Kembali

Girl's Life

Bau Saat Menstruasi Bikin Panik, Harus Apa Ya?

Bau Saat Menstruasi Bikin Panik, Harus Apa Ya?


Charm Girls mungkin sadar kalau ada bau-bau khas yang muncul dari badan waktu menstruasi. Selain bikin banyak cewek minder buat ketemu orang, bau menstruasi yang sebenarnya normal ini bahkan kadang bikin panik.

Sebetulnya dari mana sih, munculnya bau haid ini? Terus, ada nggak ya cara buat menghilangkannya? Yuk, simak jawabannya di sini.

Penyebab bau menstruasi

Darah yang keluar saat menstruasi sebenarnya bukan cuma darah. Ada juga jaringan rahim, sel telur yang nggak dibuahi, cairan vagina, dan bakteri yang tidak dibutuhkan tubuh. Bahan-bahan ini yang bikin badan ngeluarin bau khas saat kamu menstruasi.

Uniknya, bau menstruasi nggak selalu sama dari waktu ke waktu. Kalau jumlah bakteri dalam vagina bertambah, baunya mungkin bakal berubah. Namun, bau ini semestinya nggak bakal kecium sama orang lain.

Kalaupun kecium, ini mungkin berkaitan sama kebersihan diri kamu, Charm Girls. Bau yang terlalu menyengat atau nggak sedap juga bisa jadi tanda adanya gangguan dalam vagina. Biasanya, ini yang perlu kamu periksakan lebih lanjut ke dokter.

Apakah bau menstruasi kamu normal?

Ada macam-macam bau menstruasi yang bisa dialami seseorang. Supaya bau saat haid nggak bikin panik, yuk, kenali kayak apa bau yang normal dan yang nggak.

1. Logam

Bau haid yang kayak logam asalnya dari kandungan zat besi dalam darah. Kamu nggak perlu cemas, sebab bau yang satu ini tergolong normal. Bau logam ini biasanya bakal menghilang begitu masa menstruasi kamu selesai.

2. Manis

Rasanya aneh banget kalau tubuh ngeluarin bau manis saat haid. Tapi, fenomena ini ternyata beneran ada. Bau yang unik ini umumnya muncul kalau kondisi vagina agak asam dan bakteri vagina lagi banyak-banyaknya. Namun, bau ini pun dapat menghilang seiring siklus menstruasi berjalan dan berhenti.

3. Bau badan

Bau Saat Menstruasi Bikin Panik, Harus Apa Ya?
Bau badan mirip dengan bau menstruasi

Kalau bau menstruasi kamu mirip sama bau badan, kamu nggak perlu panik. Bau ini muncul karena kelenjar apokrin di sekitar organ intim ngeluarin keringat. Begitu keringat bercampur sama bakteri, muncul deh bau yang mirip sama bau badan atau ketiak.

4. Amis

Bau amis yang muncul waktu menstruasi biasanya jadi tanda vaginosis bakterial atau infeksi bakteri lainnya. Selain bau amis, mungkin juga ada cairan putih atau abu-abu yang keluar dari vagina. Gejala ini sebaiknya diperiksakan lebih lanjut, ya, Charm Girls!

5. Busuk atau nggak sedap

Bau Saat Menstruasi Bikin Panik, Harus Apa Ya?
Bau tidak sedap saat menstruasi

Bau busuk, nggak sedap, atau menyengat yang muncul saat haid memang suka bikin panik dan insecure. Penyebabnya macam-macam, tapi yang paling sering yaitu akibat tidak mengganti pembalut karena adanya bakteri yang bercampur dengan keringat saat menstruasi.

Cara mengatasi bau menstruasi

Bau saat menstruasi biasanya bukan masalah serius. Tapi, kamu mungkin jadi panik dan nggak nyaman kalau bau khas ini tercium sama orang lain di dekatmu. Untungnya, cara mengatasinya gampang banget.

Hal utama yang harus kamu lakukan nggak lain adalah menjaga kebersihan diri. Bau haid kadang muncul bukan karena keluarnya darah, cairan vagina, atau keringat, tapi karena bakteri yang membludak dan bercampur sama semua cairan tubuh itu.

Jangan lupa ganti pembalut secara berkala, seenggaknya setiap empat jam sekali atau ketika kamu udah merasa nggak nyaman. Kamu juga harus ganti pembalut secara rutin meskipun udah di ujung masa haid dan nggak banyak mengeluarkan darah.

Jenis pembalut yang kamu pakai juga punya peran penting, lho, Charm Girls! Pilihlah pembalut mengandung antiseptik alami yang bisa memberikan rasa bersih, mencegah iritasi, mengurangi gatal dan bau, serta merawat area kewanitaanmu.

Darah menstruasi bisa menimbulkan bau yang bikin banyak cewek panik, apalagi ketika orang lain di dekat kamu sadar akan itu. Walaupun kamu udah mengganti pembalut sampai menyemprotkan parfum, semua cara ini kadang nggak bekerja.

Sekarang kamu nggak perlu panik! Charm Herbal Ansept+ yang hadir dengan formulasi daun sirih plus herbal pilihan bisa mengatasi masalah bau saat menstruasi!

Jadi #ByeBauByePanic! Yuk, jadi lebih percaya diri bersama Charm sehingga Tak Ada Momen Terlewatkan!

bau menstruasi
charm
pembalut charm
charm herbal ansept+
penyebab bau menstruasi
cara mengatasi bau menstruasi
Komentar (19)
A

Avatar Profile Image
Atika Nurwan indriani
Thank you, bermanfaat bangt
14 days ago
Balas
sh
shifa
Terimakasih charm, artikel ini sangat bermanfaat bagiku
13 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Mona Priscilla
Right banget ini kak. :) Bikin panik kalau dah kaya gitu.
11 days ago
Balas