Kembali

Edukasi

Minum Air Kelapa Saat Haid, Berbahaya atau Tidak Ya?

Minum Air Kelapa Saat Haid, Berbahaya atau Tidak Ya?


Air kelapa mengandung elektrolit, vitamin, mineral, antioksidan, dan zat lain yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah dehidrasi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Namun, bagaimana jika kamu minum air kelapa saat haid? Apakah ada manfaat atau bahaya yang bisa terjadi? Apakah air kelapa bisa membantu mengatasi gejala PMS (premenstrual syndrome) yang sering dialami oleh wanita sebelum dan selama haid? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya, yuk!

Minum Air Kelapa Saat Haid, Apakah Boleh?

Menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh wanita setiap bulan, di mana lapisan rahim yang disebut endometrium akan meluruh dan keluar bersama darah dan jaringan melalui vagina. Menstruasi biasanya berlangsung selama 3-7 hari, tergantung pada siklus dan kondisi masing-masing wanita.

Saat menstruasi, tubuh wanita mengalami perubahan hormonal yang dapat mempengaruhi berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan. Belum lagi berbagai gejala tidak nyaman lainnya yang sudah terasa bahkan sejak saat masa PMS. PMS itu apa, sih?

PMS adalah Premenstrual syndrome atau periode sekitar 1-2 minggu sebelum menstruasi dimulai. Biasanya, beberapa wanita mungkin merasakan gejala PMS, seperti nyeri perut, kram, perubahan suasana hati, kelelahan, sakit kepala, jerawat, payudara bengkak, dan nafsu makan yang meningkat. 

Air kelapa untuk haid ternyata dapat memberikan beberapa manfaat bagi wanita yang mengalami gejala PMS, lho. Apa saja?

  • Mencegah dehidrasi

Saat haid, wanita kehilangan cairan tubuh melalui darah yang keluar. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, lemas, pusing, dan konsentrasi yang menurun. Air kelapa dapat membantu mengganti cairan dan elektrolit yang hilang, serta menjaga hidrasi tubuh yang optimal.

  • Mengatasi nyeri dan kram perut

Air kelapa mengandung kalium, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu merelaksasi otot-otot rahim yang berkontraksi saat haid. Kontraksi otot rahim inilah yang menyebabkan nyeri dan kram perut. Air kelapa juga dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri dengan cara menekan produksi prostaglandin, yaitu zat yang terlibat dalam proses inflamasi dan nyeri.

  • Meringankan diare atau sembelit

Salah satu gejala menstruasi lainnya, terkadang wanita bisa tiba-tiba mengalami diare atau bahkan sembelit. Nah, solusinya bisa dengan mengonsumsi air kelapa karena diketahui mengandung serat yang mampu meredakan masalah pencernaan.

  • Meningkatkan suasana hati

Air kelapa untuk haid mengandung vitamin B, terutama vitamin B6, yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan. 

Serotonin dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan yang sering dialami oleh wanita saat PMS. Air kelapa juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, yang dapat mencegah fluktuasi suasana hati yang disebabkan oleh perubahan kadar insulin.

  • Mengatur siklus menstruasi

Air kelapa mengandung fitoestrogen yang mampu membantu mengatur siklus menstruasi sehingga membuat haid lebih teratur. Minum air kelapa saat haid jadi solusi yang bagus buat kamu yang suka telat haid, Charm Girls!

Efek Meminum Air Kelapa Untuk Haid

Meskipun memiliki banyak manfaat, tak jarang banyak orang yang masih percaya dengan mitos terkait air kelapa. Mereka masih percaya bahwa minum air kelapa saat haid itu tidak boleh karena bisa menimbulkn efek samping.

Padahal, sebagian besar kepercayaan itu hanyalah mitos belaka, lho. Berikut ini beberapa efek minum air kelapa saat haid yang ternyata hanya mitos.

  • Darah menstruasi makin deras

Banyak yang beranggapan kalau minum air kelapa saat haid bisa membuat menstruasi makin deras atau berlebihan. Faktanya, volume darah menstruasi yang berlebihan itu terjadi akibat ketidakseimbangan hormon atau penyakit lainnya.

Kalau lagi mengalami darah menstruasi yang lagi deras-derasnya apalagi di malam hari, salah satu cara mengatasinya biar kamu tetap nyaman adalah dengan menggunakan pembalut yang tepat. 

Wajib banget memilih pembalut yang mampu menyerap cairan sebanyak apa pun dan menguncinya di dalam biar enggak gampang bocor. Nah, sudah tahu tentang pembalut Charm Safe Night Gathers 42 cm, belum?

Charm Safe Night Gathers 42 cm adalah pembalut malam yang paling panjang di Indonesia, lho. Dengan teknologi pori serap aktifnya, pembalut ini mampu menyerap dan menampung cairan hingga lapisan bawah dan menahannya selama 12 jam, mencegah permukaan terasa basah dan lembab semalaman.

Kalau kamu adalah tipe yang enggak bisa diam saat tidur, enggak perlu takut bocor juga, kok. Pembalut ini sudah dilengkapi dengan garis penahan cairan yang sesuai lekuk tubuh. Jadi, mau berguling seperti apa pun pembalut bakal tetap pas di badan.

Panjang 42 cm juga sangat aman menjaga kamu dari bocor belakang. Kamu juga enggak perlu khawatir bocor samping karena Charm Safe Night Gathers 42 cm juga sudah dilengkapi pelindung samping. Tidur pun tetap nyenyak dan aman, meski lagi banyak-banyaknya!

  • Keputihan berlebihan

Ini juga mitos, Charm Girls. Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Namun kalau berlebihan atau tidak normal, itu bisa terjadi karena berbagai hal. Bisa jadi karena infeksi vagina atau gejala dari suatu penyakit.

Pada intinya, minum air kelapa saat haid bisa dibilang aman. Namun sebaiknya tidak berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan pasti enggak baik, kan?

Salah satu efek sampingnya adalah meningkatkan kadar kalium. Air kelapa mengandung kalium yang cukup tinggi, yaitu sekitar 600 mg per gelas. Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, serta fungsi jantung dan otot. 

Namun, jika kadar kalium dalam darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan hiperkalemia, yaitu kondisi yang dapat mengganggu irama jantung, menyebabkan aritmia, dan bahkan kematian. Hiperkalemia lebih berisiko terjadi pada wanita yang memiliki gangguan ginjal, diabetes, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti diuretik, ACE inhibitor, atau NSAID.

Termasuk juga jika kamu memiliki alergi terhadap air kelapa atau produk mengandung kelapa lainnya. Sama sekali jangan mengonsumsinya, ya! Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum minum air kelapa saat haid.

air kelapa saat haid
air kelapa untuk haid
Komentar (2)
A

An
Anonymous
Mitos banget ini
2 months ago
Balas
An
Anonymous
Thx infonya unicharm 🥰
a month ago
Balas
floating-icon