Kembali

Edukasi

Charm Girls! Yuk Cari Tahu Manfaat Daun Mint saat Menstruasi

Charm Girls! Yuk Cari Tahu Manfaat Daun Mint saat Menstruasi


Hai, Charm Girls! Apakah kamu suka mengonsumsi daun mint? Daun mint adalah tanaman herbal yang memiliki aroma khas dan menyegarkan. Tapi, tahukah kamu bahwa manfaat daun mint juga sangat baik untuk kesehatan, terutama saat kamu sedang menstruasi? 

Ya, daun mint bisa membantu kamu mengatasi berbagai gejala PMS yang mengganggu, seperti nyeri perut, kram, perubahan suasana hati, kelelahan, sakit kepala, jerawat, payudara bengkak, dan nafsu makan yang meningkat. 

Penasaran bagaimana daun mint bisa memberikan manfaat-manfaat tersebut? Lalu, bagaimana cara mengolah daun mint yang baik dan benar, ya? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

Manfaat Daun Mint saat Menstruasi

Saat menstruasi, tubuh wanita mengalami perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan. Beberapa wanita mungkin merasakan gejala PMS (premenstrual syndrome), seperti nyeri perut, kram, perubahan suasana hati, kelelahan, sakit kepala, jerawat, payudara bengkak, dan nafsu makan yang meningkat. 

Biar kamu enggak terlalu terganggu dengan gejala-gejala yang bikin enggak nyaman itu, kamu bisa mengandalkan manfaat daun mint. Enggak hanya berguna buat kamu yang sedang mengalami gejala PMS atau menstruasi, manfaat daun mint juga baik banget untuk kesehatan kita secara umum, lho. Berikut beberapa manfaatnya: 

1.Mengatasi nyeri dan kram perut

Daun mint mengandung mentol, yaitu senyawa yang dapat memberikan efek dingin dan menenangkan pada otot-otot rahim yang berkontraksi saat menstruasi. Kontraksi otot rahim inilah yang menyebabkan nyeri dan kram perut. 

Kamu bisa coba minum teh atau ekstrak daun mint selama 3 hari sejak awal menstruasi untuk meredakan frekuensi kram perut.

2.Meredakan sakit kepala

Selain sakit perut, ternyata daun mint juga berkhasiat untuk meredakan sakit kepala. Kamu menggunakan minyak esensial daun mint yang berkhasiat sama seperti mengonsumsi parasetamol.

3.Meningkatkan kualitas tidur

Suka susah tidur? Mungkin Charm Girls bisa coba rutin mengonsumsi daun mint dalam bentuk teh atau aromaterapi dengan diffuser sebelum tidur. Daun mint dipercaya bisa meredakan stres dan cemas, sehingga bisa membantu penderita gangguan kecemasan dan insomnia.

4.Meningkatkan sistem kekebalan

Daun mint mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara melindungi sel tubuh dari kerusakan. Makanya, manfaat daun mint juga mampu mengurangi risiko penyakit kronis seperti pembentukan sel tumor, kencing manis, jantung, atau hipertensi.

5.Menurunkan berat badan

Manfaat daun mint selanjutnya adalah dipercaya bisa menurunkan berat badan. Daun mint bekerja dengan cara meningkatkan fungsi pencernaan dan metabolisme tubuh, sehingga bobot ideal pun terjaga.

6.Meningkatkan fungsi dan kesehatan otak

Menghirup aroma minyak esensial dari daun mint ternyata bisa menjaga kesehatan otak, lho. Minyak esensial daun mint dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi, mempertaham daya ingat, dan meningkatkan kecepatan pemrosesan tugas otak.

7.Mengatasi bau mulut

Pernah penasaran kenapa sih, permen karet, pasta gigi, permen bau mulut, obat kumur, dan lainnya banyak yang menggunakan daun mint sebagai bahan utamanya? Itu karena manfaat daun mint memang berkhasiat menghilangkan bau mulut. Coba saja mengunyah daun mint mentah-mentah atau minum teh daun mint, pasti mulut terasa segar!

