Kembali

Edukasi

Berikut Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Berikut Cara Mengetahui Masa Subur Wanita


Tahukah kamu betapa pentingnya mengetahui masa subur wanita? Masa subur wanita adalah periode ketika wanita berada dalam kondisi paling subur dan memiliki peluang lebih besar untuk hamil. Masa subur ini terjadi pada sekitar pertengahan siklus menstruasi, yaitu sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Pada masa subur, sel telur akan matang dan dilepaskan dari indung telur. Sel telur ini kemudian akan bergerak ke saluran tuba falopi untuk menunggu dibuahi oleh sperma. Jika sel telur dibuahi oleh sperma, maka akan terjadi kehamilan. Namun jika tidak terjadi pembuahan, kamu akan mengalami haid.

Kalau Charm Girls sedang merencanakan kehamilan, penting untuk mengetahui masa subur wanita untuk meningkatkan peluang kehamilan dengan berhubungan seks pada saat yang tepat.

Kapan Wanita Bisa Mengalami Masa Subur?

Memangnya kapan sih, siklus masa subur perempuan tepatnya terjadi? Secara umum, siklus masa subur wanita terjadi setiap bulan, yaitu sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. 

Masalahnya, lamanya siklus menstruasi setiap wanita bisa berbeda-beda, mulai dari 21 hingga 35 hari. Maka dari itu, untuk mengetahui masa subur dengan tepat, wanita perlu mengetahui siklus menstruasinya terlebih dahulu. 

Lantas, bagaimana dengan masa subur setelah melahirkan? Setelah melahirkan, masa subur wanita akan kembali lagi dalam waktu 6 hingga 8 minggu. Namun, ada juga wanita yang masa suburnya baru kembali dalam waktu beberapa bulan atau bahkan setahun.

Untuk mengetahui masa subur setelah melahirkan, kamu dapat menggunakan cara-cara yang sama seperti cara mengetahui masa subur wanita pada umumnya. Berikut beberapa cara mengetahui masa subur wanita yang bisa kamu coba lakukan:

Cara Pasti Mengetahui Masa Subur Wanita

Ada beberapa cara untuk mengetahui siklus masa subur wanita, yaitu:

  • Menghitung Siklus Menstruasi

Cara paling sederhana untuk mengetahui masa subur wanita adalah dengan menghitung siklus menstruasi. Siklus menstruasi adalah jarak antara hari pertama menstruasi satu bulan dengan hari pertama menstruasi bulan berikutnya.

Masa subur wanita umumnya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Misalnya, jika siklus menstruasi kamu biasanya adalah 28 hari, maka masa subur kamu akan terjadi pada hari ke-14.

Kamu juga bisa melihat siklus terpendek atau siklus terpanjang menstruasi kalau siklus haid kamu tidak teratur. Misalnya, siklus terpendek kamu adalah 26 hari, cukup kurangi 26 dengan 18 dan hasilnya 8. Itu artinya, hari pertama masa subur akan datang di hari ke-8 siklus haid.

Cara kedua, adalah dengan melihat siklus terpanjang menstruasi. Misalnya, siklus terpanjang kamu adalah 29 hari, maka kurangi 29 dengan 11 dan hasilnya adalah 18. Itu artinya, hari terakhir masa subur kamu adalah hari ke-18 di siklus menstruasi.

Ovulasi biasanya terjadi selama 72 jam di sekitar siklus masa subur tersebut. Itu artinya, kalau kamu melakukan hubungan seks pada masa tersebut, peluang hamil akan meningkat.

  • Memantau Suhu Basal Tubuh

Cara mengetahui masa subur wanita selanjutnya adalah dengan memantau suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh kamu saat baru bangun tidur. Suhu basal tubuhmu akan meningkat sekitar 0,5-1 derajat Celcius pada saat ovulasi.

Charm Girls bisa mengukur suhu basal tubuh setiap hari menggunakan termometer khusus selama beberapa bulan. Setelah itu, barulah kamu dapat melihat pola kenaikan suhu basal tubuh dan memperkirakan kapan ovulasi terjadi.

  • Menggunakan Tes Ovulasi

Tes ovulasi adalah alat tes yang dapat mendeteksi peningkatan hormon luteinizing (LH) dalam urin. LH adalah hormon yang dilepaskan oleh kelenjar pituitari untuk merangsang ovulasi. Cara mengetahui masa subur wanita ini cukup praktis, Charm Girls. Jika hasilnya positif, maka ovulasi akan terjadi dalam kurun waktu 24 jam ke depan.

  • Memantau lendir serviks

Selain cara-cara pasti di atas, Charm Girls juga bisa memperhatikan kondisi lendir serviks. Lendir serviks adalah lendir yang keluar dari leher rahim. Lendir serviks akan menjadi lebih encer dan bening menjelang ovulasi. Selain itu, gairah seksual wanita juga akan meningkat menjelang masa subur perempuan.

Kalau keberadaan lendir serviks mulai mengganggu, kamu mungkin akan merasa terganggu dalam aktivitas sehari-hari. Biar tetap nyaman seharian, kamu bisa menggunakan Charm Pantyliner Cooling Fresh, pantyliner pertama dengan sensasi dingin menyegarkan berkat ekstrak daun mint.

Pantyliner Charm Cooling Fresh memiliki lapisan penyerap yang panjang dan lebar, bisa menyerap cairan hingga miss v terasa bersih anti lembab. Jangan khawatir, karena lapisan perekat erat bisa mencegah geser dan sesuai dengan kontur tubuh. Pasti nyaman sepanjang hari!

  • Perubahan pada payudara

Tanda lain yang bisa jadi cara mengetahui masa subur wanita adalah dengan memperhatikan perubahan pada payudara. Payudara bisa jadi lebih membesar dan lebih lembut. Enggak jarang ada juga wanita yang mengalami nyeri pada payudaranya, Charm Girls.

Mengetahui masa subur adalah hal penting bagi wanita yang ingin hamil. Dengan mengetahui masa subur, kamu dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Selamat mencoba!

siklus masa subur
masa subur perempuan
Komentar (9)
A

An
Anonymous
Noted
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thanks tipsnya
a month ago
Balas
Nu
Nur
Thank
a month ago
Balas
floating-icon