Kembali

Girl's Life

Apa Penyebab Menstruasi Berkepanjangan?

Apa Penyebab Menstruasi Berkepanjangan?


Menstruasi  adalah proses keluarnya darah dari kelamin perempuan atau vagina, hal ini merupakan siklus bulanan. Namun siklus tersebut dapat berbeda setiap orang, ada yang sesuai namun ada juga yang berkepanjangan. Yuk kita bahas apa penyebab menstruasi berkepanjangan! 

Apa Penyebab Menstruasi Berkepanjangan?
Cek kalender menstruasi kamu

Siklus ini adalah proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika adanya kehamilan, ditandai dengan penebalan dinding rahim atau endometrium yang berisi pembuluh darah. Jika tak terjadi kehamilan, maka endometrium akan mengalami peluruhan dan keluar bersama darah lewat vagina. Siklus menstruasi biasanya terjadi setiap 24-38 hari. Periode berlangsungnya antara 2-7 hari. Namun setiap perempuan mengalami durasi dan jumlah pendarahan menstruasi yang berbeda-beda.

Dari sisi medis, menstruasi yang lebih dari satu pekan dapat dikategorikan sebagai Menorrhagia, jika terjadi hanya sekali ini bukanlah kondisi yang berbahaya.

Namun, saat haid berkepanjangan kerap terjadi, hal ini perlu diwaspadai dan ditangani dokter, apalagi jika kondisi tersebut menyebabkan keluhan lain seperti lemas atau keluar darah yang berlebih.

Baca Juga: Waspadai gejala menstruasi berkepanjangan ini!

Apa Penyebab menstruasi berkepanjangan

Ada sejumlah hal penyebab menstruasi berkepanjangan, namun hal ini tidak bisa diketahui secara pasti.

Pertama adalah ketidakseimbangan hormon, hal ini bisa berpengaruh pada proses menstruasi. Saat hormon di tubuh perempuan tidak seimbang, jaringan di dinding rahim atau endometrium dapat meluruh berlebih. Sehingga pendarahan saat menstruasi jadi berlebih. Gangguan hormone terjadi bisa karena obesitas, tumor otak hingga gangguan tiroid.

Kedua adalah karena endometriosis yang ketika jaringan endometrium atau jaringan lapisan bagian dalam rahim, tumbuh di luar rahim. Hal ini menyebabkan pendarahan dan juga kram atau nyeri.

Ketiga adalah radang panggul. Radang panggul atau dikenal juga dengan istilah pelvic inflammatory disease (PID) yakni infeksi yang disebabkan peradangan pada sistem reproduksi wanita  dan dapat timbulkan rasa nyeri serta menstruasi berkepanjangan.

Keempat adalah fibroid rahim atau yang disebut juga miom adalah jaringan jinak (non-kanker) yang tumbuh dan menempel di dinding rahim.

Kelima adalah gangguan fungsi indung telur atau ovarium yang bisa menyebabkan gangguan produksi hormon seperti estrogen dan progesteron yang berperan dalam mengatur menstruasi.

Baca Juga: 5 mitos tentang menstruasi, apa saja ya?

Cara Mengatasi Menstruasi Berkepanjangan 

Menstruasi berkepanjangan dapat diatasi dengan sejumlah cara loh Charm Girls!. Untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan, sebaiknya periksakan diri dulu ke dokter jika mengalami menstruasi berkepanjangan atau menorrhagia.

Dokter akan mencari tahu solusinya dari berbagai pertimbangan seperti tingkat keparahan, kondisi medis hingga usia.

  1. Obat-obatan mulai dari zat besi, obat Pereda nyeri NSAID seperti ibuprofen (Advil, Motrin, IB, dan lainnya).
  2. Terapi hormonal  dengan pil KB yang dapat mengurangi pendarahan.
  3. Cara operasi atau pembedahan, hal ini akan disarankan jika menstruasi yang berkepanjangan disebabkan oleh tumor atau kanker pada rahim.
  4. Cara operasi histeroskopi atau melihat bagian dalam rahim dengan sebuah alat khusus, guna membantu memperbaiki kelainan rahim dan menghilangkan lapisannya agar menstruasi tak berlebihan.
Apa Penyebab Menstruasi Berkepanjangan?
Makanan dan buah

Nah itu dia apa penyebab menstruasi berkepanjangan dan cara-cara mengatasinya.Selain cara-cara di atas, Charm Girls juga bisa mengatasi rasa tak nyaman saat menstruasi berkepanjangan dengan sejumlah hal, mulai dari menggunakan bantal pemanas atau kompres, makan-makanan yang kaya zat besi agar tak anemia, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, banyak minum air putih setelah itu banyak istirahat agar stamina tetap terjaga.

Apa Penyebab Menstruasi Berkepanjangan?
Banyak minum air mineral

Jika sudah mengetahui apa penyebab menstruasi berkepanjangan, Charm Girls jadi lebih paham hal apa saja yang harus dilakukan selanjutnya. Namun sekali lagi penting untuk konsultasikan kondisi menstruasi mu ke dokter ya Charm Girls, apalagi juga sudah berlarut dan mempengaruhi kegiatan dan fisik.

menstruasi
girl's life
menstruasi berkepanjangan
menstruasi panjang
Komentar (1)
A

Au
Audrey
aaaa keren!!
a month ago
Balas