Kembali

Girl's Life

7 Tanda Gangguan Hormon Menstruasi dan Cara Mengatasinya!

7 Tanda Gangguan Hormon Menstruasi dan Cara Mengatasinya!


Masa menstruasi memang kadang sukses bikin mood kamu berubah-ubah. Nanti tiba-tiba senang, lalu sedih. Namun, ada hubungannya enggak sih hormon menstruasi dengan mood kita?

Charm Girls, hormon adalah kelompok biokimia yang berperan penting dalam setiap fungsi tubuh. Oleh karena itu kadarnya harus tetap seimbang. Setiap bulan sepanjang kehidupan reproduksi, wanita akan mengalami siklus haid yang  disebabkan oleh hormon menstruasi.

Baca Juga: Ketahui Hormon Menstruasi

Hormon menstruasi sendiri terdiri dari hormon-hormon yang tidak dimiliki oleh pria, seperti, hormon progesteron, hormon estrogen, Luteinizing hormone, Follicle-stimulating hormone.

Fungsi hormon FSH (Follicle-stimulating hormone) dan LH (Luteinizing hormone) pada wanita yang paling utama adalah untuk memastikan siklus menstruasi berjalan dengan lancar pada setiap bulannya. Kedua hormon ini akan memacu pertumbuhan dan kematangan dari folikel alias sel telur. Mulai dari awal pembentukan, ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium, hingga akhir masa menstruasi.

Nah, setiap hormon wanita memiliki peranan penting terhadap kesehatan. Namun, jika terjadi ketidakseimbangan, maka mungkin saja jika Charm Girls akan mengalami gangguan pada saat menstruasi.

Tanda ketidakseimbangan hormon menstruasi

Lalu, apa saja sih tanda ketidakseimbangan hormon yang bisa kita ketahui? Penasaran kan? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini, seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber

1. Siklus menstruasi tidak teratur

Jarak antara menstruasi wanita dari bulan pertama ke bulan selanjutnya berlangsung antara 21 sampai 35 hari. Jika kamu tidak memiliki siklus yang sama setiap bulan, atau justru terlambat hingga hitungan bulan padahal belum memasuki masa menopause, bisa jadi kamu mengalami ketidakseimbangan hormon.

Kondisi ini bisa saja terjadi karena kadar hormon seperti estrogen atau progesteron dalam tubuh kamu, berlebihan atau terlalu sedikit. Jika kamu di usia 40 sampai 50 tahun, hal ini mungkin saja terjadi dikarenakan gejala menopause. Namun, kika kamu mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur hingga hitungan bulan padahal sedang tidak hamil, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter ya.

2. Mengalami gangguan tidur

7 Tanda Gangguan Hormon Menstruasi dan Cara Mengatasinya!
Ketidakseimbangan hormon membuat susah tidur

Progesteron adalah hormon yang dilepaskan oleh ovarium kamu. Hormon ini seharusnya bisa menangkap rasa kantuk. Jika tingkat hormon ini lebih rendah dari biasanya, maka kamu akan mengalami kesulitan tidur.

3. Jerawat kronis

7 Tanda Gangguan Hormon Menstruasi dan Cara Mengatasinya!
Jerawatan menjelang menstruasi

Wajah jerawatan menjelang haid adalah normal. Pasalnya, saat itu memang ada perubahan hormon dalam tubuh. Namun, bila kamu menderita jerawat kronis yang tak kunjung hilang, bisa jadi pertanda kalau dirimu mengalami hormon tak seimbang.

4. Mudah Lelah

Mudah merasa lelah adalah salah satu gejala yang paling umum dari ketidakseimbangan hormon. Kelebihan progesteron dapat membuat kamu mengantuk.

5. Mood yang naik turun dengan cepat

Perubahan hormon dapat menyebabkan mood kamu cepat berubah. Hormon estrogen bisa mempengaruhi kunci kimia di otak, seperti serotonin, dopamin, dan norepinephrine. Hormon ini membuat kamu bisa merasa gembira tetapi sejam kemudian bisa galau atau marah hanya karena hal sepele.

6. Sakit kepala

Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala, salah satunya tidak seimbangnya kadar hormon dalam tubuh. Khususnya bagi wanita, kadar estrogen sangat berpengaruh pada kondisi ini. Hal ini juga yang menjadi penyebab sakit kepala sering terasa ketika kamu sedang menstruasi.

Saat menstruasi, kadar estrogen dalam tubuh akan menurun. Sakit kepala pada siklus yang sama, bisa jadi pertanda kadar hormon kamu sedang berubah.

Baca Juga: 3 cara seimbangkan hormon menstruasi!

7. Perubahan nafsu makan, dan berat badan bertambah

Saat suasana hati sedang tak menentu, kadar estrogen dalam tubuh kamu akan berkurang, sehingga dirimu memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak. Hal ini pula yang menyebabkan tingkat hormon di tubuh dapat berperan dalam peningkatan berat badan. Kadar estrogen juga dapat mempengaruhi tingkat hormon leptin, yaitu hormon yang berperan dalam membantu mengatur asupan makanan.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk seimbangkan hormon menstruasi?

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan kembali hormon di dalam tubuh.

1. Konsumsi Protein yang Cukup

Makan makanan dengan konsep empat sehat lima sempurna bisa kamu lakukan loh. Sehingga kamu bisa mendapatkan protein yang cukup.

2. Olahraga Teratur

Yups aktivitas fisik memang terbukti bisa menyeimbangkan hormon. Kamu bisa melakukan olahraga 1 jam sehari untuk menyeimbangkan hormon di tubuhmu.

3. Kelola Stres

7 Tanda Gangguan Hormon Menstruasi dan Cara Mengatasinya!
Kelola stres dengan yoga

Kamu bisa mengelola stres dengan melakukan yoga atau manjakan dirimu dengan aktivitas santai yang bisa bikin rileks.

4. Hindari Makan Berlebih dan Kurang Makan

Yups makan berlebihan maupun kurang makan memang enggak baik nih. Jadi sebaiknya makan saja yang cukup ya.

Itulah berbagai penjelasan mengenai hormon menstruasi yang bisa membuat mood kamu berubah cepat. Kalau kamu sendiri, biasanya melakukan apa nih jika mood-mu tiba-tiba berubah saat menstruasi?

charm
pembalut charm
hormon adalah
hormon menstruasi dan fungsinya
gangguan hormonal
gangguan hormon pada wanita
Komentar (14)
A

SM
Syahrani Maulida
makasih tipsnya charm
a year ago
Balas
mi
mira
thanks charm, sangat membantu
a year ago
Balas
An
Anonymous
Makasih udah dikasih tau tentang hormon menstruasi. Setelah baca artikel ini aku jadi makin banyak tau.
6 months ago
Balas
floating-icon