Kembali

Tentang Menstruasi

Apa itu keputihan? Kenapa Keputihanku kental?

Apa itu keputihan? Kenapa Keputihanku kental?


Charm Girls, pasti pernah bertanya-tanya apa itu keputihan? Keputihan adalah cairan lengket yang menempel pada celana dalam, normal banget kok dialami perempuan. Malah ada sebagian besar wanita mengeluarkan sekitar satu sendok teh keputihan setiap harinya lho.

Keputihan ini bukan cairan biasa, dia adalah cairan yang bercampur dengan sel dan keluar melalui organ intim untuk menjaga keseimbangan pH di vagina agar tetap lembab dan bersih. Umumnya sih encer, tapi ada juga yang kental dan berwarna putih susu. Lantas, keputihan kental itu pertanda apa?

Tenang Charm Girls, keputihan kental berwarna putih susu yang keluar dari vagina tidak selalu menandakan penyakit. Keluarnya keputihan ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi wanita sehingga jumlah, maupun warnanya bisa berubah-ubah tergantung siklus menstruasi yang sedang dilalui.

Secara normal, kondisi ini justru bisa memberikan kabar baik karena ini tandanya sedang masuk masa subur. Jika disertai bau, gatal dan gejala gangguan lainnya, itu dia yang harus kamu waspadai karena dapat menandakan penyakit seperti infeksi jamur. Supaya nggak khawatir, yuk kita lihat tanda keputihan kental berwarna putih susu.

Apa itu keputihan? Kenapa Keputihanku kental?
Keputihan kental

Baca Juga: Apa itu keputihan? Kenapa keputihanku bau amis?

1. Keputihan Kental Tanda Masa Subur

Keputihan kental berwarna putih susu yang keluar menandakan kamu sedang berada di masa subur. Jika masa subur sudah dekat, berarti ovulasi atau pelepasan sel telur yang sudah matang ke rahim, sudah akan terjadi.

Semakin mendekati hari pertama haid, maka keputihan yang keluar akan semakin pekat dan kental. Jika dilihat dari warna dan konsistensinya, keputihan warna putih susu yang sedikit kental, menandakan pertengahan masa subur. Sementara keputihan yang lebih bening dan lengket, menandakan sedang berada di masa paling subur.

2. Keputihan Kental Tanda Kehamilan

Meningkatnya kadar hormon selama kehamilan membuat produksi cairan di vagina juga bertambah. So, jangan heran jika keputihan kental berwarna putih susu juga bisa menjadi penanda kamu sedang hamil muda lho, Charm Girls. Namun, apa kondisi keputihan berwarna putih susu seperti ini normal?

Jawabannya iya, ini normal kok, Charm Girls. Kondisi ini disebut sebagai leukorrhea dan merupakan hal yang normal terjadi selama kemunculannya tidak disertai gejala mengganggu lainnya. Keputihan ini berfungsi untuk melindungi rahim dari bakteri yang berisiko menimbulkan gangguan pada janin.

Baca juga: Apa itu keputihan yang gak selamanya putih

3. Keputihan Kental Tanda Akan Menstruasi

Keputihan juga bisa menandakan bahwa kamu akan menstruasi, Charm Girls! Saat itu tubuh sedang mencoba membersihkan vagina dari zat-zat dan mikroorganisme yang berpotensi menimbulkan gangguan.

Keputihan kental berwarna putih susu itu, berisi sel darah putih, sisa sel-sel yang sudah mati, dan bakteri. Keputihan yang muncul beberapa hari sebelum menstruasi juga berfungsi untuk menjauhkan sperma dari leher rahim. Sebab, di masa-masa tersebut, tidak ada sel telur yang dapat dibuahi.

4. Keputihan Kental Tanda Infeksi Jamur

Keputihan kental berwarna putih susu dan banyak mengandung gumpalan, biasanya menandakan adanya infeksi jamur. Selain keputihan, gejala infeksi lain pun akan muncul menyertai, seperti iritasi di area vagina disertai rasa panas dan perih, gatal yang parah, atau kulit di area vagina menghitam.

Segeralah periksakan ke dokter jika tanda-tanda keputihan kental berwarna putih susu disertai dengan gejala lain seperti berdarah, siklus menstruasi yang tidak teratur, sakit saat buang air kecil dan aroma menyengat dari vagina. Jadi itulah penjelasan mengenai apa itu keputihan, jangan bingung lagi ya, Charm Girls!

menstruasi
keputihan
keputihan kental
Komentar (8)
A

AR
Alicia Ramadhanty
oooh ternyata kayak gitu ya, makasih charm infonyaaa!!
a month ago
Balas
An
Anonymous
wah bagus nih infonya, thanks charm!!
a month ago
Balas
An
Anonymous
ternyata keputihan kental nggak selalu negatif ya.. jadi nggak perlu panik lagi sekarang. thankyou infonya
a month ago
Balas