Kembali

Edukasi

Mengulik Manfaat Minum Air Jahe untuk Melancarkan Haid

Mengulik Manfaat Minum Air Jahe untuk Melancarkan Haid


Menghadapi sindrom pramenstruasi (PMS) memang tidak mudah karena ada banyak gejala yang muncul secara bersamaan. Tanda-tanda PMS yang paling umum antara lain kram di daerah perut bawah, mood swing, dan kelelahan.

Inilah mengapa banyak wanita mencari cara agar PMS cepat selesai, mulai dari minum obat hingga dengan cara alami. Salah satu cara alami yang dipercaya punya beragam manfaat bagi wanita yang sedang PMS adalah minum air jahe.

Selain mengatasi kram perut, jahe dipercaya bisa mengurangi mual dan melancarkan peredaran darah selama menstruasi. Lalu, apa lagi manfaat jahe untuk wanita selama PMS dan menstruasi? Simak jawabannya berikut ini!

Apakah benar jahe dapat melancarkan haid? 

Jahe telah dikonsumsi sejak berabad-abad lalu sebagai tanaman penghangat tubuh dan obat untuk segala masalah kesehatan. Akar jahe pun digunakan dalam tradisional di berbagai negara yang manfaatnya telah diakui.

Khasiat jahe juga diakui dalam mengatasi berbagai permasalahan kewanitaan, seperti menjaga kesehatan reproduksi, pemulihan setelah melahirkan, masalah pencernaan, hingga meredakan gejala PMS yang disebabkan oleh kontraksi otot perut.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam jahe bisa membantu mengurangi peradangan dengan menghambat produksi prostaglandin, yaitu senyawa yang merangsang kontraksi dalam tubuh. 

Selain itu, banyak wanita melaporkan bahwa menstruasinya jadi lebih teratur setelah mengonsumsi jahe. Manfaat ini berasal dari sifat anti-inflamasi jahe yang merangsang peredaran darah di area panggul dan rahim sehingga melancarkan siklus menstruasi. Meski demikian, klaim manfaat yang satu ini memang masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cara membuat air jahe untuk melancarkan haid

Jahe bisa dikonsumsi dengan banyak cara, mulai dari diseduh, dijadikan bumbu masak, hingga dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi, mungkin kebanyakan orang mencari manfaat air jahe adalah dengan minum air rebusan jahe.

Berikut langkah-langkah membuat air jahe yang bisa kamu lakukan di rumah.

  1. Ambil potongan jahe dan cincang menjadi beberapa bagian.
  2. Tambahkan air ke dalam panci, lalu didihkan.
  3. Tuang potongan jahe ke dalam air mendidih, biarkan selama lima menit.
  4. Tambahkan madu atau lemon sesuai selera.
  5. Matikan kompor, angkat panci, dan biarkan dingin sementara.
  6. Tuang air rebusan jahe ke dalam gelas, lalu nikmati.

Bagaimana cara melancarkan haid dengan aman?

Gejala dismenore (kram perut) atau haid yang tidak lancar merupakan masalah banyak wanita. Jika kamu masih bisa menoleransi rasa nyerinya atau tidak memerlukan obat khusus dari dokter, kamu dapat meringankannya dengan cara alami.

Selain minum air jahe, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Jaga berat badan

Kekurangan atau kelebihan berat badan dapat memengaruhi keseimbangan hormon yang berperan dalam menstruasi. Upayakan untuk menjaga berat badan tetap dalam rentang ideal, misalnya dengan mengatur pola makan, menghindari camilan tinggi gula dan garam, serta memperbanyak aktivitas fisik.

2. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup penting juga penting untuk menjaga keseimbangan hormonal dan kesehatan tubuh secara menyeluruh,  lo, Charm Girls! Kurang tidur bisa memperburuk gejala menstruasi, seperti kelelahan, pegal-pegal, hingga sakit kepala.

3. Hindari kafein, rokok, dan alkohol

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan minum alkohol, perlu dihindari terutama menjelang haid. Pasalnya, kafein bisa meningkatkan rasa sakit saat kontraksi otot dan memperburuk gangguan tidur. Sementara itu, merokok dan alkohol bisa mengganggu keseimbangan hormon.

4. Minum air yang cukup

Charm Girls, pastikan tubuhmu mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap hari untuk menjaga kelancaran menstruasi dan mencegah dehidrasi, ya! Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga membantu mengurangi retensi cairan yang merupakan penyebab perut kembung dan begah.

5. Kelola stres dengan baik

Stres adalah salah satu faktor yang bisa mengacaukan siklus haid. Meskipun tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, stres bisa dikelola dengan baik, kok. Kamu dapat melakukan kegiatan yang kamu sukai, menghirup aromaterapi, melakukan meditasi, atau mencoba hal lain yang bisa bikin tubuhmu rileks.

6. Konsumsi suplemen bila perlu

Beberapa gejala PMS bisa terasa lebih berat jika kita kekurangan zat gizi tertentu. Konsumsi suplemen yang mengandung kalsium, vitamin B6, dan magnesium dipercaya bisa membantu mengurangi kram otot dan rasa tidak nyaman. Kamu bisa mendapatkan suplemen tersebut di apotek terdekat atau rekomendasi langsung dari dokter.

Manfaat minum air jahe untuk melancarkan PMS dan haid memang sudah dipercaya keampuhannya sejak dulu. Namun, minum air jahe saja tidak cukup untuk membuat gejala PMS cepat hilang. Jangan lupa untuk tetap menjalani gaya hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, dan mengelola stres sebaik mungkin, ya Charm Girls!

jahe untuk melancarkan haid
Komentar (0)
A

floating-icon