Kembali

Edukasi

Mitos atau Fakta, Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Rahim?

Mitos atau Fakta, Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Rahim?


Pernahkah kamu mendengar tentang kunyit putih? Tanaman ini bukan hanya sekadar rempah-rempah. Di balik bentuknya yang mungil, kunyit putih dipercaya sebagai “obat” untuk menjaga kesehatan tubuh perempuan, terutama pada masa subur.

Masa subur adalah waktu terbaik dalam siklus menstruasi ketika peluang untuk hamil sangat tinggi. Di sinilah kunyit putih membawa peran penting dalam menjaga kesehatan reproduksi, khususnya untuk menjaga kesehatan rahim.

Tanaman yang satu ini memang secara turun-temurun dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama organ intim perempuan. Yuk, kita telusuri lebih lanjut beragam khasiat yang ditawarkan kunyit putih!

Apa saja manfaat kunyit putih?

Kunyit putih memang tergolong sebagai tanaman yang langka, tapi sebenarnya masih bisa ditemukan di beberapa tempat. Sesuai namanya, kunyit putih memang memiliki perbedaan warna yang mencolok dari kunyit kuning dan cenderung lebih pucat.

Kalau dibandingkan dengan kunyit kuning yang lebih umum dikonsumsi, kunyit putih yang memiliki nama ilmiah Curcuma zedoaria ini juga punya rasa yang jauh lebih pahit. Namun, kandungan di dalam kedua tanaman tersebut sama-sama baik untuk tubuh.

Mengonsumsi kunyit putih diyakini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, masalah pernapasan, dan bahkan mengurangi risiko kanker. Senyawa antibakteri yang ada di dalamnya juga dipercaya bisa membantu menghalau infeksi bakteri.

Beberapa orang pun percaya bahwa kunyit putih memiliki khasiat untuk menstabilkan suasana hati, termasuk untuk wanita yang sedang mood swing menjelang datangnya haid.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan rahim dan organ reproduksi lainnya

Kalau bicara tentang bahan-bahan herbal yang menyehatkan reproduksi wanita, kunyit putih mungkin tidak ada di deretan teratas seperti halnya daun sirih, jahe, atau kunyit kuning. Padahal, tahukah kamu bahwa kunyit putih memiliki potensi manfaat serupa?

Berikut adalah beberapa di antaranya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sebagian besar khasiat ini masih perlu diuji secara medis ya, Charm Girls!

1. Mengatasi gangguan menstruasi

Menstruasi tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada beberapa wanita yang mengalami gangguan terkait menstruasi, contohnya darah yang tidak lancar atau telat menstruasi. Kunyit putih dipercaya berkhasiat untuk mengatasi hal ini, lho, Charm Girls!

Ini lantaran senyawa atsiri yang ada di dalam kunyit putih dapat membantu merangsang pergerakan aliran darah di rahim dan panggul. Hal ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah selama menstruasi berlangsung.

2. Merangsang peredaran darah

Salah satu manfaat kunyit putih untuk wanita adalah merangsang peredaran darah di rahim. Selain itu, bahan herbal seperti kunyit putih juga dipercaya membantu menjaga kesehatan sel telur sehingga bermanfaat bagi wanita yang berada di masa subur.

3. Meringankan gejala PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan gangguan hormon yang menyebabkan pembesaran ovarium dan pembentukan kista-kista kecil di dalamnya. Salah satu efek PCOS pada pengidapnya adalah menstruasi yang tidak lancar.

Mengonsumsi kunyit putih diyakini dapat meringankan gejala PCOS, sebab tanaman ini membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. Meski begitu, kamu tetap harus menjalani gaya hidup sehat untuk mengoptimalkan manfaatnya, ya!

4. Menjaga keseimbangan hormon pada wanita

Konsumsi kunyit putih secara rutin berpotensi menjaga keseimbangan hormon pada wanita. Hal ini bisa berdampak langsung pada kesuburan, kestabilan suasana hati, dan mengurangi risiko kerusakan sel telur sebelum matang.

5. Mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker

Kandungan cucuminoids dalam kunyit putih ternyata memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada rahim, Charm Girls! Namun, ingat, mengonsumsi kunyit saja tidak cukup untuk mencegah kanker. Kamu tetap perlu menjalani gaya hidup sehat untuk mengurangi risikonya.

6. Mengurangi risiko endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim justru tumbuh di luar rahim. Kunyit putih dipercaya kaya akan zat antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif pada sel-sel rahim serta mencegah penumpukan sel yang abnormal.

Cara mendapatkan manfaat kunyit putih untuk kesehatan rahim

Kunyit putih telah lama diakui sebagai obat herbal karena manfaatnya yang berlimpah untuk kesehatan tubuh, terutama rahim. Sebagai contoh, kandungan aktif dalam kunyit putih, seperti kurkumin dan minyak atsiri, dapat merangsang aliran darah di area rahim.

Berikut ini berbagai cara mengonsumsi kunyit putih guna mendapatkan khasiatnya.

1. Minum air rebusan kunyit putih

Pertama-tama, kamu perlu memotong atau memarut kunyit putih hingga halus. Setelah itu, rebuslah potongan kunyit putih tersebut dalam air panas. Minum air rebusan kunyit putih secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya bagi rahim.

2. Tambahkan kunyit putih ke dalam masakan

Menambahkan kunyit kuning ke dalam masakan mungkin sudah biasa. Sekarang, kamu bisa mencoba menambahkan kunyit putih. Kamu hanya perlu menghaluskan kunyit, lalu tambahkan ke dalam bumbu masakan.

3. Mengonsumsi suplemen dengan anjuran dokter

Kunyit juga tersedia dalam bentuk kapsul suplemen. Namun, kamu yang masih remaja kemungkinan tidak akan dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen ini kecuali terdapat indikasi khusus. Jangan mengonsumsi sembarang suplemen tanpa anjuran dokter.

Nah, itulah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan rahim dan organ reproduksi wanita. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat rempah ini, menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari sebenarnya sudah cukup, kok! Selamat mencoba!

khasiat kunyit putih untuk wanita
manfaat kunyit putih untuk wanita
Komentar (9)
A

An
Anonymous
Thanks
25 days ago
Balas
An
Anonymous
Thanks
22 days ago
Balas
An
Anonymous
Thanks
21 days ago
Balas
floating-icon