Kembali

My Growing Up Body

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?


Apa itu keputihan? 

Sebelum menstruasi, kamu akan mengalami keputihan, Charm Girls. Keputihan adalah cairan  dan sel yang keluar dari vagina, kok; dan it’s totally normal! Nah, banyak cewek yang langsung  cemas dan was-was begitu tahu ia keputihan. Apakah kamu salah satunya, Charm Girls? 

Tenang aja, lho! Keputihan tuh adalah cara alami tubuh membersihkan vagina dan menjaganya  tetap sehat. Keputihan juga berfungsi sebagai pelumas vagina alami untuk melindunginya dari  infeksi dan iritasi. 

Ada yang normal, ada yang nggak normal 

Meski begitu, ada juga keputihan yang nggak normal. Penyebab keputihan nggak normal bisa  bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri seperti bacterial vaginosis, infeksi jamur vagina,  hingga penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia, dan trikomoniasis.  

Nggak usah panik dulu, mending bersama kita lihat untuk mengetahui bedanya antara cairan  keputihan yang normal dan nggak normal.

1. Perhatikan kekentalannya, ada juga yang cair seperti air ataupun yang kental lengket seperti  jeli. 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Keputihan Kental 

2. Jumlah keputihan, biasanya sih bakal lebih banyak keluar saat kamu sedang ovulasi atau  sedang stress. 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Keputihan Banyak 

3. Aroma keputihan, kalo normal sih akan berwarna jernih transparan dan nggak mengeluarkan  bau amis (bahkan tidak berbau sama sekali). Ada juga yang cair seperti air, dan yang kental  lengket seperti jeli. 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Keputihan Bau Amis 

Nah, diluar dari itu berarti ada yang nggak beres dengan keputihan kamu, Charm Girls!

By the way, keputihan bisa banget berbau amis!  

Tentu saja ada penyebab keputihan bau amis. Normalnya sih, vagina punya banyak bakteri baik  bernama Lactobacillus sp. Berkurangnya jumlah Lactobacilli menyebabkan produksi asam laktat  menurun, sehingga pH vagina lebih basa dan mendukung pertumbuhan bakteri lain yang bandel  

seperti Gardnerella vaginalis dan Mycoplasma hominis. Bakteri baik jadi kalah jumlah dan  bakteri bandel ini yang bikin keputihan berbau amis. 

Gimana caranya biar keputihan bau amis bisa pergi! 

Bau amis ini emang ganggu banget dan bikin auto minder. Rasanya langsung overthinking, takut  orang-orang di sekitar bisa mencium keputihan bau amis kamu. Ih, kalem bentar, ini ada  beberapa cara yang dapat kamu lakukan biar keputihan bau amis nggak terjadi lagi. 

1. Bersihkan diri dengan baik 

Selfcare time! Bersihkan area di selangkangan. Bersihkan dengan gerakan lembut melingkar  dari arah depan ke belakang; lalu keringakn dengan handuk lembut akan membantu  membersihkan kulit mati, keringat, dan kotoran. Vagina tuh jauh lebih sensitif, dan sabun sering  memicu iritasi. Cukup pake air mengalir di area tersebut udah cukup banget untuk menjaga  labia di sekitar vagina tetap bersih. 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Cara Mengatasi Keputihan

 2. Jangan pake sabun! 

Wangi sih, tapi aroma dan bahan kimia dapat mengganggu pH alami vagina, jadi air biasa udah  cukup banget kok! 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Hindari Sabun Kewanitaan

3. Jangan semprotkan pewangi ke area vagina 

Gara-gara insecure kamu pengen nyemprot parfum biar orang lain nggak mencium keputihan  bau amis! Tapi jangan disemprotkan langsung ke vagina. Gunakan di baju dan celana, asalkan  nggak terlalu banyak. Memasukkan pewangi akan mengganggu sistem kimia alami tubuh dan  mengakibatkan masalah yang lebih gede lho, nanti! 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Hindari Parfume di Daerah Kewanitaan 

4. Rajin ganti celana dan pakaian dalam 

Kalau biasanya kamu suka pake jeans ketat atau satin, sutra, atau polyester, beralihlah ke katun  100 persen. Kapas, celana yang nggak ketat atau bahkan rok juga bikin vagina mudah bernapas  karena sirkulasi udara yang baik dan membantu menghilangkan keringat dan cairan dari tubuh. 

Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?
Ganti Pakaian dalam Secara Berkala 

Kelembapan yang berlebihan mengganggu tingkat bakteri alami sehingga mengakibatkan  infeksi.  

Itulah cara mengatasi keputihan bau amis, Charm Girls. Bila masalah keputihan nggak kunjung  hilang, 

please 

kasih tau orang tuamu untuk pergi dan periksakan diri ke dokter, karena  dikhawatirkan ada penyakit atau infeksi yang sedang kamu alami!

Komentar (0)
A