Kembali

Tentang Menstruasi

Apa yang Disebut Menstruasi dan Tidak Boleh Dilakukan?

Apa yang Disebut Menstruasi dan Tidak Boleh Dilakukan?


Menstruasi memang menjadi salah satu aktivitas alamiah yang dialami oleh Charm Girls. Namun sebenarnya, apa yang disebut sebagai Menstruasi itu?

Menstruasi adalah suatu fase yang sangat wajar dialami oleh setiap wanita sejak remaja loh, Charm Girls. Di mana, biasanya setiap bulan, kamu akan mengalami pendarahan dalam rentang waktu lima sampai sepuluh hari. Nah, siklus menstruasi atau disebut juga dengan Haid ini, terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh kamu. Perubahan tersebut tentunya mempunyai durasi tersendiri ya. Biasanya nih, siklus terjadi rata-rata setiap 28 hari. Jumlah darah yang keluar saat haid pun bisa mencapai 20–60 mililiter loh Charm Girls!

Apa yang Disebut Menstruasi dan Tidak Boleh Dilakukan?
Cek siklus menstruasi kamu!

Selepas dengan apa yang disebut Menstruasi, siklus ini seharusnya enggak mengganggu kamu untuk melakukan aktivitas ya. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari untuk mencegah datang bulan kamu tidak semakin memburuk.

Apa yang Disebut Menstruasi dan Apa yang Harus Dihindari?

Yups, nyatanya ada beberapa hal yang mesti Charm Girls hindari untuk mencegah haid kamu tidak semakin memburuk. Apa saja sih, hal-hal yang perlu Charm Girls hindari saat sedang datang bulan? Yuk, lihat penjelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir dari laman Hello Sehat!

1. Menonton film yang membuat emosi kamu jungkir balik

Meskipun terdengar sepele, namun menghindari film yang menguras emosi kamu berpengaruh banget agar kondisi menstruasi-mu tidak semakin parah.

Baca Juga: Apa yang disebut menstruasi dan apa ciri-cirinya?

Selama datang bulan, tubuh Charm Girls akan mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron. Oleh karena itu, emosi kamu enggak akan seimbang. Sehingga, kamu mungkin merasa senang, lalu tiba-tiba marah, kesal, dan takut. Jadi sebaiknya hindari menonton film yang membuat kamu badmood ya!

2. Waxing dan cabut bulu

Penurunan hormon estrogen dan progesteron juga membuat tubuh kamu lebih peka terhadap rasa sakit loh. Charm Girls pun mengalami perubahan yang ada di tubuh, seperti payudara bengkak, badan pegal-pegal dan sebagainya. Jadi sebaiknya, hindari deh kegiatan yang dapat membuat kamu merasa sakit, seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, mencabut bulu alis dan bulu halus lainnya. Lebih baik menunggu sampai menstruasi kamu selesai ya.

3. Berdiam diri atau mager alias malas gerak

Menjelang dan saat siklus menstruasi berlangsung, biasanya kamu akan mengalami gejala PMS. Namun, apa sih artinya PMS? PMS adalah sekumpulan gejala ketidaknyamanan fisik dan mental yang terjadi sekitar satu sampai dua minggu sebelum dimulainya haid, namun akan menghilang ketika pendarahan haid dimulai.

Gejala PMS yang dimaksud adalah seperti mengalami pegal-pegal di bagian tubuh, perut kram, dan lain-lain. Sehingga tak heran, kalau Charm Girls merasa ingin menghabiskan waktu seharian di dalam rumah aja.

Baca Juga: Apa itu Menstruasi dan Fertilasi? Charm Girls Wajib Tau!

Faktanya nih olahraga bisa meringankan rasa sakit akibat kram dibagian perut kamu loh. Namun, perlu di garis bawahi, kamu juga perlu menghindari olahraga tertentu ya. Contohnya seperti olahraga berat yang hanya akan menambah rasa sakit tersebut.

4. Menggunakan pembalut selama seharian penuh

Apakah kamu termasuk orang yang sering lupa mengganti pembalut? Jika iya, kamu harus segera mengubah kebiasaan tersebut!

Mengganti pembalut perlu dilakukan sekitar empat jam sekali, dan bisa lebih, ketika darah yang dikeluarkan berada dalam jumlah banyak. Pembalut yang tidak diganti dapat menyebabkan bakteri dan menyerang tubuh kamu.

5. Memakan makanan yang mengandung garam tinggi

Makanan yang mengandung garam tinggi juga dapat menyebabkan perut kamu kembung loh! Garam sering ditemukan pada makanan cepat saji.

Sehingga lebih baik, kamu memilih makanan seperti buah-buahan, sayuran-sayuran, dan makanan sehat lainnya. Selain garam, kamu juga perlu menghindari minuman berkafein seperti cokelat, kopi, hingga teh. Sebab, kafein dapat mengacaukan hormon di tubuh kamu.

6. Tidak ngemil

Camilan sehat tidak boleh dilewatkan saat kamu sedang menstruasi. Kamu mungkin kehilangan banyak darah, dan merasa lemah, sehingga dirimu perlu asupan nutrisi yang cukup.

Nah, daripada Charm Girls ngemil makanan yang tidak sehat, kamu bisa memilih alternatif lain seperti makan oatmeal, atau buah-buahan ya.

Apa yang Disebut Menstruasi dan Tidak Boleh Dilakukan?
Jangan lupa konsumsi buah saat menstruasi

Itulah apa yang disebut menstruasi dan beberapa hal yang bisa kamu hindari saat menstruasi nih, Charm Girls. Semoga dengan cara tersebut, menstruasi kamu enggak bakal menghalangimu dalam melakukan aktivitas sehari-hari ya. Nah, ada 1 rahasia penting lagi untuk kamu saat menstruasi, yaitu memilih pembalut yang tepat! Charm hadir dengan beberapa line product yang bisa kamu pilih sesuai kegunaan dan kebutuhan ya.

charm
pembalut charm
menstruasi
apa yang disebut menstruasi
apa artinya pms
apa yang tidak boleh dilakukan saat haid
Komentar (8)
A

Ri
Risma
duh masih suka banget ngemil tapi gak sehat :( next coba ikutin sarannya charm deh!
13 days ago
Balas
Fi
Fiyah
info yang bermanfaat terima kasih
12 days ago
Balas
ci
citra
thanks, sangat membantu buat kaum hawa
9 days ago
Balas