dhea Herlina
makasih infonya, sangat membantu saya
7 days ago
Balas
aa
asih ayu rizkiana
thanks tipsnya ya kak, ngebantu aku banget
6 days ago
Balas