Semua manfaat di atas berasal dari kandungan gizi daun mint yang melimpah. Ternyata, dari 100 gram daun mint terdapat kandungan:

  • Protein: 3,8 gram.
  • Lemak: 0.9 gram.
  • Natrium: 31 mg.
  • Karbohidrat: 15 gram.
  • Serat: 8 gram.
  • Kalsium: 243 mg.
  • Zat besi: 5.08 mg.
  • Kalium 569 mg.
  • Folat: 114 mcg.
  • Vitamin A: 212 mcg.
  • Niasin (vitamin B3): 1.706 mg.
  • Vitamin C: 31,8 mg.

Cara Mengolah Daun Mint yang Baik dan Benar

Daun mint dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti teh, jus, sirup, es krim, atau permen. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah daun mint, antara lain:

- Pilih daun mint yang segar, hijau, dan tidak layu. Cuci bersih daun mint sebelum digunakan.

- Kamu bisa menyimpan daun mint di kulkas dalam kantong plastik atau wadah plastik. Daun mint bisa awet sampai 1 minggu.

- Tanam sendiri daun mint di rumah. Daun mint tidak memerlukan pot besar. Cukup letakkan di area yang terkena sinar matahari dan jangan lupa menyiramnya dengan rajin tapi jangan berlebihan.

- Jangan merebus daun mint terlalu lama, karena dapat mengurangi kandungan nutrisi dan aroma daun mint. Rebus daun mint selama 5-6 menit saja, atau seduh dengan air panas selama 3-5 menit.

- Charm Girls bisa menambahkan daun mint di akhir proses memasak untuk mempertahankan rasa dan teksturnya.

- Jangan menambahkan gula, madu, atau pemanis lain ke dalam minuman daun mint, karena dapat menambah kalori dan mengganggu keseimbangan gula darah. Jika ingin menambahkan rasa, gunakan lemon, jahe, kayu manis, atau bahan alami lain yang tidak mengandung gula.

Pembalut yang Terbuat dari Daun Mint, Emang Ada?

Selain dikonsumsi, daun mint juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pembalut wanita, lho. Pembalut yang terbuat dari daun mint dapat memberikan sensasi dingin dan segar pada area kewanitaan, serta membantu mencegah bau tidak sedap, iritasi, dan infeksi. 

Salah satu produk pembalut yang terbuat dari daun mint adalah Pembalut Charm Cooling Fresh. Pembalut Charm Cooling Fresh Dingin adalah pembalut dingin yang mengandung ekstrak daun mint, yang dapat memberikan sensasi dingin dan segar pada area kewanitaan saat menstruasi. 

Pembalut Charm Cooling Fresh Dingin  juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

- Memiliki permukaan yang lembut dan halus, yang dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi gesekan pada kulit bahkan saat area kewanitaan sedang berkeringat.

- Pembalut Cooling Fresh Dingin Memiliki daya serap yang tinggi dengan pori serap extra, yang dapat menampung banyak cairan menstruasi dan mencegah kebocoran.

- Pembalut dingin ini bisa digunakan siang hari atau malam hari.

- Memiliki ukuran yang beragam, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing wanita. Berikut ini varian pembalut Charm Cooling Fresh yang bisa Charm Girls pilih:

- Charm Cooling Fresh Wing 23 cm

- Charm Cooling Fresh Wing 26 cm

- Charm Cooling Fresh Non Wing 23 cm

- Charm Cooling Fresh Wing 29 cm

- Charm Cooling Fresh Night  35 cm

- Charm Cooling Fresh Night 42 cm

Daun mint adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama bagi wanita yang sedang menstruasi. Daun mint dapat membantu mengatasi nyeri dan kram perut, meningkatkan suasana hati, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan saat menstruasi. 

Daun mint juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pembalut wanita, seperti Pembalut Charm Cooling Fresh, yang dapat memberikan sensasi dingin dan segar pada area kewanitaan saat menstruasi. Jadi, siapa yang masih enggak suka dengan daun mint?

pembalut dingin
pembalut cooling fresh
Komentar (2)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Thanks cha
2 months ago
Balas
floating-icon