Kembali

Tentang Menstruasi

Jarak Menstruasi Hanya 10 Hari, Normal Gak Ya?

Jarak Menstruasi Hanya 10 Hari, Normal Gak Ya?


Menstruasi biasanya datang sebulan sekali. Namun ada kalanya seseorang mengalami datang bulan dua kali dalam sebulan, atau jarak menstruasi yang hanya 10 hari. Situs Mayo Clinic menjelaskan bahwa umumnya siklus atau jarak menstruasi seseorang berkisar selama 21-35 hari bagi dan berlangsung dua hingga tujuh hari. Namun, setiap perempuan memiliki jarak menstruasi yang berbeda dan bervariasi tiap bulannya, ada yang lebih lama dari sebelumnya, namun ada juga yang lebih cepat, bahkan ada dua kali dalam sebulan atau dengan jarak menstruasi 10 hari.

Lalu, kapan harus periksa ke dokter jika jarak menstruasi hanya 10 hari?

Peningkatan perdarahan bisa disebabkan karena siklus menstruasi yang lebih pendek atau masalah kesehatan yang menyebabkan pendarahan di vagina. Jarak menstruasi yang lebih pendek terjadi karena beberapa hal, mulai dari novulasi (kurangnya ovulasi), hipertiroidisme, hipotiroidisme, awal menopause, masa pubertas, fibroid atau kista rahim, stress, penurunan atau kenaikan berat badan yang ekstrem, birth control, atau penyakit.

Sedangkan pendarahan ekstra atau menstruasi dua kali dalam sebulan dapat mengindikasikan suatu kondisi medis. Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa diperiksakan ke dokter. Salah satunya adalah bercak darah di masa kehamilan yang berlebih atau pendarahan dan juga masalah infeksi. Selain karena sejumlah hal di atas, Charm Girls juga harus segera hubungi dokter jika jarak menstruasi terlampau dekat, kemudian diiringi rasa sakit perut yang tak hilang. Serta perhatikan gumpalan berwarna selama menstruasi.

Cara mengatasi siklus haid pendek

Salah satu efek kesehatan dari seringnya jarak menstruasi yang hanya 10 hari adalah anemia, yang terjadi karena kekurangan zat besi dalam darah. Dokter biasanya akan memeriksa kadar zat besi saat melakukan tes untuk menentukan penyebab pendarahan abnormal ini. Salah satu pengobatan yang mungkin adalah dengan terapi hormon dan terapi pengganti estrogen jika menstruasi dua kali disebabkan oleh masa menopause.

Kemudian, masalah jarak menstruasi yang hanya 10 hari ini bisa diupayakan dengan mengubah gaya hidup dan lakukan kegiatan yang bisa mengurangi stres seperti olahraga, yoga dan atur pola makan serta tidur.

Jarak Menstruasi Hanya 10 Hari, Normal Gak Ya?
Olahraga untuk mengatasi siklus haid pendek

Namun yang terpenting, jangan ragu untuk konsultasikan setiap masalah kesehatan selama menstruasi kepada dokter dan jangan lakukan diagnosis serta pengobatan sendiri ya Charm Girls!

menstruasi
jarak menstruasi
menstruasi pendek
charm
pembalut charm
Komentar (2)
A

Avatar Profile Image
Alysia Ramadhanty
WAAAH sangat bergunaaa!!! 🥰🥰🥰
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charissa Nadia
yaampun kupikir cuma aku yang begini terus tiap bulannn :')
a month ago
Balas