Kembali

Girl's Life

Gejala Menstruasi Bikin Sakit Kepala, Coba Makan Ini!

Gejala Menstruasi Bikin Sakit Kepala, Coba Makan Ini!


Menstruasi bisa menimbulkan gejala yang beda-beda pada tiap orang. Yang nyebelin adalah ketika menstruasi bikin pusing atau sakit kepala. Sudah badan nggak nyaman, ditambah pula sama kepala yang terasa nyeri dan nyut-nyutan.

Gejala Menstruasi Bikin Sakit Kepala, Coba Makan Ini!
Merasa pusing saat menstruasi

Sebetulnya, kenapa sih, banyak orang merasa pusing saat menstruasi? Terus, ada nggak makanan yang bisa mengurangi keluhan ini? Yuk, simak jawabannya di sini!

Baca Juga: Apa Itu Datang Bulan dan Apa Saja Gejala yang Muncul?

Penyebab pusing saat menstruasi

Selama menstruasi, hormon-hormon dalam tubuh kamu mengalami perubahan. Hal ini berpengaruh banyak sama tubuh, termasuk bisa memicu sindrom pramenstruasi (PMS) yang salah satu tandanya adalah pusing, sakit kepala, atau migrain.

Sakit kepala ini biasanya disebabkan oleh penurunan level estrogen dan progesteron. Estrogen adalah hormon seks pada wanita, sedangkan progesteron merupakan hormon yang membantu perlekatan sel telur di dinding rahim.

Kedua hormon ini juga mengatur zat kimia di otak yang berperan dalam memunculkan nyeri. Begitu jumlahnya menurun, tubuh bakal jadi lebih peka terhadap rasa sakit. Rasa sakit ini juga terasa di kepala dan kondisi ini disebut sakit kepala hormonal.

Sakit kepala hormonal biasanya muncul bareng gejala menstruasi yang lain, seperti perut kram, jerawatan, dan uring-uringan. Rasa nyerinya mungkin lebih parah dari sakit kepala pada umumnya dan bisa muncul lagi pada hari berikutnya.

Makanan untuk mengatasi sakit kepala saat haid

Sakit kepala saat menstruasi biasanya diatasi dengan obat-obatan pereda nyeri yang bisa dibeli secara bebas. Tapi, kalau kamu lebih suka yang alami, ada juga beberapa makanan yang bisa bantu mengurangi keluhan ini.

Yuk, tengok makanan apa aja yang sebaiknya kamu coba.

1. Sayuran hijau

Kadar zat besi darah bisa turun drastis selama menstruasi, apalagi kalau darah yang keluar cukup banyak. Gejalanya yaitu pusing, lesu, dan badan nyeri. Nah, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli bisa bantu meningkatkan kadar zat besi. Ada tips untuk kamu yang tidak terlalu suka sayuran! Kamu bisa mengakalinya dengan mencoba-coba tipe masakan sayuran, seperti dibikin cah, atau bahkan dihidangkan seperti gado-gado!

Baca Juga: Gejala menstruasi nggak selalu bikin kamu rebahan

2. Ikan berlemak

Gejala Menstruasi Bikin Sakit Kepala, Coba Makan Ini!
Ikan salmon pereda nyeri alami saat menstruasi

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan ikan kembung mengandung pereda nyeri alami berupa omega-3. Selain itu, kandungan zat besinya juga bakal meningkatkan kadar zat besi darah yang biasanya turun selama menstruasi.

3. Kunyit

Kunyit punya senyawa antiradang yang ampuh mengatasi berbagai gejala menstruasi, termasuk sakit kepala. Banyak penelitian udah membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kunyit ternyata mengalami gejala PMS yang lebih ringan. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung olahan kunyit, seperti nasi kuning, ayam kuah pindang, opor ayam, dan lainnya. Atau bisa juga mengkonsumsi jamu kunyit asem.

4. Tahu dan tempe

Menurut sejumlah ahli, orang yang kekurangan magnesium biasanya mengalami sakit perut dan pusing yang lebih parah waktu menstruasi. Untuk mencegah ini, kamu bisa makan makanan yang kaya magnesium, misalnya tahu dan tempe.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam nggak cuma bikin mood naik, tapi juga berguna buat mengurangi gejala PMS. Ini karena cokelat hitam kaya zat besi dan magnesium. Ngemil cokelat hitam bisa bantu memenuhi kebutuhan mineral tersebut sehingga sakit kepala bisa berkurang.

6. Buah-buahan

Kadang, pusing saat menstruasi bisa bertambah parah jika kamu dehidrasi. Buah yang banyak mengandung air seperti semangka, pir, dan jeruk bakal membantu memenuhi kebutuhan cairan sehingga kamu terhindar dari dehidrasi.

7. Kacang-kacangan

Gejala Menstruasi Bikin Sakit Kepala, Coba Makan Ini!
Kacang-kacangan membantu gejala menstruasi

Kacang tanah, almon, mete, dan sejenisnya adalah sumber omega-3 serta magnesium. Berkat kandungan gizi tersebut, makan kacang bisa membantu mengurangi keparahan gejala PMS, terutama buat mencegah sakit kepala.

Walaupun nggak berbahaya, pusing saat menstruasi memang mengganggu banget. Pada beberapa orang, gejala menstruasi ini bahkan bisa sampai menghambat aktivitas sehari-hari. Kalau udah begini, jangan diabaikan ya, Charm Girls!

gejala menstruasi
pusing saat menstruasi
charm
pembalut charm
makanan untuk mengatasi sakit kepala saat haid
Komentar (28)
A

An
Anonymous
Nice information!💖
11 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
yeayyy! 💖
2 days ago
An
Anonymous
Wah solusinya bagus nih buat kami para cewe saat mens. Thxuu charm💖
11 days ago
Balas
Yf
Yunita firdayanti
Ini sangat bermanfaat banget sii, thanks charm 🥰
11 days ago
Balas