Kembali

Edukasi

Penjelasan tentang Ciri-Ciri Gangguan Hormon pada Wanita!

Penjelasan tentang Ciri-Ciri Gangguan Hormon pada Wanita!


Perempuan punya dua hormon seks utama yakni estrogen dan progesteron. Meskipun testosteron dianggap sebagai hormon pria, namun perempuan juga memproduksi dan membutuhkannya dalam jumlah kecil. Dalam tubuh terkadang kondisi hormon tidak seimbang pada wanita kerap terjadi. Hal ini menandakan adanya gangguan pada hormon perempuan.

Estrogen adalah sekelompok hormon dengan peran yang sangat penting loh Charm Girls. Hormon estrogen ini terdiri dari estradiol, estriol, dan estron.

Hormon estrogen berperan penting dalam setiap tahap kehidupan wanita. Selain itu, fungsi estrogen bagi wanita adalah untuk mengelola bagian otak guna mempersiapkan tubuh untuk perkembangan seksual dan reproduksi. Kemudian merangsang indung telur serta merangsang permulaan siklus menstruasi. 

Merangsang rahim untuk segera matang. Merangsang perkembangan payudara selama masa pubertas serta mempersiapkan kelenjar payudara untuk memproduksi ASI.

Perlu diketahui Charm Girls, hormon seks wanita jadi bagian integral dari banyak fungsi tubuh. Namun kebutuhan hormonal banyak berubah saat seorang perempuan meninggalkan masa kanak-kanak dan memasuki masa pubertas.

Hormon juga berubah akan secara dramatis jika seseorang hamil, melahirkan, atau menyusui. Bahkan semakin terus berubah saat mendekati menopause. Perubahan ini wajar dan diharapkan. 

Ada kondisi saat hormon menjadi tidak seimbang. Hormon secara alami akan berfluktuasi sepanjang hidup kita loh Charm Girls. 

Penyebab perubahan hormon pada wanita terjadi karena beberapa hal, mulai dari masa pubertas, kehamilan, menyusui, perimenopause dan menopause, penggunaan kontrasepsi hormonal atau terapi hormon

Namun ketidakseimbangan hormon terkadang bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius:

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Kondisi ini adalah kelainan endokrin yang paling umum terjadi pada perempuan muda. PCOS bisa membuat siklus menstruasi seorang perempuan menjadi tidak teratur dan dapat mengganggu kesuburan.

  • Kelebihan androgen

Perempuan juga bisa mengalami kelebihan produksi hormon pria yang bisa membuat menstruasi tidak teratur, kemandulan, jerawat, dan kebotakan pada pria.

  •  Hirsutisme

Ini adalah kondisi saat ada peningkatan pertumbuhan rambut di wajah, dada, perut, dan punggung. Hal itu disebabkan oleh hormon pria yang berlebihan dan terkadang bisa menjadi gejala PCOS.

Ciri-ciri gangguan hormon pada wanita 

Ada beberapa ciri saat perempuan mengalami gangguan hormon, berikut penjabarannya:

  • Mual di pagi hari atau tanda-tanda kehamilan lainnya
  • Hasrat seksual yang turun
  • Kekeringan vagina atau nyeri saat berhubungan seks
  • Melewatkan periode atau siklus menstruasi yang semakin tidak teratur
  • Sulit hamil
  • Nyeri panggul
  • Rambut rontok atau pertumbuhan rAmbut di wajah atau batang tubuh 
  • Depresi setelah melahirkan
  • Gejala menopause berkepanjangan yang mengganggu

Bagaimana diagnosis ketidakseimbangan hormon?

Charm Girls, jika ada kondisi dimana perempuan merasa mengalami ketidakseimbangan hormon maka penyedia layanan kesehatan biasanya akan mengarahkan prosedur tes darah. Hal ini guna memeriksa kadar hormon karena kelenjar endokrin di tubuh yang melepaskan hormon langsung ke aliran darah.

Kadar hormon tertentu bervariasi secara drastis sepanjang hari, sehingga penyedia layanan kesehatan mungkin memerintahkan tes lain untuk mengukur kadar diri seseorang, seperti tes toleransi glukosa atau tes toleransi insulin.

Penyedia layanan kesehatan juga akan menanyakan riwayat kesehatan dan gejala serta melakukan pemeriksaan fisik.

Penanganan ketidakseimbangan hormon

Perawatan untuk ketidakseimbangan hormon akan tergantung pada penyebabnya, ya Charm Girls. Jika seorang wanita memiliki kadar hormon yang lebih rendah dari normal, pengobatan utamanya adalah terapi penggantian hormon. Tetapi ini tergantung dari kekurangan hormon, seseorang bisa mengonsumsi obat oral (pil) atau obat suntik.

Nah jika seseorang ternyata punya kadar hormon yang lebih tinggi dari normal, ada banyak pilihan pengobatan tergantung penyebabnya. Pilihannya meliputi pengobatan, pembedahan, terapi radiasi, atau kombinasi dari semuanya.

Banyak kondisi kesehatan yang melibatkan ketidakseimbangan hormon, seperti diabetes dan penyakit tiroid, memerlukan perawatan medis. Ada berbagai suplemen nutrisi namun ternyata tidak sesuai dengan klaimnya. Maka dari itu penting untuk menemui dokter dan ahlinya guna membicarakan kondisi tubuh yang berkaitan dengan hormon dan penggunaan suplemen.

Charm Girls juga perlu menjaga diri dengan mengatur pola makan, pola hidup seperti berolahraga, tidur dengan cukup, minum air putih dan tetap terhidrasi serta menghindari alkohol dan rokok. Hal ini bukan hanya memengaruhi kondisi hormon tetapi juga kondisi tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya soal organ reproduksi tetapi juga fungsi tubuh lainnya.

Pada akhirnya, hormon adalah bahan kimia yang kompleks dan kuat dalam tubuh manusia yang luar biasa ini ya Charm Girls. Maka dari itu jika salah satu atau lebih diantaranya rusak, hal ini dapat menimbulkan gejala tertentu yang membuat Charm Girls merasa tidak bisa mengendalikan tubuh. Maka dari itu penting untuk menjaga diri dari kondisi medis apapun.

hormon tidak seimbang pada wanita
penyebab perubahan hormon pada wanita
Komentar (10)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
a month ago
Balas
An
Anonymous
Oke
a month ago
Balas
Nu
Nur
Thanks
a month ago
Balas
floating-icon