Kembali

My Growing Up Body

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
3 cara seimbangkan hormon menstruasi!


Hormon, oh, hormon! 

Hormon tuh seperti pengantar pesan yang nyuruh-nyuruh tubuh untuk mengendalikan banyak  hal, mulai dari mood, rasa lapar, berat badan, dan banyak lagi. Termasuk, hormon menstruasi.  Mangkanya, kadar hormon yang nggak seimbang akan berimbas pada kesehatan tubuh. 

Apalagi sebagai anak cewek yang lagi di masa pubertas; kamu pasti mengalami yang namanya  menstruasi. Ternyata menstruasi ini juga disebabkan oleh hormon, juga lho! Nah, karena  hormon ini penting banget; kamu harus tahu kalau hormon bisa jadi nggak seimbang, Charm  Girls.

Baca Juga : 5 gangguan pada hormon menstruasi wajib kamu tahu!

Apa aja sih yang bakal terjadi sama tubuh kalau kamu punya hormon dan termasuk hormon  menstruasi nggak seimbang. 

1. Siklus menstruasi jadi berantakan 

Normalnya kan jarak antara menstruasi wanita dari bulan pertama ke bulan selanjutnya tuh  berlangsung antara 25 sampai 38 hari. Kalo ternyata siklusmu nggak sama setiap bulan, kadang  terlalu cepat atau justru terlambat sampe berbulan-bulan bisa jadi kamu mengalami  ketidakseimbangan hormon. Ini itu bisa terjadi kalo hormon seperti estrogen atau progesteron  dalam tubuh kamu berlebihan atau terlalu sedikit. 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Siklus Menstruasi Normal 

2. Susah tidur 

Progesteron, hormon yang dilepaskan oleh ovarium kamu tuh seharusnya bisa menangkap rasa  kantuk. Kalo tingkat hormon ini lebih rendah dari biasanya, maka kamu bakalan susah tidur.  Kadar estrogen yang tinggi juga bikin kamu gampang berkeringat di malam hari. Nggak enak kan kalo kebangun tengah malam, terus susah tidur lagi? 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Susah Tidur

3. Jerawatan parah banget 

Jerawat sih emang wajar banget, kamu juga lagi pubertas. Apalagi jerawatan sebelum haid  adalah normal; itu emang dikarenakan hormon menstruasi. Tapi, kalo kamu menderita jerawat  kronis yang tak kunjung hilang, mungkin hormonmu nggak seimbang tuh! 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Hormon Membuat Jerawat

Kelebihan kadar androgen (hormon yang dimiliki pria dan wanita) dapat menyebabkan kelenjar  minyak kamu bekerja lebih keras dan menyumbat pori-pori. 

Baca Juga : Hormon menstruasi juga bisa bikin tubuh berjerawat loh!
 

4. Gampang capek 

Kalo tadi bisa susah tidur, kelebihan progesteron bisa bikin kamu gampang mengantuk. Juga,  jika kelenjar tiroidmu kurang memproduksi hormon tiroid, ini dapat mengurangi energi kamu.  

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Mudah Lelah

5. Mood yang naik turun alias labil! 

Perubahan hormon dapat menyebabkan mood kamu cepat berubah. Hormon estrogen bisa  mempengaruhi kunci kimia di otak, seperti serotonin, dopamin, dan norepinephrine. Ini  membuat kamu bisa ngerasa gembira tapi kemudian sejam kemudian bisa galau atau bete  hanya karena hal sepele. Labil banget deh, pokoknya! 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Mood Tidak Stabil 

Ih, tentunya kamu nggak mau ngerasain hal-hal tersebut kan? Yuk, kita cari tahu cara  memperbaiki hormon haid biar kamu juga selalu sehat! 

1. Makan yang sehat 

Emang, apapun masalahnya; yang pertama kali dilakukan emang harus menjaga pola makan,  Charm Girls. Untuk memastikan bahwa hormon kamu nggak terlalu aktif atau sebaliknya,  penting untuk memiliki nutrisi dan makanan yang tepat. Kamu bisa mengonsumsi makanan  yang mengandung protein, kaya serat, dan mengurangi jumlah karbohidrat dan gula. 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Makan Makanan Sehat

  2. Olahraga teratur 

Nggak cuma hanya bagus untuk kesehatan fisik, tetapi juga menjaga keseimbangan hormon.  Olahraga dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi hormon anti-inflamasi dan  meningkatkan sensitivitas insulin. 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Manfaat Olahraga Teratur 

Latihan seperti aerobik, yoga dan dance gitu bagus kok untuk meningkatkan kadar hormon dan  kualitas hidup. Asal tetap aktif bergerak, jangan mager mulu, Charm Girls! 

3. Keep happy! 

Kalo stres nggak ditangani dengan tepat bisa menjadi kronis hingga kemudian mengganggu  produksi hormon, lho. Kortisol dan adrenalin akan terganggu yang jika tidak dikendalikan malah  bikin kamu sakit! 

3 cara seimbangkan hormon menstruasi!
Keep Happy 

Tetap berpikiran positif, jangan banyak bete, dan tetap lakukan apapun yang hobi/kegiatan  yang kamu suka! Don’t forget to smile, Charm Girls!

Komentar (0)
A