Kembali

Girl's Life

Nyeri Menstruasi Buat Payudara Terasa Nyeri, Kenapa?

Nyeri Menstruasi Buat Payudara Terasa Nyeri, Kenapa?


Nyeri di bagian tubuh tertentu memang terkadang menjadi salah satu ciri jika Charm Girls akan segera mengalami menstruasi atau haid. Salah satu bagian tubuh yang sering mengalami nyeri menstruasi adalah payudara.

Tak mengherankan, kalau terkadang payudara kamu terasa sakit dan tidak nyaman saat datang bulan. Namun, kenapa ya, payudara kamu bisa terasa nyeri?

Penyebab Nyeri Payudara saat Menstruasi

Ternyata, ada alasan ilmiah kenapa payudara kamu bisa terasa nyeri saat menstruasi loh. Dilansir dari situs Hello Clue, nyeri pada bagian payudara atau bisa disebut juga dengan Mastalgia adalah gejala pra-menstruasi yang umum terjadi pada Charm Girls. Ya, payudara pun akan terasa berat atau nyeri akibat perubahan hormon esterogen dan progesteron yang ada di tubuh. 

Nyeri pada bagian payudara ini, biasanya terjadi setelah ovulasi dan sebelum menstruasi. Gejala nyeri pada payudara juga biasanya akan menghilang saat menstruasi dimulai. Tak mengherankan kalau gejala ini bahkan sering dijadikan prediksi terkait dengan siklus menstruasi kamu.

Meskipun begitu, nyeri pada bagian payudara bukan hanya terjadi pada saat menstruasi ya. Ada juga nih, Charm Girls yang mengalami nyeri pada bagian payudara di luar menstruasi. Contohnya adalah orang yang menggunakan kontrasepsi, perawatan kesuburan, pendarahan abnormal, atau terapi hormon selama menopause.

Baca Juga: 12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba!

Hal Yang Bisa Dilakukan Ketika Nyeri Pada Payudara Saat Menstruasi

Charm Girls, ketika kamu mengalami rasa nyeri di bagian payudara, dirimu bisa mengikuti beberapa cara ini untuk meminimalisir gejalanya ya. Dilansir dari laman Very Well Health, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah dan meredakan nyeri di bagian payudara saat menstruasi. Yuk disimak!

1. Kenakan supporting bra

Kamu bisa memakai supporting bra untuk mengurangi pantulan dan goyangan jaringan payudara selama menstruasi,loh. Hal ini pun bisa mengurangi rasa nyeri pada bagian payudara kamu. Selain itu, hal yang harus kamu perhatikan juga ukuran yang sesuai dan bahan yang tidak terlalu ketat untuk menghindari sesak napas.

Nyeri Menstruasi Buat Payudara Terasa Nyeri, Kenapa?
Supporting bra untuk mengurangi risiko kanker payudara

2. Kompresan air panas atau dingin

Selain itu, kamu bisa menggunakan kompresan air panas atau dingin ya. Caranya, gunakan handuk, kain lembut, atau alat kompresan lalu oleskan kompresan tersebut selama 20 menit setiap kali di payudara kamu. Cara tersebut bisa meredakan rasa nyeri yang kamu alami.

3. Batasi minuman berkafein

Buat Charm Girls yang suka mengkonsumsi minuman berkafein, seperti teh, coklat, minuman ringan, hingga kopi, mesti hindari dulu untuk menyantapnya nih. Pasalnya, minuman yang mengandung kafein, dapat menambah rasa nyeri pada payudara loh!

Nyeri Menstruasi Buat Payudara Terasa Nyeri, Kenapa?
Kurangi kafein untuk mengurangi risiko kanker payudara

Baca Juga: Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?

4. Mengkonsumsi herbal dan vitamin

Diketahui, bahwa suplemen seperti Vitamin E dan Vitamin B6 dapat membantu mengurangi nyeri pada payudara loh. Tetapi. sebelum mengkonsumsi vitamin, perhatikan dosis yang kamu butuhkan, karena setiap orang membutuhkan dosis yang berbeda. Untuk lebih jelasnya,  kamu bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya.

Nyeri Menstruasi Buat Payudara Terasa Nyeri, Kenapa?
Mengkonsumsi vitamin untuk mengurangi risiko kanker payudara

5. Menghilangkan rasa stres

Stres dapat memperburuk rasa sakit loh Charm Girls. Salah satunya seperti nyeri di bagian payudara yang terkait dengan siklus menstruasi ini nih. Nah, kamu bisa mengurangi tingkat stres dengan melakukan olahraga ringan, hingga latihan pernapasan sederhana. Aromaterapi diyakini juga dapat membantu kamu rileks, meredakan stres dan mengurangi nyeri pada payudara.

Itulah penyebab kenapa payudara kamu bisa terasa nyeri saat menstruasi ya, Charm Girls. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal di atas untuk mengurangi rasa nyeri ketika gejala tersebut muncul saat siklus menstruasi kamu datang. Namun, jika rasa nyeri yang kamu alami tidak kunjung reda meskipun sudah selesai menstruasi, dirimu bisa langsung konsultasikan hal tersebut ke dokter terdekat ya!

charm
pembalut charm
nyeri haid
nyeri payudara
nyeri menstruasi
payudara nyeri haid tak kunjung datang
payudara sakit sebelum haid
payudara nyeri saat haid
Komentar (8)
A

Avatar Profile Image
Rohma Putri Handayani
Oh begitu ya, terima kasih informasinya sangat bermaanfaat untuk saya, terlebih saya mengalami ketakutan jika payudara nyeri menjelang haid.
13 days ago
Balas
ni
nilla
Thanks infonya
9 days ago
Balas
BA
Bela Ananda
makasih infonya
8 days ago
Balas