Kembali

Tentang Menstruasi

Apa itu keputihan yang gak selamanya putih
Apa itu keputihan yang gak selamanya putih


Buat kamu yang sudah atau sedang bersiap-siap untuk mendapatkan menstruasi pertama, bersiaplah untuk suatu fenomena bernama keputihan! Waduh, apa itu keputihan

Tenang, Charm Girls! Keputihan adalah salah satu kondisi yang normal banget dialami semua perempuan, lho.. Keputihan ini bukan cairan biasa, namun adalah cairan yang bercampur dengan sel dan keluar melalui organ intim kamu; pada umumnya sih berwarna bening atau putih. Sebenarnya penyebab keputihan dan cara mengatasinya yaitu untuk menjaga kesehatan vagina dari infeksi serta iritasi serta tak butuh solusi kok. Keputihan emang wajar banget terjadi!

Baca Juga : Pembalut keputihan (pantyliner) - Charm Girl's Talk

Apa itu keputihan yang gak selamanya putih
Remaja Mengalami Keputihan 

Apa itu keputihan normal terjadi ? bisa saja berbentuk encer atau lengket, Charm Girls. Warnanya pun bisa bening hingga berwarna putih susu. Jadi, bisa dibilang keputihan berwarna putih susu menandakan kondisi normal tanpa masalah kesehatan.

Siapa dari kalian yang merasa terganggu dengan hadirnya keputihan ini, Charm Girls? Banyak kok anak perempuan yang merasa risih dan tidak nyaman dengan keputihan karena membuat area kewanitaan terasa lembab dan terkesan mengotori pakaian dalam. Apalagi, jumlah keputihan yang keluar nggak bisa kita ketahui dan warnanya bisa berubah-ubah.

Apa itu keputihan yang gak selamanya putih
Keputihan Mengotori Pakaian Dalam

Loh? Apa itu keputihan dan apakah warnanya memang bisa berubah-ubah tidak selalu berwarna putih?
Hal itu pasti ada di dalam benak kalian dan jawabannya adalah ya! Ini dia yang harus kamu waspadai, Charm Girls. Kalo ada perubahan warna dan aroma aneh, bisa jadi pertanda ada hal yang terjadi pada tubuhmu! Yuk, kita lihat warna-warna pada keputihan.

 

 

 

Apa itu keputihan yang gak selamanya putih
Warna-Warna Keputihan
  1. Apa itu keputihan dengan warna merah kecoklatan

    Kalau kamu menemukan cairan kental atau keputihan yang berwarna merah atau kecoklatan, itu tandanya tubuhmu sedang ada pada masa menstruasi; baik sebelum atau sesudah. Biasanya sih keputihan akan ada seperti bercak atau disebut juga dengan flek. Warna keputihan ini berubah karena darah yang teroksidasi di dalam tubuh. Bisa juga ketika darah perlu waktu tambahan untuk keluar dari rahim. Ohya, hormon estrogen juga berperan dalam perubahan warna keputihan, Charm Girls.

    By the way, jika keputihan berwarna merah kecoklatan ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, segera bilang kepada orang tua dan minta tolong mereka untuk membawamu ke dokter. Karena mungkin saja ada masalah kesehatan yang serius, lho, Charm Girls!
     

2. Apa itu keputihan bila berwarna putih seperti susu

Yeay! Keputihan dengan warna putih seperti susu atau cream adalah cairan yang normal. Seperti yang sudah disebutkan juga, keputihan seperti ini adalah pelindung untuk tubuhmu, Ia dapat menjaga bagian intim kamu tetap sehat dari infeksi dan bakteri.
Biasanya sih, keputihan ini akan menjadi lebih banyak cairan saat sebelum dan setelah masa menstruasi. Nah, hanya satu yang harus jadi perhatian Charm Girls. Keputihan ini dapat menjadi salah satu gejala terjadinya infeksi jamur jika kamu merasa gatal dan terbakar. So, watch out, Charm Girls

3.  Apa itu keputihan berbahaya, bila berwarna kuning kehijauan!

Ini seharusnya tidak terjadi pada anak perempuan seumurmu, Charm Girls. Warna keputihan yang kuning kehijauan dialami oleh perempuan yang tidak akan mendapatkan masa menstruasi lagi alias menopause karena kadar estrogennya sudah turun.
Nah, kalau hal ini malah terjadi padamu; keputihan berwarna kuning atau kehijauan, apalagi jika kental, sedikit mengeras, dan disertai dengan aroma tidak sedap bisa menjadi gejala terjadinya infeksi vagina hingga penyakit reproduksi yang cukup serius, Charm Girls. Segera beritahukan hal ini kepada orang tuamu untuk meminimalisir penyebaran infeksi yang lebih luas dan berbahaya!

4. Bening tanpa warna

Kalau yang satu ini terlihat dari keputihan sih, tandanya semua aman, Charm Girls. Hal ini karena keluarnya cairan berwarna bening berfungsi sebagai cairan pembersih agar kelembaban dan kesehatan pada organ intim kamu terjaga. Keep it up, Charm Girls. Selalu jaga kebersihan organ intim kamu, yah!

5. Hati-hati! Abu-abu!

Okay, ini adalah saatnya kamu untuk memanggil orang tuamu apabila apa itu keputihan yang kamu alami berwarna abu-abu. Hal tersebut adalah gejala utama dari infeksi bakteri yang disebut Bacterial Vaginosis (BV). Infeksi BV biasanya juga diiringi dengan rasa gatal, aroma yang tidak sedap, dan kemerahan di sekitar organ intim.

Apa itu keputihan yang gak selamanya putih
Memanggil Orang Tua

Jika keputihan abu-abu ini tidak mendapatkan penanganan tepat, bisa saja kamu mengalami infeksi menular seperti trikomoniasis, klamidia, atau gonore bahkan kanker vagina, Charm Girl! So, please be aware!

Oiya, untuk kenyamananmu saat sedang keputihan, jangan lupa gunakan pantyliner Charm, si tipis andalan yang siap bikin kamu selalu merasa segar!
 

 

 


 

 

 

 

 

Komentar (0)
A