Kembali

Tentang Menstruasi

Masa Menstruasi Aku Dengan Nenek Berbeda, Karena Hal Ini!

Masa Menstruasi Aku Dengan Nenek Berbeda, Karena Hal Ini!


Setiap perempuan mengalami masa menstruasi pertama yang berbeda, ada yang datang lebih cepat atau lambat. Siklus menstruasi berlangsung rata-rata setiap 28 hari hingga perempuan masuk masa menopause atau tak lagi mengalami menstruasi. Masa-masa menstruasi ini beradaptasi, mulai dari perubahan hormonal seperti usia, kehamilan hingga premenopause.

Baca Juga: Bolehkah keramas saat masa menstruasi?
 

Masa menstruasi pertama kali

Rata-rata siklus atau masa menstruasi pertama pada seorang perempuan adalah mulai dari di usia 12 tahun atau bisa dibilang beberapa tahun setelah payudara tumbuh, yakni sekitar dua sampai tiga tahun.

Seorang perempuan memiliki siklus menstruasi normal jika mengalaminya sekali sekali dalam sebulan dengan total 11-13 kali menstruasi dalam satu tahun kalender.

Masa Menstruasi Aku Dengan Nenek Berbeda, Karena Hal Ini!
Masa Menstruasi Pertama

Pada usia awal 20an, Charm Girls mungkin akan merasakan masa menstruasi yang tidak menentu, ada yang datang lebih cepat atau kerap terlambat, bahkan kerap dibarengi dengan gejala Premenstrual Syndrome (PMS).

 

Masa menstruasi di umur 20an

Barulah di masa ini, siklus menstruasi akan mulai beraturan dan bisa diprediksi sehingga tidak mengagetkan atau merepotkan Charm Girls. Jaraknya juga dapat dicatat, biasanya 28 hari sejak menstruasi terakhir, dengan waktu dua hari hingga sepekan.

Masa Menstruasi Aku Dengan Nenek Berbeda, Karena Hal Ini!
Masa Menstruasi Usia 20 Tahun

Perlu diketahui juga, jika seorang perempuan punya bayi namun tak menyusui, menstruasi akan kembali usai enam pekan proses persalinan dan jika sedang menyusui, masa menstruasi akan kembali berkenaan dengan berkurangnya jumlah waktu menyusui.

 

Masa menstruasi di umur 30an

Melansir dari situs allinahealth.org, siklus menstruasi rata-rata untuk wanita usia akhir 30 an cenderung lebih pendek namun dengan jumlah perdarahan yang lebih banyak.

Beberapa masa menstruasi dapat dilewati dan kemudian bahkan bisa diikuti dengan yang lebih berat.

Masa Menstruasi Aku Dengan Nenek Berbeda, Karena Hal Ini!
Masa Menstruasi Usia 30 Tahun

Perempuan juga bisa jadi memiliki gejala menopause intermiten seperti hot flashes atau berkeringat di malam hari.

 

Masa menstruasi di umur 40an

Usia rata-rata menopause adalah 51 hingga 52 tahun. Namun, menopause bisa terjadi lebih awal bagi sebagian perempuan, selama 10 tahun sebelum menopause menghampiri, banyak perempuan yang sering mengalami perubahan masa menstruasi mereka, salah satunya seperti yang terjadi pada usia 30an.

Masa Menstruasi Aku Dengan Nenek Berbeda, Karena Hal Ini!
Masa menstruasi di umur 40 tahun

Meskipun pada masa ini ovulasi terbilang tak menentu, seseorang wajib menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, selain itu, jika mengalami pendarahan berat serta gejala kulit kering, rambut rontok dan perlambatan metabolisme perlu ada konsultasi dengan dokter, hal ini menunjukkan masalah tiroid dalam tubuh.

charm
pembalut charm
masa menstruasi
usia menstruasi
menstruasi menjelang menopause
Komentar (16)
A

np
nia putri sekarsari
thanks infonya min
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Nina Anes
Infonya bermanfaat min makasiii
7 months ago
Balas
ML
Maudy Lidia
makasih infonya admin
7 months ago
Balas