Kembali

Edukasi

Perubahan Suara Pada Perempuan? Cari Tahu Penyebabnya Disini!

Perubahan Suara Pada Perempuan? Cari Tahu Penyebabnya Disini!


Mungkin Charm Girls pernah mendengar bahwa suara anak laki-laki akan menjadi lebih dalam saat memasuki masa pubertas, tetapi bagaimana dengan suara perempuan? Apakah perubahan suara pada perempuan saat pubertas juga bisa terjadi?

Ternyata, salah satu perubahan fisik yang bisa terjadi pada anak perempuan saat pubertas adalah perubahan suara, lho. Suara anak perempuan juga akan menjadi sedikit lebih dalam dibanding sebelumnya. 

Charm Girls sudah tahu apa itu pubertas, kan?

Masa pubertas merupakan masa transisi yang penuh dengan perubahan fisik, psikologis, hingga emosional bagi anak. Pubertas dipicu oleh peningkatan produksi hormon seks, yaitu estrogen dan progesteron pada perempuan, dan testosteron pada laki-laki.

Pubertas biasanya terjadi antara usia 8-18 tahun. Makanya di masa itu kamu akan merasakan banyak sekali perubahan pada diri mulai dari pertumbuhan tinggi badan, berat badan, rambut, payudara, alat kelamin, menstruasi, dan tentu saja perubahan suara. Tak hanya pada fisik saja, tapi pubertas juga bisa mempengaruhi emosi, perilaku, hubungan sosial, dan identitas diri.

Bagaimana Pubertas Mempengaruhi Tubuh Perempuan?

Oke, sekarang kita bahas salah satu perubahan fisik yang bisa terjadi saat pubertas pada perempuan maupun laki-laki, yakni perubahan suara. Mengapa perubahan suara pada perempuan bisa terjadi?

Perlu diketahui, suara yang kita keluarkan berasal dari getaran pita suara yang terletak di dalam laring atau kotak suara. Laring adalah saluran pernapasan bagian atas yang berbentuk seperti tabung tulang rawan.

Laring berfungsi membuka dan menutup tulang rawan epiglotis yang akan mengatur pernapasan, suara, serta mencegah makanan masuk ke trakea. Otot laring akan membuka dan menutup, serta mengencang dan mengendurkan pita suara, saat kita berbicara atau bernyanyi. Udara dari paru-paru akan menerpa pita suara dan membuatnya bergetar, sehingga menghasilkan suara.

Pita suara anak-anak pendek, tipis, dan rapat, sehingga suara mereka tinggi dan nyaring. Pita suara pria lebih panjang, tebal, dan lentur, sehingga suara mereka lebih dalam dan berat. Sementara pita suara wanita berada di antara anak-anak dan pria, sehingga suara mereka sedang dan lembut.

Apa Penyebab Suara Perempuan Berubah saat Pubertas?

Perubahan suara pada perempuan yang terjadi saat pubertas disebabkan oleh laring yang bisa membesar seiring kita tumbuh dewasa, sehingga pita suara menjadi lebih panjang dan tebal.

Penyebab lainnya adalah hormon testosteron yang tak cuma dimiliki pria, tapi juga wanita. Hormon testosteron, yang diproduksi dalam jumlah yang lebih tinggi selama masa pubertas pada perempuan, dapat menyebabkan pita suara menjadi lebih tebal dan kaku.

Karena itulah selama pubertas, pita suara wanita bisa memanjang dan menebal serta laring menjadi lebih besar sehingga suara anak perempuan berubah dari tinggi menjadi sedikit lebih dalam saat pubertas. Walaupun memang perubahannya tidak sejelas anak laki-laki, ya.

Proses ini akan terus terjadi selama pubertas sampai kita dewasa. Setelah itu, laring akan berhenti berkembang dan suara kita tidak akan mengalami perubahan lagi.

Memang ada beberapa kasus di mana penyebab perubahan suara pada wanita disebabkan faktor lain. Misalnya, karena kamu merokok, penggunaan suara berlebihan, infeksi atau radang, serta kondisi medis lainnya.

Intinya sih, perubahan suara pada perempuan saat pubertas adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika Charm Girls mengalami perubahan suara yang signifikan atau disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebabnya, ya!

Suara adalah bagian penting dari diri kamu. Jadi jangan biarkan perubahan suara mengganggu aktivitas dan kepercayaan dirimu Charm Girls! Kamu bisa tetap percaya diri dan nyaman saat menstruasi dengan menggunakan pembalut Charm Slim Protect+.

Charm Slim Protect+ adalah pembalut paling tipis dari rangkaian produk Charm. Dengan ketebalan hanya 0.1 cm, kamu akan merasa seperti tidak memakai pembalut sama sekali. Permukaannya yang lembut dan pori-pori yang mampu menyerap ekstra bakal bikin kamu terhindar dari iritasi dan kelembaban yang enggak nyaman itu. Enggak perlu khawatir bocor, karena pembalut ini juga dilengkapi dengan sayap pelindung dan double block line.

Dengan Charm Slim Protect+, kamu bisa bebas bergerak dan beraktivitas sepanjang hari. Pembalut ini tersedia dalam dua varian, Charm Slim Protect+ Wing 26 cm dan Wing 23 cm yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Coba sekarang dan rasakan perbedaannya!

Pita suara wanita
pubertas pada perempuan
Komentar (0)
A

floating-icon